Mau Jual Blog? Berapa Harga Blog Anda?

Bungfrangki.com – Beberapa pekan lalu saya blogwalking disalah satu blog sahabat, dan kebetulan saya menjumpai sebuah pengumuman (sebut saja postingan) semacam surat terbuka buat semua kalangan blog bahwa blog itu akan dijual dengan alasan-alasan yang cukup bijak dan sedikit konyol (maaf). Entah blog itu udah terjual apa belum, yang saya cek terakhir pengumuman itu telah dihapus, dan saya menyimpulkan “blog ini sudah punya tuan yang baru, mungkin”.

Lalu apa, hubungannya judul postingan ini dengan sepenggal cerita di atas? Sebenarnya tidak ada hubungan yang sangat beralasan, hanya saja waktu itu saya sempat berkata dalam hati (karena tidak ada teman yang bisa diajak ngobrol waktu itu), bagaimana caranya seseorang bisa menentukan harga dari sebuah blog yang ber-PR 2?, dengan kualitas backlink yang sudah mumpuni?, kekuatan alexa yang kian hari kian menipis digit-digitnya?, artikel yang sudah tak terhitung lagi jumlahnya?, blog yang sangat dinamis dan responsive templatenya?, serta usia blog yang sudah tidak mudah lagi tentunya?.

Sumber gambar: dewaktu.blogspot.com

Nah, dari pertanyaan-pertanyaan itulah saya mulai googling lagi dengan keyword yang sedikit menggelitik “menentukan harga jual blog”, anda tahu yang saya dapatkan apa? Nihil kawan-kawan, tidak percaya? Lihat SS di bawah ini.


Apakah google kurang pintar? Atau saya yang cukup bodoh? (jawabannya kirim lewat email saja). Lalu tibalah saya diujung perjuangan dan niat untuk menambah intelejensi saat itu terpaksa saya urungkan. Kemudian sesuatu yang tidak terduga tiba-tiba datang tanpa diundang, sebuah blog megah nan sederhana membubuhkan harga blog dalam bentuk dollar dibagian sidebar, paling atas pula. Dan ternyata itu adalah “check website price” yang beralamat di checkwebsiteprice.com. Check Website Price memungkinkan anda mengetahui harga blog yang anda kelola.

Tidak hanya itu, situs yang mempunya rata-rata 600-an pengunjug perdetik ini memberikan informasi penting tentang blog anda, diantaranya: Alexa Rank, Google Page Rank, Google Indexed pages, Yahoo indexed pages, Google Backlink, Yahoo Backlink, Who is, Plagiarism, Meta Tag, Analyze, Malware, Virus Scan dan masih banyak lagi. Bahkan anda dapat memasang widgetnya diblog anda, jika anda ingin blog anda kelihatan alay.

Simpilan; Jika suatu saat anda berniat untuk menjual blog, Check Website Price bisa anda jadikan sebuah referensi dalam menentukan harga untuk segala rincian-rinciannya. Memang harga yang dibubuhkan akan sedikit tinggi yang kemudian anda berpikir “mana ada yang mau membeli dengan harga setinggi itu”. Apapun pikiran anda, selama itu tidak mengurangi pahala puasa, tidak apa-apa.

Ada pula situs layanan sejenis lainnya:
http://www.blogcalculator.com/calcuate-blog-value/
http://www.yourwebsitevalue.com/
http://www.siteprice.org/
http://www.websitepricecheck.com/
http://www.pricewatch.com/
http://bizinformation.org/id/ (versi Rp)
dan masih banyak lagi….

Sekian artikel kali ini, semoga dapat dimaklumi.

Advertisement