7 Tanda dan 4 Penyebab Kanker Serviks yang Perlu Diketahui Oleh Wanita

7 Tanda dan 4 Penyebab Kanker Serviks yang Perlu Diketahui Oleh Wanita - Kanker serviks merupakan penyakit yang timbul pada leher rahim perempuan. Penyakit ini bisa sangat berbahaya bagi wanita. Tapi untungnya pertumbuhan serviks bisa diprediksi dan disembuhkan jika kita bisa mengetahuinya dari awal.

Penyakit human papillomavirus (HPV)  bisa sembuh secara alami atau juga dapat menyebabkan ekspansi sel abnormal yang bisa menyebabkan terjadinya kanker serviks. HPV merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi yang ditularkan secara seksual dengan berbagai jenis.
7 Tanda dan 4 Penyebab Kanker Serviks yang Perlu Diketahui Oleh Wanita
Adapun 7 tanda kanker serviks yang perlu kamu ketahui:

1. Keluarnya kotoran yang tidak biasa

Keluarnya kotoran yang tidak biasa merupakan salah satu tanda kanker mulai tumbuh dalam serviks hal itu disebabkan oleh sel-sel pembagi rahim akan bebas dan menyebabkan sekresi berair.

2. Kutil

Rosa Maria Leme mengatakan bahwa timbulnya kutil baik secara eksternal maupun internal bisa menimbulkan beberapa penyakit, salah satunya kanker serviks.

3. Nyeri dan pendarahan

Saat kamu mengalami pendarahan di luar periode menstruasi, maka sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter. Karena, pertumbuhan kanker serviks yang terjadi pada leher rahim akan membuatnya mengering dan bisa terjadi pendarahan serta nyeri. Selain itu rektrum atau kandum kemih kamu juga bisa mengalami pendarahan. Untuk itulah kamu harus berhati-hati jika mengalami gejala ini.

4. Anemia

Ketika kamu melakukan program diet lalu tidak ada perubahan, namun kamu sering merasa lelah dan jantung kamu berdetak lebih cepat setelah kamu melakukan diet ditambah lagi wajah kamu terlihat pucat. Hal ini terjadi akibat dari pendarahan abnormal yang bisa menyebabkan kamu terkena kanker serviks.

5. Masalah kemih

Ketika serviks mulai berkembang menjadi besar, kandung kemih dan ginjal kamu akan tertekan dan dapat mengganggu masuknya urine. Akibatnya saat kamu akan buang air kecil akan terasa sakit karena kontaminasi dari saluran kemih.

6. Nyeri terus-menerus pada kaki, pinggul atau punggung

Ketika kamu merasa nyeri terus menerus di bagian kaki, pinggal atau punggung itu pertanda bahwa serviksnya sudah membengkak dan mengganggu organ lain disekitarnya termasuk vena yang menyebabkan darah sulit untuk mengalir ke kaki, pinggul dan hal itu akan membuat kaki kamu akan terasa sakit dan bengkak.

7. Berat badan

Kanker serviks ini juga bisa membuat nafsu makanmu berkurang karena leher rahim yang bengkak akan menekan perut.

Adapun penyebab terjadinya kanker serviks ini antara lain:
Merokok atau menjadi perokok pasif
Sering gonta ganti pasangan
Setiap kali berhubungan intin tidak memakai perlindungan
Dan yang terakhir mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Baca juga: Inilah Bahaya Minum Air Isi Ulang Setiap Hari

Advertisement