Penyebab, Gejala, dan Obat Alami Ketika Kekurangan Darah

Penyebab, Gejala, dan Obat Alami Ketika Kekurangan Darah - Bagi masyarakat umum kekurangan darah merupakan hal yang biasa terjadi dan sering kali di anggap remeh. Ketika seseorang kekurangan darah atau anemia dia akan merasa lemah, lesu, lunglah, dan bahkan pengliatannya akan sedikit terganggu hal ini disebabkan oleh kurangnya sel darah merah yang biasa mengangkut makanan dan oksigen. Itu membuktikan bahwa sel darah merah ini sangat penting untuk kesehatan tubuh kita.

Untuk mencegah kekurangan darah ini sudah banyak obat yang diperjual belikan di pasaran yang berkhasiat untuk menambah darah. Tapi, sebelum itu ada baiknya kamu mengikuti tips/obat alami yang saya akan berikan ini yang berguna untuk menambaha darah. Namun sebelum itu ada baiknya jika kamu mengetahui faktor apa saja yang bisa menyebabkan tubuh kita kekurangan darah.
Penyebab, Gejala, dan Obat Alami Ketika Kekurangan Darah
Kekurangan darah atau anemia merupakan suatu penyakit yang diakibatkan oleh zat besi di dalam darah, sehingga menyebabkan darah tidak bisa bekerja dengan baik. Sedangkan seperti yang kita tahu bahwa zat besi merupakan salah satu faktor yang sangat penting di dalam tubuh kamu yang berfungsi untuk membentuk sel darah merah. Jadi jika kamu kekurangan zat besi dalam tubuh maka itu akan sangat berpengaruh pada tubuh kamu karena sel-sel tubuh pasti tidak akan bekerja dengan baik. Dan juga berdasarkan kenyataan yang sering terjadi selama ini bahwa yang mengalami kekurangan darah biasanya paling banya dialami oleh wanita.

Adapun gejala-gejala kekurangan darah sebagai berikut:

  • Malas untuk beraktivitas atau bekerja
  • Ketika berjongkok, mata akan merasa berkunang-kunang
  • Wajah sering terlihat pucat dan lesu
  • Cepat capek dan pegal ketika berjalan
  • Sering pingsan
  • Dan sering merasakan pusing


Berikut ini merupakan obat yang bisa kamu gunakan ketika kamu kekurangan darah:

Pengobatan dengan Daun Kacang Panjang

Daun kacang panjang merupakan salah satu obat yang bisa kamu gunakan ketika kamu mengalami gejala kekurangan darah/anemia. Caranya, ambillah daun kacang panjang sebanyak setengah genggam tangan yang sudah di cuci bersih, lalu asapkan atau uapkan daun tersebut selama beberapa saat. Pastikan daun kacang panjang ini kamu konsumsi ketika makan siang dan makan malam.

Pengobatan dengan Jahe Merah Kering

Jahe merah kering juga bisa berkhasiat untuk menambah darah. Caranya, ambil 5 gram jahe merah kering yang sudah di cuci dengan air bersih, kemudian iris serta rebus dengan menggunakan 5 gelas air yang sudah matang sampai airnya menjadi 3 gelas. Minumlah olahan jahe merah kering ini 3 kali dalam sehari dan persekali 3 gelas.

Baca juga: Langkah Mudah Menyembuhkan Gatal pada Selangkangan

Berdasarkan penjelasan diatas tentang gejala ataupun obat dari kekurangan darah ada baiknya jika kamu bisa menghindari beberapa hal yang menjadi pantangan ketika kamu kekurangan darah dan dengan cermat memilih obat yang bisa menambah darahmu. Semoga dengan membaca artikel ini kamu bisa mendapatkan informasi tentang gejala dan obat alami apa saja yang bisa kamu gunakan ketika kamu mengalami anemia.

Advertisement