Khasiat Tanaman Brotowali Bagi Kesehatan

Khasiat Tanaman Brotowali Bagi Kesehatan - Brotawali ialah tanaman yang sering tumbuh liar dihutan Indonesia, brotawali ini memiliki rasa yang sangat pahit. Brotawali ini memiliki bermacam-macam nama seperti bratawali,akar aliali, andawali, antawali, putrawali, daum gadel, dan masih banyak lagi.

Dibalik rasanya yang sangat pahit brotawali ini ternyata memiliki kandungan alkaloid, berberina, glikosida pikroretosid, zat pahit pikroretin, hars, barberin, palmatin, kolumbin serta kokulin. Dan kandungan brotawali ini sangat baik dan bermanfaat bagi kesehatan manusia
Khasiat Tanaman Brotowali Bagi Kesehatan
Manfaat dari brotawali bisa dijadikan obat rematik, mengurangi gula darah, menurunkan panas, membantu mengurangi gejala kencing manis. Dan tidak jarang pula tanaman brotawali ini digunakan sebagai pembunuh bakteri pada luka atau kudis, bisa merangsang karja urat saraf dalam pernafasan, bisa menambah nafsu makan, mengobati malaria.

Olahan dari brotawali tersebut adalah bisa dibuat ramuan jamu trdisiaonal yang bisa kamu buat dirumah.

 Dengan cara membuatnya sebagai berikut:
Ambil sat jari batang brotowali bersihkan menggunakan air bersi setelah bersih brotowali di potong-potong dengan secukupnya, kemudian rebus .
Rebus bersama 3 gelas air, tunggu sampai menyusut setengahnya, kemudian api dimatikan, tuangkan dalam wadah biarkan hinga tersa dingin, bila sudah dingin saringlah dan tambahkan madu secukupnya, minumlah 3 kali sehari dan masing-masing 1.5 gelas.

Baca juga: Cara Sederhana Membunag Racun di dalam Tubuh

Berbeda dengan menyembuhkan luka, kudis cara membuatnya daun brotowali ditumbuk sampai halus kemudian oleskan pada luka, biasakan mencuci luka dengan menggunakan air  rebusan brotowali sebelum di oleskan. Lakukan 2 kali sehari.

Advertisement