Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Maag

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Maag - Penyakit Maag atau gastrinitis adalah penyakit yang sering kali terjadi pada lambung. Orang yang mempunyai tingkatan asam lambung dalam waktu yang lama akan sangat beresiko  untuk mendapatkan penyakit ini. penyakit maag terjadi pada radang lambung atau tukak lambung dan biasanya penderita sakit maag ini akan merasakan sakit pada bagian lambung dan hulu hati disertai dengan rasa mulas dan perih.

Penyakit maag ini sering kali ditemui di masyarakat yang cendrung salah mengatur waktu dan pola makan yang benar. Bagi kamu penderita maag mungkin sering mengalami nyeri dan perih yang datang tiba-tiba kemudian menghilangnyapun secara tiba-tiba hal itu terjadi karena batu empedu atau batu ginjal yang menyebabkan rasa nyeri dan perih tersebut berhenti tiba-tiba..
Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Maag

Berikut ini merupakan sebab-sebab terjadinya penyakit Maag:

1. Makanan Gorengan

Sering mengkonsumsi makanan yang berminyak sangat tinggi yang mengandung lemak bisa membuat kamu menderita penyakit maag.

2. Makan Tidak Teratur

Penyakit maag juga bisa muncul bagi  kamu yang sering kali makan tidak teratur seperti selalu lupa sarapan, makan hanya 1 kali sehari.

3. Kafein

Kafein ini juga merupakan salah satu penyebab datangnya penyakit maag, karena seperti yang kamu mengetahui bahwa kafein ini bisa untuk menenangkan tapi jika kamu sering mengkonsumsinya tanpa makan terlebih dahulu biasanya perutmu akan berbunyi seperti kelaparan dan hal itu yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit Maag.

Stres, kelelahan, kurang tidur dan merokok juga bisa menyebabkan kamu menderita penyakit maag. Penyakit maag ini bisa muncul saat kamu tidak tepat waktu makan. Tapi, ada beberapa obat maag yang bisa kamu jadikan sebagai pereda sakit maag disaat muncul. Obat ini berfungsi untuk menetralisir asam lambung yang mencegah penumpukan asam lambung pada dinding lambung kamu.

Berikut ini merupakan obat yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi penyakit Maag:

  • Simetidin
  • Antasida
  • Proton pump inhibitor
  • Pankreatin
  • Ranitidin
  • Cytoprotective Agent

Selain obat-obatan di atas kamu juga bisa menggunakan obat alami tanpa harus mengeluarkan uang banyak. Caranya sebagai berikut:

Cara Pertama

Terlebih dahulu siapkan 2 jari kunyit yang sudah dicuci dengan bersih, lalu parutlah kunyit tersebut dengan menggunakan air matang, setelah itu peras dengan menggunakan kain bersih. Diamkan hasil dari perasan tersebut dan ambillah air beningnya dan setelah itu diminum. Obat ini bisa kamu minum 2 kali sehari sebelum makan dan sebelum tidur.

Cara Kedua

Siapkan 8 lembar daun jambu biji yang masih fresh, kemudian rebuslah daun tersebut dengan menggunakan 1’5 liter air sampai mendidih, lalu saring dan ambil airnya. Obat ini diminum 3 kali dalam sehari yaitu pagi, siang, dan juga sore.

Cara ketiga

Ambillah kunyit 2 jari telunjuk bisa juga kamu ambil sesuai kebutuhn yang akan kamu gunakan, lalu parut kunyit tersebut. setelah itu hasil dari parutannya direbus dengan air sebanyak 2 gelas hingga tersisa 1 gelas atau sesuai kebutuhan kamu perbandingannya 2:1. Kemudian saringlah dan dinginkan air tersebut. obat ini bisa diminum 2 kali sehari atau pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur untuk hasil yang lebih baik tambahkan madu.

Baca juga: Penyebab Mimisan Serta Cara Mengatasinya

sebab-sebab beserta cara menanggulangi penyakit maag di atas semoga bisa menjadi informasi yang berguna untuk kamu. Tapi jika  obat-obatan di atas tidak berefek bagus untuk penyakit maag mu sebaiknya kunjungi dokter untuk bisa mendapatkan solus yang baik untuk penyembuhan penyakit maagmu. 1 hal yang harus kamu tau bahwa penyakit maag tidak bisa disembuhkan secara total untuk itu jika kamu tidak ingin mengalami penyakit ini sebisa mungkin hindari untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang bisa mendatangkan penyakit ini. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Advertisement