Mobile Friendly Harus Diterapkan di Website Anda Segera

Berikut ini penjelasan mengapa website kita harus benar-benar menjadi website mobile friendly dan bagaimana cara menerapkannya.
source: dynamicsdigital.co.uk

Apa itu website mobile friendly?

Website mobile friendly adalah website/blog yang tampil dengan benar pada perangkat-perangkat genggam seperti smartphone, iPhone, iPad dan tablet. Yakni ketika seseorang menggunakan pencarian google dari perangkat genggam tersebut, maka akan tampak label mobile friendly pada url hasil pencarian google dari website tersebut.

Apa manfaat menerapkan mobile friendly pada website/blog kita?

Manfaat yang paling urgent selain tampilan terlihat indah dari berbagai device ialah persoalan pengunjung. Teknologi makin hari makin berkembang, berbagai inovasi menyederhanakan teknologi-teknologi sebelumnya terus diupayakan, dari computer yang besar-besar menjadi kecil-kecil nan enteng bisa dibawa kemana-mana, ditambah tempat-tempat hotspot murah bahkan gratis ada dimana-mana, sehingga siapapun dapat melakukan aktifitas browsing di tempat-tempat tersebut dengan perangkat genggam miliknya. Dengan perangkat genggam itu dia bisa browsing apa saja yang diinginkan. Bahkan kejadian-kejadian seperti ini berlaku dimana-mana di seluruh penjuru dunia dan semakin hari bukan semakin berkurang, sebaliknya malah bertambah secara signifikan.

Rupanya hal tersebut teleh menyita perhatian google, sehingga jika kita menggunakan pencarian google menggunakan perangkat genggam, maka akan muncul tulisan “Mobile Friendly” di bawah url hasil pencarian, jika website/blog tersebut mengaktifkan mobile friendly pada websitenya. Hal ini tentu sangat mempengaruhi pengunjung blog dan pastinya pengunjung akan memilih mengklik link yang berlabel mobile friendly. Apakah anda ingin ketinggalan user mobile friendly ini? Tentu tidak, makanya segera buat website/blog anda menjadi website mobile friendly. Dengan begitu satu SEO lagi diterapkan pada website/blog anda.

Bagaimana mengetahui website/blog saya mobile friendly atau tidak?

Untuk mengetahui apakah website/blog anda mobile friendly atau tidak itu sangat mudah. Anda bisa gunakan tool mobile friendly. Yaitu menggunakan tool yang disediakan oleh google di https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/. Contoh tampilan jika website mobile friendly

Bagaimana membuat website mobile friendly pada blog saya?

Caranya sangat mudah, anda cukup meresponsive template blog. Jika anda tidak tau cara meresponsive template blog silahkan mengunduh template blog yang responsive disini atau dari penyedia template responsive lainya. Setelah template blog anda sudah responsive atau template responsive itu telah diinstal segera masuk ke Template > Pilih template seluler, dengan mengklik icon girl (pengaturan) sebelumnya. Sesuaikan pengaturan seperti pada gambar di bawah ini.

kemudian lanjutkan dengan langkah ini

Jangan lupa klik simpan. Selanjutnya periksa lagi pada tool test mobile friendly apa sudah benar atau tidak. Jika sudah benar selamat, jika belum benar berarti ada kesalahan pada konfigurasi template anda. Bisa jadi kode responsivenya belum optimal. Tool untuk testing responsive bisa menggunakan ini http://www.responsinator.com/?url=bungfrangki.com

Demikian artikel kali ini, mudah-mudahan apa yang ditulis ini membantu.

Advertisement