Cara Menggunakan Suchpool.pw dan Suprnova.cc Untuk Mining Altcoin

Bungfrangki.com – Entah dari mana saya harus memulai artikel kali ini, apa harus menjelaskan apa pengertian pool terlebih dahulu atau menjelaskan apa itu suchpool.pw dan suprnova.cc atau apa pula itu mining dan bagaimana pula bentuk altcoin? Sederhananya begini saja, artikel ini masih seputar seluk-beluk mendapatkan Bitcoin dengan memanfaatkan altcoin (alternative coin; seperti dogecoin, litecoin dll) yang nanti pada akhirnya akan ditukarkan menjadi Bitcoin. Tepatnya, kali ini saya akan memulai dari cara menggunakan pool yang harus digunakan untuk melakukan aktifitas mining.
Sumber gambar: Gambar pencarian google

Nah, mengapa pada judul utama saya tulis menggunakan pool suchpool.pw dan suprnova.cc? sebenarnya kedua pool tersebut hanyalah perwakilan dari pool lainnya, meskipun ada pool yang berbeda tipe pool dan ekspektasi hasil miningnya secara umum. Selain itu, kedua pool altcoin ini adalah favorit saya dengan alasan-alasan tertentu. Sebenarnya ada banyak pool altcoin yang bisa digunakan di luar sana, dengan tipe yang berbeda-beda pula tentunya, sebut saja ada miningpool.co, p2poolcoin.com, goldmin.es, coinmine.pw bahkan ada pool yang dibuat oleh pihak developer dari altcoin tertentu dan masih banyak lagi. Penggunaan masing-masing pool terlihat sama, kita hanya membutuhkan Hostname or IP, port, worker, pasword worker dan wallet dari masing-masing altcoin yang akan kita mining.

Baik, biar tingkat adrenaline anda makin meningkat, simak cara menggunakan pool Suprnova.cc berikut ini. Dalam hal ini saya akan membuat contoh dengan menggunakan salah satu altcoin yaitu PenCoin, https://bitcointalk.org/index.php?topic=934029.0

Langkah Kesatu: Klik subdomain pool untuk PenCoin, seperti ini https://pen.suprnova.cc/
Langkah Kedua: Geser kursor anda ke pojok kanan atas, klik Guest > Sign Up, sehingga akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini. Isilah data-tada yang diminta dengan benar. Terutama pada bagian PIN. PIN menggunakan 4 digit angka yang mudah diingat.

Langkah Ketiga: Login ke akun, klik My Account > My Workers maka tampilan akan terbuka seperti pada gambar di bawah.


Langkah Keempat: Buat Worker dan Worker password sesuka anda lalu klik “Add New Worker”, contoh

Langkah Kelima: Lihat kembali menu, klik Help > Getting Started, maka akan muncul tampilan seperti ini.

Langkah Keenam: Perhatikan kolom merah pada gambar (langkah kelima) di atas
--scrypt -o stratum+tcp://pen.suprnova.cc:5017 -u Weblogin.WorkerName -p WorkerPassword
Penjelasan:
Algoritma: scrypt
Hostname or IP: pen.suprnova.cc
Port: 5017
Username: Weblogin.Workername = poolcoin.mining1
Pasword: WorkerPassword = 123

Ubah data-data tersebut sesuai data pada akun anda.

Langkah Ketujuh: Masukan konfigurasi tersebut pada miner atau mining rental anda.
Langkah Kedelapan: Withdrawl/penarikan, klik My Account > Edit Account, perhatikan lagi gambar di bawah ini.
Kolom merah: diisi dengan wallet PenCoin anda.
Kolom biru: isi dengan angka 0
Kolom hijau: isi dengan PIN yang sudah anda buat sebelumnya
Kemudian klik "Update Account"

Lalu lanjutkan dengan langkah pada kolom Cash Out
Masukan PIN untuk mengkonfirmasi withdrawal/penarikan anda, tunggu beberapa saat, seluruh hasil mining akan di kirim ke wallet yang sudah anda bubuhkan sebelumnya.

Proses mining anda bisa pantau melalui menu Dashboard. Lalu bagaimana dengan cara menggunakan pool suchpool.pw? Sama saja seperti suprnova.cc hanya tampilannya saja yang berbeda. Silahkan bereksperimen dengan altcoin lain, yang menurut anda bisa menuai profit.
Semoga langkah-langkah di atas bisa membantu. Bagaimana cara menggunakan mining rental akan dijelaskan pada artikel selanjutnya. Terima kasih, salam Bitcoin Indonesia.

Advertisement