Cara Trading IDR/XRP dan Currency Lain di Rippletrade.com

Rippletrade.com memungkinkan penggunan untuk melakukan transaksi exchange/trade berbagai mata uang global. Bahkan lebih dari itu, Ripple memberi kebebasan penuh untuk bertransaksi dengan mata uang apa saja. Seorang pengguna bisa memiliki saldo pada satu mata uang dan melakukan pembayaran dalam mata uang lain.

Sebagai contoh, seorang pengguna bisa memiliki saldo di Rippletrade.com dalam IDR (Rupiah) dan membayar merchant dalam USD, EURO, JPY, EUR, bitcoin, emas, atau mata uang atau aset apa saja. Jaringan Ripple “menerjemahkan” mata uang dengan meneruskan pembayaran melalui para market maker yang berkompetisi untuk memperoleh spread bid/ask. Sebenarnya artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya.

Baca ini: Fenomena Ripple dan Eksistensi Gateway Ripple di Indonesia

Bagi anda yang telah mendaftar di Rippletrade.com namun bingung cara trading disana, pada kesempatan kali ini akan saya bagikan tutorialnya.

Bagi yang belum mendaftar silahkan kunjungi www.rippletrade.com, lakukan registrase dengan mengisi data-data yang diminta lalu sebelum melakukan trading terlebih dahulu ikuti langkah-langkah berikut.

Bagaimana mengaktifkan akun Rippletrade.com?

Setelah anda melakukan registrasi maka anda akan diminta mengaktifkan akun Rippletrade.com. Mengaktifkan akun dapat dilakukan dengan 2 cara, yakni mengirimkan minimal 35 XRP atau Bitcoin (BTC) yang jumlahnya dapat dikonversi menjadi 35 XRP atau lebih. Bagaimana jika saya mengirim lebih? Tidak apa-apa, karena nanti XRP dan BTC tersebut akan menjadi saldo di Ripple Trade anda.

Untuk mengambil wallet XRP, klik Fund lalu Show Address, seperti pada gambar di bawah ini. Itu adalah Ripple address XRP anda.
Aktifasi akun rippletrade.com dengan XRP

Untuk mengambil wallet BCT, anda harus mengaktifkan gateway www.btc2ripple.com terlebih dahulu, dengan cara klik Fund lalu cari sub-tab BTC (di menu sebelah kiri), lalu ikuti cara aktifasi gatewaynya dengan cara sebagai berikut.
mengaktifkan gateway www.btc2ripple.com
mengaktifkan gateway www.btc2ripple.com
mengaktifkan gateway www.btc2ripple.com

Bagaimana mengaktifkan gateway www.ripple.co.id untuk IDR?

Sebenarnya untuk mengaktifkan gateway Ripple.co.id hampir sama dengan mengaktifkan gateway btc2ripple.com di atas, hanya saja untuk Ripple.co.id ini kita harus mengaktifasinya secara manual dengan menggunakan trustline yang telah disediakan oleh Ripple.co.id di situsnya. Berikut caranya:
Klik link trustline Ripple.co.id disini
Lalu ikuti petunjuk pada gambar berikut.
Cara aktifasi gateway ripple.co.id
Cara aktifasi gateway ripple.co.id

Jika berhasil maka gateway Ripple.co.id akan ada dalam daftar gateway seperti di bawah ini.
Cara aktifasi gateway ripple.co.id

Bagaimana trading IDR atau currency lain di Rippletrade.com?

Ada 2 layanan trading di Rippletrade.com, yaitu secara Simple dan Advanced.

1. Trade Simple di Rippletrade.com
Perhatikan gambar berikut, panah merah adalah currency yang ingin dibeli, sedangkan panah biru adalah pilihan currency untuk dijual/membayarnya.
Cara aktifasi gateway ripple.co.id

2. Trade Advanced di Rippletrade.com
Untuk trading dengan menggunakan layanan ini, silahkan klik Trade lalu Advanced. Lalu pilih currency yang ingin anda trading pada list pilihan currency seperti yang terlihat pada gambar berikut.
Trade advanced di rippletrade..com

Saya ingin trading IDR/XRP dan ke currency lain, tapi currency IDR tidak ada di daftar, bagaimana caranya?

Nah, jika currency yang anda inginkan tidak ada dalam list, anda dapat add pair currency tersebut. Untuk add pair IDR/XRP baca dan ikuti petunjuk yang terdapat di dalam gambar berikut.
Konfirgurasi add pair IDR/XRP di rippletrade.com

Selanjutnya, silahkan trading currency sesuka anda, semoga artikel ini mudah dipahami. Jika ada hal-hal yang perlu ditanyakan, bubuhkan saja pada kolom komentar yang ada, dan kita akan mendiskusikanya dengan yang lain.

Jika dalam artikel ini terdapat sesuatu yang keliru atau ada yang kurang mohon untuk segera memberitahu admin, baik melalui kontak yang ada atau dengan berkomentar di bawah ini. Saya akan sangat berterima kasih atas partisipasi dan apresiasi anda. Sekali lagi, salam riak.

Advertisement