Fenomena Ripple dan Eksistensi Gateway Ripple di Indonesia

Para penggiat cryptocurrency tentu tidak asing dengan teknologi satu ini. RippleLabs, startup yang berbasis di San Francisco, bertujuan membuat protokol standar untuk digunakan oleh seluruh bank di seluruh dunia untuk digunakan mentransfer uang ke seluruh dunia semurah dan secepat mengirim e-mail. Kalau kita mendengar Ripple maka akan terlintas di kepala kita kalau itu adalah XRP. padahal, XRP sendiri merupakan produk yang didistrubisi langsung oleh pihak Ripplelab.

Ripple adalah protokol sedangkan XRP adalah mata uang sebagai perantaranya. Dalam kalimat lain XRP adalah bagian dari Ripple. Ruang lingkup Ripple Trade adalah mendukung mata uang apa saja, yang memberi kebebasan penuh kepada member untuk melakukan aktifitas exchange maupun trading mata uang apa saja di seluruh Negara di bumi ini. Dengan begitu, hanya dengan satu akun Ripple Trade saja, anda bisa memiliki saldo berbagai mata uang lobal termasuk saldo scryptorurrency XRP dan Bitcoin (BTC).

Apa persamaan dan perbedaan Ripple dan Bitcoin?

Seperti halnya Bitcoin, dengan menggunakan Ripple, transaksi pengiriman uang sangat mudah dikirim ke seluruh penjuru dunia. Bedanya, Bitcoin tergolong mata uang, sedangkan Ripple merupakan protokol internet yang memungkinkan transaksi keuangan dalam mata uang apapun. Pengguna dapat mentransfer Rupiah lewat Ripple dan pihak lain menerimanya dalam bentuk Dollar.

Teknologi Ripple Gateway

Bagaimana ceritanya dengan satu akun Ripple Trade saya bisa memiliki mata uang dari Negara-negara asing tersebut?

Misalnya saat ini anda hanya mempunya XRP atau BTC di akun Ripple Trade anda, terus anda ingin memiliki dollar Singapore, maka anda perlu melihat daftar Featured Gateways untuk dollar Singapore di akun Ripple Trade tersebut.

Jika ada, teruskan dengan membeli dollar Singapore tersebut melalu menu trade (baik simple/advanced) dengan XRP/SGD atau BTC/SGD atau sebaliknya dan begitu seterusnya IDR to USD, USD to EURO dan lain-lain. Sebagai contoh, perhatikan capture di bawah ini.

trading mata uang di ripple trade
trading mata uang di ripple trade

Bagaimana saya mengetahui kalau mata uang "A" sudah ada gatewaynya?

Memang untuk saat ini gateway yang mendukung mata uang dari negara-negara yang ada belum begitu banyak terhubung langsung ke Ripple Trade. Namun jika anda penasaran gateway apa saja yang sudah ada saat ini, silahkan buka link https://ripple.com/knowledge_center/gateway-information/

Apakah Bitcoin.co.id bisa dikatakan Gateway? Kan disitu ada XRP?

Bitcoin.co.id bisa juga dikatakan gateway, tapi untuk sebatas XRP ke BTC saja. Artinya, sama saja dengan exchanger Bitcoin dengan cryptocurrency lain pada umumnya. Untuk membuat gateway Ripple sepenuhnya (bukan sekedar XRP), maka sebuah situs bakal Gateway harus mampu mengkonfigurasi sedemikian rupa fitur yang telah disediakan pihak Ripplelab sehingga dapat  digunakan untuk membeli dan menjual/menukar IDR dengan cryptocurrency dan mata uang asing dalam satu trustline yang akan dikoneksikan dengan Ripple Trade.

Lalu bagaimana dengan Indonesia, apakah sudah ada Gateway Ripple yang dimaksud?

Sudah ada, yaitu di situs www.ripple.co.id dengan Ripple address/namenya ~rippleindo (rDBpF8BGQDpBfJQhQ43SMRhNE2THMZc9x2) dan dengan trustline https://rippletrade.com/#/trust?to=rDBpF8BGQDpBfJQhQ43SMRhNE2THMZc9x2&currency=IDR. Trustline tersebut digunakan untuk menghubungkan Ripple.co.id dengan Rippletrade.com. Dalam artian, link trustline tersebut digunakan untuk mengaktifkan gateway Ripple.co.id di Rippletrade.com agar bisa deposit/withdrawal IDR antar keduanya. Namun, untuk saat ini Ripple.co.id belum mengaktifkan fitur deposit/withdrawal. Meski demikian, dengan telah adanya trustline tersebut, kita sudah bisa trading XRP ke IDR di Ripple Trade atau sebaliknya. Intinya, saat ini Gateway IDR di RippleTrade sudah terbuka.

Tolong dong bung, saya ingin sekali trading XRP/IDR di Ripple Trade tapi saya belum bisa deposit IDR kesana!

Sebenarnya hanya dengan mengaktifkan trustline Ripple.co.id via Ripple Trade anda sudah bisa trading XRP/IDR atau currency lain disitu, jika anda sudah melakukan deposit XRP sebelumnya. Tapi, bagi anda yang greget ingin memulai trading dengan menggunakan IDR, anda bisa langsung menghubungi admin Ripple.co.id melalui kontak sosial media di situsnya. Pihak Ripple.co.id akan mentransfer  IDR secara manual ke Ripple address/name anda. Setelah sesaat anda mentransfer Rupiah ke rekening Ripple.co.id, nanti pihak Ripple.co.id akan mengirimkan Rupiah ke akun Ripple Trade anda. Berikut capture percakapan saya dengan salah satu pengelola Ripple.co.id.
admin ripple.co.id

Nah bagaimana cara Trading IDR dan Currency lain di Rippletrade.com?

Untuk cara Add Pair agar anda bisa trading XRP/IDR di ripple trade telah saya tulis tutorialnya pada link di bawah ini.
Cara Trading IDR/XRP dan Currency Lain di Rippletrade.com

Dari uraian-uraian di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa di Indonesia juga sedang mengembangkan teknologi Ripple ini. Meskipun pada kenyataanya, masih banyak yang harus dibenahi. Terutama bagian keamanan dan kekebalan sebuah website gateway dari serangan hacker, sebab ini berdampak pada kredibilitas pengelola dan uang (tabungan) banyak orang.

Bagi para pemain baru yang mencoba menjelajahi dunia cryptocurrency, agar jangan malas mengumpulkan dan membaca informasi yang berhubungan dengan hal tersebut. Lebih-lebih jika anda mulai tergiur bermain dalam angka-angka yang fantastis. Pesan saya keep calm aja, semoga kita dipertemukan pada satu kesuksesan yang sesuai dengan tingkat doa dan usaha masing-masing.

Semoga artikel kali ini bermanfaat, juga semoga kita semua makin tertarik dengan teknologi Ripple ini. Salam beriak.

http://www.ripple.co.id

Advertisement