5 Produk Google Tools Pendukung Blogger

Tentu kita ketahui bahwa Blogger.com atau Blogspot.com merupakan penyedia pembuatan blog yang dimiliki Google, yang biasa digunakan berbagi pengalaman pribadi, sesuatu yang penting bahkan sesuatu yang tidak penting dalam bentuk tulisan, gambar dan media lain. Sejak peluncurannya di tahun 1999 oleh +Pyra Labs Blogger telah mengalami perubahan dan pengembangan yang sangat signifikan. Bahkan tampilannya sudah sangat jauh berbeda dari yang tahun 1999 dengan Blogger di tahun 2015 ini.

Jika di tahun 1999 Blogger tampilannya identik dengan warna biru, di tahun 2015 Blogger berwarna orange dan putih. Bagi yang mau bernostalgia perubahan apa saja yang telah terjadi dengan tampilan Blogger pada beberapa tahun lalu silahkan kunjungi http://cebokblog.blogspot.com/2009/10/10-tahun-blogger-1999-2009.html.

Demikian sejarah singkat Blogger. Namun, kali ini saya ingin berbagi info tentang produk Google lainya yang sangat penting dan mendukung pengembangan sebuah blog seseorang, terutama blog yang dibuat dari Blogger.com. Berikut produk google tersebut.

5 Produk Google Tools Pendukung Blogger
Gambar: google.com

5 Produk Google yang menjadi tools pendukung Blogger.

1. Google Webmaster

Tools dari google ini sangat berguna bagi pemilik blog untuk menampilkan top search keyword, indeks link blog serta masalah yang menyangkut link not found dan crawl error, yang disajikan dalam bentuk statikstik yang sangat mudah dipahami. Selain itu, di Google webmaster ini ada salah satu tools yang memungkinkan pemilik blog dapat meng-add link url blognya agar lebih mudah di indeks oleh google, yaitu di link https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url. Baca tentang cara submit seluruh artikel blog ke Google webmaster tools disini.

2. Google Analytics

Tools ini menampilkan statistic pengunjung sebuah blog, yang menelurusi halaman pengacu, tautan-tautan yang tertuju ke link blog anda, baik itu email, iklan dan lain-lain. Selain itu, tools Google analytics ini menginformasikan artikel yang sering dikunjungi beserta kata kunci yang paling baik untuk blog anda.

3. Google Pagespeed Insight

Tools ini digunakan untuk melihat persentase loading blog, baik pada tampilan desktop dan mobile. Di tools ini juga akan ditampilkan hal apa saja yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan proses loading agar semakin cepat, sehingga proses loadingnya semakin ganteng. Kunjungi link ini untuk test kecepatan blog anda https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/.

4. Google Plus

Produku Google yang satu ini masih terbilang baru. Google plus atau Google+ adalah social media buatan Google yang sangat bagus tampilanya juga cukup besar manfaatnya untuk media promosi link url dari blog. Bahkan di dashboard Blogger sendiri terdapat menu khusus untuk Google+. Selain dapat sharing link otomatis ke akun Google+ ketika selesai mempublish artikel, kita juga dapat menikmati layanan komentar Google+. Tentu manfaat Google+ bukan hanya itu saja, selain dua hal yang saya sebutkan tadi, kegunaan lain Google+ ialah kita bisa menjaring teman sesama pengguna Google+ seperti halnya media social pada umumnya dan lain-lain. Saya ada disini +Bung Frangki.

5. Google AdSense

Tentu anda tidak asing lagi dengan Google AdSense. AdSense adalah salah satu peluang untuk memperoleh penghasilan dari blog dengan menampilkan iklan dari Google. Produk Google satu ini memang pendaftaranya tidak dipungut biaya apapun alias gratis, namun mendaftarnya agar bisa di approve oleh pihak Google sangat susah. Namun menurut saya ini tergantung keberuntungan saja, karena ada pula yang mendaftar di Google AdSense hayan beberapa kali mengajukan permohonan langsung di terima. Dengan menjadi mitra Google lewat AdSensenya tentu seorang blogger makin semangat mengelola blognya, baik dari segi kualitas artikel dan optimasi template blog.

Nah, itulah 5 produk Google yang menurut saya sangat mendukung perkembangan sebuah blog. Jika ada tools atau produk lain yang begitu penting untuk kelangsungan blog, silahkan coret-coret pada komentar di bawah ini.

2 komentar

  1. Profil:
    Kalau yang ketiga baru dapat infonya. Dapat pengetahuan baru lagi, trima kasih infonya bang. Salam kenal
    • Profil:https://www.blogger.com/profile/13162875744493565460
      sama-sama bung, trima kasih telah berkunjung :)
  • Gunakan fitur Format Kode untuk menulis atau menyisipkan kode dan gambar dengan format tertentu.
  • Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi via Email ketika ada balasan.
  • Apabila ada pertanyaan diluar artikel silahkan buat topik baru di .
  • Untuk menyisipkan gambar, silahkan upload gambar terlebih dahulu. Lalu salin URL Gambar tersebut, paste ke kolom di bawah ini, lalu klik tombol Image.
  • Untuk menyisipkan Potongan Kode, atau Quote, paste kode tersebut ke kolom di bawah ini, lalu klik tombol pre, code, atau quote.
  • Untuk menulis kode dalam Syntax Highlighter gunakan format kode panjang.
  • Setelah itu, salin atau copy hasil parse dengan klik tombol icon Salin Kode! lalu paste ke kolom komentar.

image quote pre code