Melihat History Sebuah Blog dari Pertama Online Sampai Sekarang

Jika anda berpikir bahwa sejarah awal mula sebuah blog itu tayang sampai pergantian template yang terjadi pada blog itu di zaman dulu sudah tidak bisa di ketahui lagi, maka anda salah besar. Kenyataanya sejarah/history sebuah blog baik dari segi pergantian template maupun postingannya masih bisa diketahui jejaknya.

Apa gunanya mengungkit sejarah dari sebuah blog?

Setidaknya ada beberapa hal yang sangat berguna mengapa kita harus mengetahui sejarah dari blog tertentu.

1. Tukang cari blog zombie
Jika blog tersebut telah menjadi blog zombie, maka seseorang yang menemukan blog zombie tersebut harus mengetahui sejarah dari blog yang ditemukannya itu, untuk memastikan apakah bekas blog tersebut semasa dia online dulu kontenya bergerak di bidang apa, blog tersebut spam atau tidak, atau melihat hal-hal yang tidak terpuji lainnya.

2. Tukang bikin template
Selain hal di atas, bagi tukang template, dengan melihat history dari sebuah blog, setidaknya akan timbul secerca inspirasi untuk membuat template baru, jika blog yang dilihat historynya itu sering atau beberapa kali gonta-ganti template.

3. Seorang admin blog
Untuk yang memiliki blog; jika seketika anda dalam kesunyian tanpa tau apa yang akan anda lakukan selanjutnya, cobalah mengenang kembali awal mula blog yang anda cintai dan besarkan itu sambil melihat perubahan-perubahan yang telah anda lakukan terhadapnya, baik perubahan yang secara halus maupun yang ekstrim.

Nah, bagi anda yang penasaran dengan sejarah blog seseorang, atau yang hanya ingin bernostalgia dengan blog milik pribadi, guna melihat perombakan yang telah anda perbuat terhadap blog tersebut, klik link di bawah ini.

Masukkan url blog, lalu klik tanggal (yang bulat-bulat biru) yang anda ingin lihat penampakan blog tersebut pada tanggal itu.

Melihat History Sebuah Blog dari Pertama Online Sampai Sekarang

Semoga artikel tentang sejarah ini bermanfaat.

Advertisement