Membuat Credit Link Template Tidak Bisa Diganti dan Dihapus

Ketika membuat sebuah template yang nantinya akan dibagikan secara gratis, tentu si pembuat ini membenamkan sebuah credit link/link footer pada custom templatenya. Hal ini dilakukan untuk mendapat backlink dari si pengguna template yang tertarik dengan template hasil racikan si pembuat template tersebut.

Namun terkadang harapan ini harus pupus dan sia-sia jika template ini jatuh ke oknum pengguna template gratis yang suka menghapus credit link sebuah template hasil ramuan orang lain yang diunduhnya.

Alih-alih ingin mendapat backlink, template buatan si pembuat template malah di claim orang lain dan seolah-olah itu adalah template miliknya.

Membuat Credit Link Template Tidak Bisa Diganti dan Dihapus

Nah, untuk menanggulangi hal ini, ada sebuah cara yang patut di terapkan oleh si pembuat template jika nanti masih ingin membuat template baru lagi dan dibagikan secara gratis. Yaitu menggunakan JavaScript yang berfungsi meredirect link credit template. Artinya, jika si oknum ini memodifikasi link credit dengan versinya, maka link tersebut tetap akan kembali seperti seperti sedia kala, alias tidak akan berubah sama sekali. Bagi yang berminat menerapkan cara ini, berikut langkahnya.

Cara membuat credit link/footer link template tidak bisa dirubah

Kopi kode di bawah ini, dan letakkan di atas </body> (simpan dengan file JS)
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
$(document).ready(function () { if ($("#change,.change").attr("href") != "http://www.bungfrangki.com/") {
        window.location.href = "http://www.bungfrangki.com"; }});
//]]>
</script>
Misalnya kode footer template anda seperti di bawah ini.
<footer id='footer-wrapper'>
<div class='credit-link'> Template By <a class='change' href='http://www.bungfrangki.com/' id='change' title='BUNG FRANGKI BLOG'>Bungfrangki.com</a>
</div>
</footer>
Ubah link dan title di atas dengan link dan title blog anda. Jika sudah, save template dan lihat hasilnya.

Ada sedikit tips jika template blogspot hasil buatan anda masih laku keras di ambil orang lain, yaitu dengan meminta si peminat untuk mengirimkan emailnya atau menuliskan email di kolom komentar jika tertarik dengan template anda. Dengan begitu anda bisa mengetahui siapa saja yang menggunakan template anda, dan siapa juga yang telah sengaja merobak credit linknya.

Semoga bisa membantu. Terima kasih.

Advertisement