Membuat Credit Link Template Tidak Bisa Diganti dan Dihapus

Ketika membuat sebuah template yang nantinya akan dibagikan secara gratis, tentu si pembuat ini membenamkan sebuah credit link/link footer pada custom templatenya. Hal ini dilakukan untuk mendapat backlink dari si pengguna template yang tertarik dengan template hasil racikan si pembuat template tersebut.

Namun terkadang harapan ini harus pupus dan sia-sia jika template ini jatuh ke oknum pengguna template gratis yang suka menghapus credit link sebuah template hasil ramuan orang lain yang diunduhnya.

Alih-alih ingin mendapat backlink, template buatan si pembuat template malah di claim orang lain dan seolah-olah itu adalah template miliknya.

Membuat Credit Link Template Tidak Bisa Diganti dan Dihapus

Nah, untuk menanggulangi hal ini, ada sebuah cara yang patut di terapkan oleh si pembuat template jika nanti masih ingin membuat template baru lagi dan dibagikan secara gratis. Yaitu menggunakan JavaScript yang berfungsi meredirect link credit template. Artinya, jika si oknum ini memodifikasi link credit dengan versinya, maka link tersebut tetap akan kembali seperti seperti sedia kala, alias tidak akan berubah sama sekali. Bagi yang berminat menerapkan cara ini, berikut langkahnya.

Cara membuat credit link/footer link template tidak bisa dirubah

Kopi kode di bawah ini, dan letakkan di atas </body> (simpan dengan file JS)
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
$(document).ready(function () { if ($("#change,.change").attr("href") != "http://www.bungfrangki.com/") {
        window.location.href = "http://www.bungfrangki.com"; }});
//]]>
</script>
Misalnya kode footer template anda seperti di bawah ini.
<footer id='footer-wrapper'>
<div class='credit-link'> Template By <a class='change' href='http://www.bungfrangki.com/' id='change' title='BUNG FRANGKI BLOG'>Bungfrangki.com</a>
</div>
</footer>
Ubah link dan title di atas dengan link dan title blog anda. Jika sudah, save template dan lihat hasilnya.

Ada sedikit tips jika template blogspot hasil buatan anda masih laku keras di ambil orang lain, yaitu dengan meminta si peminat untuk mengirimkan emailnya atau menuliskan email di kolom komentar jika tertarik dengan template anda. Dengan begitu anda bisa mengetahui siapa saja yang menggunakan template anda, dan siapa juga yang telah sengaja merobak credit linknya.

Semoga bisa membantu. Terima kasih.

3 komentar

  1. Profil:http://musafus.blogspot.com/
    Ini adalah cara saya untuk melindungi link credit template mas, tapi sciptnya saya protect lagi + dicampur dengan js yang lain :v kalau dihapus ancur dah tuh template.

    salam kenal mas :)
    • Profil:https://www.blogger.com/profile/13162875744493565460
      betul gan...sebenarnya harus ditautkan dengan script lain, biar gak mudah seseorang menghapunsya. Ini cuma dasar scritpnya saja, kalau lebih protek lagi, maka dengan caranya gan Musafus itu akan lebih aman credit linknya
  2. Profil:https://www.blogger.com/profile/18190146306184501826
    ada cara unik yaitu mengconvert js tersebut agar tidak mudah dibaca pengunjung atau pemakai, silahkan cari2 di google. trims.
  • Gunakan fitur Format Kode untuk menulis atau menyisipkan kode dan gambar dengan format tertentu.
  • Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi via Email ketika ada balasan.
  • Apabila ada pertanyaan diluar artikel silahkan buat topik baru di .
  • Untuk menyisipkan gambar, silahkan upload gambar terlebih dahulu. Lalu salin URL Gambar tersebut, paste ke kolom di bawah ini, lalu klik tombol Image.
  • Untuk menyisipkan Potongan Kode, atau Quote, paste kode tersebut ke kolom di bawah ini, lalu klik tombol pre, code, atau quote.
  • Untuk menulis kode dalam Syntax Highlighter gunakan format kode panjang.
  • Setelah itu, salin atau copy hasil parse dengan klik tombol icon Salin Kode! lalu paste ke kolom komentar.

image quote pre code