4 Hal yang Lebih Diutamakan Mas Sugeng dalam Ngeblog

Mas Sugeng? Siapa yang tidak kenal dengan blogger Indonesia satu ini. Bagi saya beliau adalah salah satu blogger terbaik yang dimiliki Indonesia. Saya mengenalnya sejak ia masih menggunakan platform blogger.com dalam menjalani aktifitas blogging. Blog pribadi Mas Sugeng dulunya beralamat di mas-sugeng.com, tapi sekarang sudah pindah ke sugeng.id yang memang sudah menggunakan layanan self hosting sebelumya. Di sugeng.id Mas Sugeng sering berbagi pengalamannya dalam ngeblog, mulai dari tips-tips blogging, informasi internet marketing hingga cerita-cerita inspiratif untuk mendapatkan penghasilan dari kegiatan blogging.
4 Hal yang Lebih Diutamakan Mas Sugeng dalam Ngeblog

Di kesempatan kali ini saya akan coba mengupas tentang ideologi Mas Sugeng dalam menjalankan aktifitasnya sebagai seorang blogger. Setidaknya ada 4 hal yang berhasil saya dapatkan dari salah satu artikel di blognya yang menjadi prioritas utama Mas Sugeng dalam ngeblog, yaitu konten, pengunjung, rangking di google, dan earning/penghasilan. Saya akan coba mengupas (maaf jika tak tuntas) apakah Mas Sugeng memang benar-benar merealisasikan empat hal tersebut, atau hanya permainan kata-kata saja untuk mempermanis artikel-artikel di blognya, dan jika memang benar kita bilang YES dan jika belum terbukti kebenarannya kita bilang NO, we will check it out!

Konten

Konten yang dimaksud tentu konten yang berkualitas, real di tulis sendiri oleh Mas Sugeng. Bahkan untuk mewujudkan kualitas dari setiap konten yang disuguhkannya, Mas Sugeng atau yang bernama panjang Sugeng Riyadi ini sampai dengan mewawancarai beberapa orang yang telah menuai sukses di dunia blogging ini. Ternyata Mas Sugeng punya banyak koneksi juga yaa. Tidak perlu diragukan lagi bahwa gaya bahasa Mas Sugeng guna memanjakan pengunjung setianya cukup unik dan mudah dikenali. Beberapa artikel terakhir Mas Sugeng pun cukup informatif dan motivatif, bisa dibilang mampu mengarahkan bahkan merubah pola pikir pembacanya dalam berkelana di dunia blogging. Kelihatannya kalimat tersebut sedikit berlebihan, tapi apa boleh buat, dari beberapa artikel motivasi hasil wawancara Mas Sugeng dari beberapa tokoh blogging lainnya, saya semakin tertarik menunggu artikel motivasi baru lagi dari blognya Mas Sugeng. Ok, mungkin kalimat tersebut terkesan subjektif, nah guna menjaga objektifitas tulisan ini saya akan membuka satu fakta apakah konten yang disuguhkan Mas Sugeng berkualitas atau tidak. Faktanya ialah, setiap kali Mas Sugeng membuat artikel baru, pasti yang ingin membubuhkan komentar telah mengantri berjam-jam bahkan berhari-hari, dan jika kita perhatikan komentar Mas Sugeng itu dimoderasi, bisa dibayangkan masih berapa banyak komentar yang mengantri agar komentar-komentar tersebut sampai muncul ke permukaan.

Selain itu, saya mengenal Mas Sugeng dalam menulis artikelnya tidak tanggung-tanggung, ada beberapa konten yang dapat di pisah menjadi beberapa artikel, malah ditulis menjadi satu artikel saja oleh Mas Sugeng. Namun karena kualitas Mas Sugeng dalam menulis artikel yang sudah mumpuni akhirnya tulisan yang tadinya terlihat panjang, terasa singkat dibaca, sebab dari seluruh paragrafnya syarat informasi. Dengan demikian, dari segi konten saya nyatakan bahwa konten Mas Sugeng di blognya sugeng.id adalah YES.

Pengunjung

Pengunjung yang banyak? Tentu saja. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa konten Mas Sugeng telah menjadi lumbung komentar oleh para blogger lainnya. Dari fakta tersebut tidak diragukan lagi lho bahwa visitor sugeng.id itu tidak sedikit, namun bejibun. Melihat fans page (facebooknya) saja saya sudah ngiler, apalagi jika melihat langsung ke dashboard penghitung visitor dan pageviews blognya, pasti tidak sebanding dengan blog saya yang amburadul ini. Apalagi jika ditambah dengan subscribernya, tentu makin padat antrian pembaca blog Mas Sugeng tersebut. Nah, karena berhubung pernyataan untuk pengujung blog Mas Sugeng tersebut benar adanya, berarti saya harus bilang YES.

Ranking di mesin pencari Google

Yaitu dimana blog seseorang tampil pada page pertama di mesin pencari. Sebenarnya saya menemukan blognya Mas Sugeng itu dari mesin pencari Google. Waktu itu ia masih menggunakan platform blogger dan dengan domain www.mas-sugeng.com, namun saya lupa entah apa yang saya search saat itu sampai saya akhirnya menjajaki blognya Mas Sugeng. Ketika saya sedang frustasi selalu menuai penolakan dalam mendaftar adsense, saya mencoba mengetik kata kunci “cara daftar adsense agar mudah diterima” di mesin pencari Google, dan saya pun mendapati blognya Mas Sugeng terlihat jelas di page pertama (yang memang sebelumnya saya sudah membaca artikel itu dan beberapa artikel lainnya dari blognya Mas Sugeng), akhirnya saya tidak jadi membaca artikel tentang cara mendaftar google adsense agar cepat diterima, saya malah penasaran dan mencari info lain, ko bisa dua kata yaitu Mas dan Sugeng ini terus membayangi penelusuran saya di google hingga menggerogoti pikiran saya. Akhirnya saya mengkaji lagi optimasi dan alat apa saja yang sering digunakan Mas Sugeng selama ngeblog. Hingga akhirnya saya membuka blog Mas Sugeng lagi, dan kebetulan di menunya itu ada tulisan “SENJATA NGEBLOG” yang memang saya sudah berkali-kali melihatnya sebelumnya, namun entah mengapa pada hari itu saya klik menu tersebut, dan Masya Allah lanjut Subhanallah, alangkah terkejutnya saya ternyata banyak tools yang digunakan oleh Mas Sugeng dalam ngeblog.

Dengan begitu, saya dan bisa jadi teman-teman skalian akan berpikir bahwa ternyata Mas Sugeng cukup seriusnya dalam optimasi blog, tentu salah satu tujuannya adalah agar dapat rangking di mesin pencari Google, dan bagi saya itu telah berhasil Mas Sugeng wujudkan. Dengan demikian, saya harus mengatakan YES untuk poin ranking di mesin pencari Google.

Earning atau penghasilan

Untuk poin terakhir ini, anda harus lihat langsung blognya Mas Sugeng, dan perhatikan header sama sidebarnya. Disana nampak banner yang terpasang rapi. Ada yang masih bertanya, itu banner apa? Saya jawab itu adalah uang. Ya, banner tersebut adalah wujud dari iklan mandiri yang dibuka oleh Mas Sugeng di blognya sugeng.id. Pasti banner tersebut cukup untuk membeli kopi sebagai teman Mas Sugeng dalam membuat artikel-artikel berkualitas lainnya. Satu lagi yang terlewatkan, di sugeng.id ini, yaitu feed url yang menuju ke Maxmanroe Blog, apakah itu di bayar oleh Maxmanroe? Silahkan tanyakan sendiri pada Mas Sugeng yaa :D

Bagaimana dengan blog Mas Sugeng yang lain, yaitu Evotemplate.net? Evotemplates adalah tempat Mas Sugeng berbagi template blogger gratis hasil karya tangannya sendiri. Jika kita lihat di blog tersebut terdapat slot iklan Adsense, dan itu adalah sumber penghasilan Mas Sugeng yang lain dari aktifitasnya ngeblog, belum lagi jika ada seseorang yang membeli template premiumnya. Penasaran berapa penghasilan Mas Sugeng sebagai publisher Adsense? Kelihatannya Mas Sugeng sudah menulisnya di blog sugeng.id. Nah, jika demikian berarti Mas Sugeng telah mendapat earning atau penghasilan dari aktifitas bloggingnya, jadi saya akan bilang YES.

Akhirnya Mas Sugeng mendapat empat YES, itu berarti 4 misi yang diutamakan Mas Sugeng telah berhasil dijalankan.

Simpulan

Dari uraian di atas, sedikit saya menyimpulkan tentang konsep dalam dunia blogging, bahwa apapun ideologi yang kita anut serta harapan yang ingin kita capai, jika itu dijalankan dengan sungguh-sungguh, percaya diri, bertanggung jawab dan konsisten, maka pasti kita akan meraihnya. Hanya tinggal menunggu waktu saja, sebab seyogianya rangkaian proses itu harus kita jalani dengan tabah betapapun peluh yang kita rasakan, hingga pada akhirnya kita akan memetik hasil yang indah dari benih yang telah kita tanam.

Saya yakin bahwa para blogger lainnya juga punya keinginan yang kurang lebih sama dengan 4 hal yang dianut oleh Mas Sugeng dalam mengayomi jalannya di dunia blogging. Apalagi earning, siapa yang tidak ingin mendapatkan penghasilan dari blogging, lebih-lebih jika itu berbicara tentang uang, walaupun tidak semua yang memandang penghasilan itu adalah uang (bisa saja jaringan atau teman), karena tidak ada satupun seorang blogger yang datang dengan tanpa tujuan apapun. Kita, para blogger juga manusia biasa yang butuh pengakuan akan kelayakan dari keseluruhan yang kita punya, agar dapat terterima dengan baik di mata para blogger lainnya.

Mudah-mudahan tulisan ini bisa menuai manfaat untuk anda yang membaca tulisan ini. Semua kita semua tetap dalam ridho-Nya dan selalu sukses dengan keinginan kita masing-masing.

Advertisement