Cara Memblokir/Menghapus Sitelink yang Tidak Diinginkan Pada Google Search

Cara Memblokir/Menghapus Tautsitus yang Tidak Diinginkan – Sitelink atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan tautsitus adalah cara mesin pencari google menunjukan beberapa baris link artikel dari blog anda ketika seseorang mengetikan nama blog atau domain situs anda di mesin telusur google tersebut. Barisan link yang ditampilkan tersebut adalah gambaran dari situs anda sendiri. Link-link tersebut adalah bentuk akumulasi dari tautan popular yang terjadi pada situs tersebut, bahkan bisa jadi artikel baru yang telah beberapa saat dipublish, yang mempermudah seseorang untuk masuk ke blog seseorang dengan melihat deretan link yang tampak pada mesin pencari ini. Apa yang membuat sehingga terjadi penampakan link berderetan seperti itu? Sitelink sendiri merupakan hadiah dari Google sebagai bentuk apresiasi untuk blog seseorang, yang semua itu dilakukan oleh algoritma google.

Nah, guna menjawab rasa penasaran anda (bagi yang belum mengetahui) sitelink itu seperti apa, berikut penampakannya meskipun sitelink yang terbentuk di blog saya ini belum begitu banyak linknya.
Cara menghapus sitelink yang tidak diharapkan

Namun, pada kenyataanya kadang kita tidak menginginkan link tententu tampil untuk sitelink di mesin pencari google. Misalnya, jika dilihat dari sitelink pada gambar di atas, sebenarnya saya kurang suka dengan penampakan yang berpanah orange bertuliskan “View mobile version” juga link yang menuju ke halaman static seperti Privacy Policy, About dan lain sebaginya. Oleh karena itu saya berniat untuk memblock atau menghapusnya sehingga tidak muncul lagi pada sitelink blog saya. Bagi yang berminat mengikuti langkah saya untuk menghapus tautsitus yang tidak diinginkan tersebut, silahkan ikuti caranya berikut ini.

Cara Memblokir/Menghapus Tautsitus/Sitelink yang Tidak Diinginkan

  • Masuk ke Google Webmasters, pilih situs yang ingin diperbaiki.
  • Pada bagian menu klik Tampilan Penelusuran > Tautsitus
  • Ambil url yang ingin diblock/dihapus lalu paste pada kolom “Demosikan URL tautan situs:” akhiri dengan mengklik “Demosikan”.
Sebagai contoh perhatikan gambar di bawah ini.
memblokir tautsitus/sitelink yang tidak diharapkan

Maka hasil blocking/deleting akan masuk daftar seperti yang terlihat pada gambar, namun jika ingin membatalkan pemblokiran silahkan diklik tombol Hapus Demosi. Perubahan dari penghapusan tersebut tidak serta merta langsung berubah saat itu juga, yang dilakukan adalah menunggu, bisa berubah dalam jangka waktu 24 jam atau satu minggu lagi.

Demikian cara memblokir atau menghapus link untuk sitelink yang tidak diharapkan tampil pada mesin pencari Google. Semoga bermanfaat.

Advertisement