Apa Manfaat Open Graph Facebook dan Bagaimana Cara Menerapkannya dengan Benar?

Cara Pasang Meta Tag Open Graph Facebook dengan Benar di Blogger – Kita tahu bahwa facebook adalah media social yang cukup terkenal dan telah mencapai lebih dari 1.3 miliar pengguna di seluruh dunia, yang mana Indonesia adalah lebih tinggi penggunanya yang mengkakses media social ini dari gadget mobile yaitu berada pada angka lebih dari 61 juta pengguna. Untuk saat ini Facebook berada pada ranking kedua setelah Google di situs perankingan alexa, mengalahkan media social kompetitornya yaitu Twitter yang berada pada posisi ke 9. Oleh sebab itu, tak perlu heran lagi mengapa facebook begitu digandrungi oleh para pemilik usaha, admin blog atau website dan pelaku bisnis lainnya untuk berpromosi pada media social ini. berangkat dari hal itu, pihak facebook pun telah membuat meta tag tersendiri, yang kita sebut dengan Open Graph Facebook. Nah, apa manfaat dari memasang meta tag open graph facebook ini? Dan bagaimana cara memasangnya dengan benar di blog? Simak ulasannya berikut.

Manfaat Memasang Meta Tag Open Graph Facebook

Manfaat yang paling mendasar mengapa harus memasang meta tag open graph facebook adalah agar tampilan komponen-komponen blog atau artikel lebih efektif saat link blog atau link artikel blog di share dan di like yang nanti akan menempel pada dinding facebook seseorang. Komponen-komponen yang dimaksud berupa nama blog, title, deskripsi, gambar, serta link yang menuju ke blog atau ke artikel tertentu. Dengan memasang meta tag open graph facebook ini akan mempercantik tampilan intisari blog atau artikel yang di share atau di like. Sebagai contoh perhatikan gambar di bawah ini.
Tampilan open graph facebook di homepage blog
Tampilan open graph facebook di homepage blog
Tampilan open graph facebook di artikel
Tampilan open graph facebook di artikel

Cara Menerapkan Meta Tag Open Graph Facebook dengan Benar

Untuk memasang meta tag facebook open graph agar tampil efektif seperti pada gambar di atas, perhatikan kode di bawah ini.
<!-- Facebook Open Graph -->
<meta expr:content='data:blog.title' property='og:site_name'/>
<meta content='253664224684238' property='fb:app_id'/>
<meta content='1698503815' property='fb:admins'/>
<meta expr:content='data:blog.url' property='og:url'/>
<meta content='website' property='og:type'/>
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<meta content='http://3.bp.blogspot.com/-ooCbNx0C1NU/VWMwa1CHkrI/AAAAAAAAEb4/JMBd7N6PSKg/s1600/opengraph.jpg' property='og:image'/>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<b:if cond='data:blog.postImageThumbnailUrl'>
<meta expr:content='data:blog.postImageThumbnailUrl' property='og:image'/>
<b:else/>
<meta content='http://3.bp.blogspot.com/-ooCbNx0C1NU/VWMwa1CHkrI/AAAAAAAAEb4/JMBd7N6PSKg/s1600/opengraph.jpg' property='og:image'/>
</b:if>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta expr:content='data:blog.title' property='og:title'/>
<meta content='BUNG FRANGKI BLOG - Berbagi tentang tips blogging, template blogger dan informasi internet' property='og:description'/>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<meta expr:content='data:blog.pageName' property='og:title'/>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' property='og:description'/>
</b:if>
</b:if>
Ganti kode yang bergaris bawah di atas, dan sesuaikan dengan blog anda, lalu letakan kode tersebut di bawah dari kode meta tag (keyword/description) yang sebelumnya telah terpasang di bawah <head>. Jka sudah terpasang silahkan lihat penampakannya dengan menggunakan tools ini https://developers.facebook.com/tools/debug.

Untuk mengetahui ID facebook dan facebook fans page blog anda, silahkan login ke facebook dan temukan kode idnya di profil/tentang.

Demikian penjelasan singkat mengenai manfaat facebook open graph dan cara memasangnya di blog.

Advertisement