Pilih Menggunakan Safe Fonts atau Custom Fonts?

Kita tahu bersama bahwa font (huruf) adalah satu hal yang tidak bisa dilepaskan di dalam blog. Penggunaan font yang baik nan sederhana jelas akan membuat pengunjung semakin nyaman membaca artikel sebuah blog. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua font yang dianggap bagus dekorasinya akan cocok dengan berbagai jenis blog yang ada. Selain memperindah tampilan blog, kenyamanan pembaca tetap menjadi satu hal yang perlu diperhatikan.

Setidaknya ada dua klasifikasi font yang dapat diterapkan dalam mengolah blog, yaitu safe fonts dan custom fonts. Kedua klasifikasi tersebut mempunyai bermaca-macam family (keluarga) serta beragam bentuk. Nah, seperti apa itu safe font dan custom font, baca selanjutnya.

Pilih Menggunakan Safe Fonts atau Custom Fonts?

Tentang safe fonts

Safe fonts atau font aman adalah kelompok font yang telah menjadi font default paling umum digunakan oleh alat peramban (Chrome, Mozilla, Opera, Safari, dll). Meskipun kenyataanya peramban sering melakukan penambahan fontnya masing-masing.

Kelebihan safe fonts; Penggunaan safe fonts untuk blog sangat membantu loading blog, sebab safe font tidak menggunakan web pihak ketiga lagi dalam mengaksesnya sampai terbuka sempurnya di blog. Hal ini dikarenakan font jenis safe fonts ini sebenarnya sudah tersimpan pada peramban yang kita gunakan, kita tinggal menentukannya pada CSS blog. Selain itu, penggunaan safe font sangat terterima pada segala bentuk device (perangkat), mulai dari mobile, smart phone, hinggal computer, apapun dan versi berapapun peramban yang digunakan.

Kekurangan safe fonts; Banyak yang menganggap bawha dekorasi huruf pada safe font kurang menarik, sehingga mereka memilih untuk tidak menggunakannya. Selain kurang menarik, safe font ternyata kurang banyak familinya.

Bagi yang tertarik menggunakan safe font, silahkan pilih-pilih familynya di http://www.w3schools.com/cssref/css_websafe_fonts.asp. Penggunaan CSSnya seperti biasa, contohnya:
font-family:Arial, Helvetica, sans-serif

Tentang custom font

Custom fonts atau yang lebih akrab dikenal dengan istilah Google web fonts adalah kelompok font open source yang menggunakan web host untuk penyimpanannya. Meskipun terdapat kata Google, tetapi tidak semua font yang ada pada custom fonts ini dibikin oleh Google. Custom fonts biasanya tidak tersimpan (tidak ada) pada font yang dimilik peramban, sehingga perlu pemanggilan yang unik untuk menggunakan jenis font ini.

Keunggula custom fonts; Lebih banyak pilihan dekorasi fontnya, jika dibandingkan dengan safe fonts.

Kekurangan custom fonts; Terkadang tidak support atau tidak tampil pada peramban yang ada pada device tertentu, terutama pada perangkat mobile yang biasanya hanya menggunakan peramban/browser versi lama. Terkadang terdapat bentuk font yang cukup berat sizenya, dan jika font tersebut diterapkan pada blog, maka akan menyumbang size pula pada blog tersebut, sehingga blog terasa lama loadingnya.

Penggunaan custom fonts harus diikuti dengan safe fonts, hal ini dilakukan untuk menanggulangi kekurangan seperti yang saya singgung di atas, yaitu jika ada pengunjung yang mengakses blog namun menggunakan browser versi lama, yang belum support Google web font ini. Bagi yang tertarik memasang Google web font ini di template blognya, silahkan menuju ke https://www.google.com/fonts, pilih font yang disukai, tentukan weightnya dan ambil url font tersebut, lalu paste di bawah <head> pada template blog anda.

Penggunaan CSSnya pun sama dengan safe fonts, contoh
font-family:Oswald, arial, open-sans;

Demikian sekelumit perbedaan antara safe fonts dan custom fonts, semoga bisa membantu anda dalam mengolah blog.

Advertisement