Pengunjung Blog Tiba-tiba Jadi Banyak? Ini Alasannya

Pengunjung Blog Tiba-tiba Meningkat Drastis – Apakah anda pernah mengalami lalu litas yang tidak wajar pada statistic blogger anda? Yaitu penayangan blog yang tadinya hanya berkisar pada angka ratusan tiba-tiba jadi ribuan? Berhati-hatilah, sebab bisa jadi anda sedang ditipu oleh seseorang. Jingling, itulah software yang mencoba mendongkrat pengunjung blog tiba-tiba menjadi bejibun. Tentu saja pengunjung yang diberikan oleh software ini adalah pengunjung palsu yang terlihat didatangkan dari berbagai macam Negara. Bagi sebagian orang hal ini terlihat keren, tapi bagi saya mendatangkan visitor palsu seperti ini tidak ada gunanya bahkan tergolong sesuatu yang sangat meresahkan. Membuat visitor palsu seperti ini pun hanya membuat bisnis yang dikembangkan pada blog menjadi tidak sehat bahkan berbahaya, terutama bagi para publisher Adsense.
Pengunjung Blog Tiba-tiba Jadi Banyak? Ini Alasannya

Meskipun kelihatannya penggunaan Jingling ini tidak begitu berpengaruh terhadap SEO, tetap saja cara-cara seperti ini tidak bisa dibenarkan, apalagi jika dilakukan untuk menjaili blog orang lain. Alih-alih membantu meningkatkan visitor blog sendiri atau orang lain, malah hanya merugikan diri sendiri karena telah berbohong dan membodohi orang lain. Oleh sebab itu, perhatikan betul statistic blog, cobalah menggunakan tools Google Analytic, sehingga bisa membandingkan antara statistic pada dashboard blog dengan statistic pada Google Analytic.

Cara mengatasi pengunjung palsu oleh “Jingling”

Karena pengunjung yang didatangkan oleh Jingling adalah bot atau robot, maka kita akan mencekalnya dengan menggunakan settingan robots.txt seperti di bawah ini.
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: Googlebot
Allow: /
Disallow: /search
User-agent: *
Disallow: /

Sitemap: http://www.bungfrangki.com/sitemap.xml
Robots.txt di atas mencegah bot selain Googlebot untuk merayapi halaman blog, alias hanya bot milik google yang dapat merayapi blog anda.

Ganti www.bungfrangki.com dengan url blog anda.

Asumsi Lain

Selain Jingling, ternyata ada situasi lain yang membuat pengunjung blog tiba-tiba membengkak, yaitu situs perujuk spam. Satu situs perujuk spam ini bisa mendatangkan sampai ratusan pengunjung (palsu) setiap hari, coba bayangkan jika situs perujuk spam untuk blog anda ada puluhan, berapa banyak pengunjung palsu yang coba diarahkannya ke blog anda setiap harinya?. Akibat dari situs perujuk palsu ini pun tidak kalah berbahayanya dengan yang diakibatkan oleh Jingling, apalagi blog yang memasang iklan Adsense, akibat fatal yang dapat ditimbulkan dari situs perujuk palsu ini adalah anda bisa saja kehilangan akun Adsense anda, untuk itu perlu berhati-hati dengan situasi yang satu ini. Untuk mengetahui situs perujuk di blog anda (khusus blogspot), pada dashboard blog silahkan klik Statistik > Sumber lalu lintas, setelah itu cari subjudul yang bertuliskan Situs Perujuk. Nah, silahkan anda lihat apakah ada domain yang mencurigakan disitu. Cara mengetahui domain tersebut mencurigakan atau tidak yaitu dengan sebagai berikut.
  • Mengingat-ingat kembali apakah anda pernah melakukan aktifitas komentar atau memposting sesuatu (menulis url/link ke blog anda mungkin) pada domain/situs tersebut.
  • Membuka url dari domain tersebut, apakah terlihat seperti web spam atau memang tidak ada hubungannya dengan blog anda.
Jika memang kedua cara di atas terbukti kebenarannya maka anda perlu menambahkannya ke daftar hitam, dan menghapusnya melalui tools Webmasters, caranya sebagai berikut.

Cara mengatasi pengunjung palsu dari Situs Perujuk spam

Buka Notepad, lalu simpan situs/domain spam itu seperti ini
domain:vampirestat.com
domain:7secretsearch.com
domain:adsensewatchdog.com
domain:best-seo-offer.com
domain:semalt.com
Setelah itu, bukan link ini pilih blog yang ingin diperbaiki, klik MENOLAH TAUTAN > Menyangkal Tautan, lanjutkan dengan mengupload file notepad yang telah disimpan tadi, lalu akhiri dengan mengklik Kirim. Jika berhasil akan ada tulisan seperti ini “Hasil untuk pengiriman pada 29 Mei 2015 01.31.20 UTC+7”.

Asumsi Lain Dari yang Lain

Bisa saja traffik blog anda tiba-tiba kencang karena itu memang murni pengunjung yang telah berhasil anda himpun sebagai bentuk wujud nyata dari beberapa optimasi yang telah anda tuangkan ke blog anda. Tetaplah waspada dan memperhatikan segala sesuatu yang terjadi di blog, terutama masalah lalu lintas blog ini.

Source: http://tf-m.blogspot.com/2013/12/Menolak-Tautan-WebSpam-Lewat-Webmasters-Tools-Disavow-Links.html

Advertisement