Trafik Pengunjung Blog Turun Drastis? Ini Penyebab dan Solusinya

Penyebab trafik visitor tiba-tiba turun dan solusinya – Dewasa ini tingkat fluktuatif trafik pengunjung blog dan pengindeksian artikel pada mesin pencari Google pergerakan naik-turunnya cukup signifikan. Hal yang sama pun saya alami pada blog ini, yaitu terkadang trafik pengunjung blog tiba-tiba turun dan sebaliknya, terlepas dari masalah Jingling dan Situs Perujuk spam yang sempat saya bahas beberapa waktu sebelumnya.

Hal ini dapat diketahui pada Webmasters, di hari-hari tertentu saya mendapati semua link di blog ini terindeks oleh mesin pencari, namun selang beberapa hari kemudian berkurang lagi, bahkan berkurang sampai dua kali lipat tingkat indeksi dari postingan di blog ini. Begitupun ranking di Google search engine, artikel yang tadinya berada paga page pertama dengan posisi yang cukup mumpuni, malah berpindah ke page yang lain, padahal saya sudah berusaha mengupdate artikel setiap hari.

Sempat resah dengan situasi ini, namun setelah melakukan riset terhadap beberapa blog yang menjadi sampel penelitian, dengan susunan dan teknik perbandingan yang disusun sendiri, sayapun mendapati hal yang sama terhadap blog-blog tersebut, yaitu terdapat pertukaran posisi pada ranking mesin pencari google, walaupun perubahannya tidak begitu signifikan dibandingkan dengan blog saya ini.

Baca juga: Pengunjung Blog Tiba-tiba Jadi Banyak? Ini Alasannya

Trafik Pengunjung Blog Turun Drastis? Ini Penyebab dan Solusinya

Sebagian orang menganggap hal ini adalah sesuatu yang wajar, dengan alibi setiap harinya lahir blog-blog baru dengan konten yang sama mengentre jadi ranking utama di mesin pencari google. Ibarat pepatah, meraih juara itu gampang, namun mempertahankannya yang sangat susah. Namun, dengan keadaan seperti ini bukan berarti kita mengambil langkah untuk menyerah, membiarkan yang lain merebut posisi yang telah bersusah payah kita raih dengan segala optimasi yang diterapkan. Untuk itu, kita harus mengenali apa saja hal-hal yang mengakibatkan penurunan trafik pengunjung ini terjadi, dan bagaimana solusinya untuk bisa keluar dari zona ini.

Penyebab pengunjung blog/website tiba-tiba turun

Dari pengalaman selama melakukan aktifitas blog, hal-hal yang mengakibatkan pengunjung tiba-tiba turun ini ada bermacam-macam, mulai dari hal yang bersifat teknikal sampai sesuatu yang tidak terduga. Tetapi, saya yakin dan percaya bahwa penyebab trafik pengunjung tiba-tiba merosot ini tidak diakibatkan oleh satu hal saja, melainkan suatu akumulatif dari berbagai hal yang tidak baik lainnya dalam mengolah blog. Setidaknya ada beberapa penyebab mengapa trafik pengunjung/visitor blog/website tiba-tiba turun dilihat dari perspektif teknikal dalam aktifitas blogging.

1. Gonta-ganti template blog

Saat ini bot Google tidak hanya mengindeks teks dari sebuah blog, tetapi seluruh cakupan koding mulai dari HTML, JavaScript, jQuery, CSS,  anchor text, link, gambar dan apapun yang ada pada blog tersebut dapat diketahui google. Sebagai contoh yang paling dekat, silahkan buka Structured Data Testing Tools lalu masukkan url blog, maka anda akan disuguhkan kode-kode yang terdapat di blog anda tersebut, baik yang sudah fix atau yang masih error penerapannya. Lalu apa hubungannya dengan gonta-ganti template? Jika anda mengganti template berarti menyuruh mesin pencari untuk mengindeksi sktruktur kode pada template anda lagi, dan ini jelas membutuhkan waktu agar bot mesin pencari dapat menghapal kembali kode dalam template anda.

2. Jarang update artikel blog

Hal teknis ini sungguh tidak akan membantu pengunjung blog naik, terkecuali jika di blog anda sudah ada seribu atau lebih artikel yang berhasil di publish, inipun hanya akan membuat pengunjung lama yang sudah setia nongkrong di blog anda akan lari ke tempat lain, karena bagi mereka buat apa tongkrongin blog yang sudah tidak update lagi?.

3. Konten blog itu-itu saja

Tidak ada pelebaran terhadap konten yang dimiliki blog, situasi ini memang berhubungan dengan konsistensi blog, tetapi demi menanggapi tuntutan blog agar ramai pengunjung dan mencegah kejenuhan dari mesin pencari, membuat artikel nyungsep (bukan yang nyeleneh ya) juga harus dilakukan, tentu artikel tersebut informatif dan dulce et utile.

4. Konten kopi paste

Kita sepakat bahwa dalam sebuah blog konten adalah raja, namun bagaimana jadinya kalau konten itu adalah kopi paste dari blog orang lain? Menangnya ada kejadian seorang Raja yang kopi-paste dari Raja lain? Walaupun ada yang terjadi seperti itu, pasti rakyatnya juga “lost they mind”. Kalau sudah me-Raja-kan Raja orang lain di blognya, saya harus mengatakan bahwa hal ini sungguh miris, ironis, tragis dan sangat disayangkan.

Selain hal-hal teknis di atas, ternyata ada hal-hal yang tidak terduga mengapa trafik pengunjung/visitor blog tiba-tiba turun.

1. DNS dari Domain blog sering disconnect/error

Hal ini mengakibatkan blog tidak dapat di akses dengan kurun waktu yang tidak menentu, dan hal ini tentu di luar dugaan kita, bisa saja hari ini blog terlihat baik-baik saja, namun beberapa waktu kemudian terjadi error seperti yang dimaksud. Jika hal ini terus-menerus terjadi, maka search engine pun lama-lama tidak akan mengindeks halaman blog anda, jadinya pengunjung/visitor blog turun.

2. Search engine melakukan update algoritma

Meskipun hal ini jarang sekali terjadi, tetapi pergantian atau update algoritma oleh mesin pencari bisa berpengaruh tingkat indeksi dari konten sebuah blog.

3. Blog mendapat hukuman dari search engine

Kalau dalam mesin pencari google kita mengenal istilah sanbox dan penalty, itulah hukuman yang akan diterima oleh blog yang melakukan over optimasi, baik SEO dan ataupun optimasi yang dianggap manipulatif lainnya oleh mesin pencari google. Jika terkena situasi seperti ini, maka bersiaplah link artikel terdepak jauh dari ranking mesin pencari google, bahkan lebih parah konten-konten tertentu akan terkunci.

4. Blog kalah bersaing dengan yang lain

Hal ini bisa dibilang masih bisa kita prediksi, dengan melihat dari pengalam konten anda di mesin pelusur sebelumnya atau dengan optimasi yang telah dilakukan meskipun pada akhirnya bot mesin pencari yang menentukan, namun juga bisa termasuk sesuatu yang tidak terduga, jika ternyata konten kita kalah bersaing dengan blog yang mengkopi-paste konten di blog secara mentah-mentah. Jika hal ini terjadi, berarti antara blog si kopas dan blog anda terdapat perbedaan yang signifikan dari segi posisi di SERF juga masing-masing trafik blog. Jelas, jika posisinya lebih tinggi di SERF maka bisa dipastikan blog anda akan ada di bawahnya.

Itulah sebagian hal-hal yang membuat trafik pengunjung blog tiba-tiba turun, baik yang secara teknis maupun hal-hal yang tidak kita duga sebelumnya. Lalu bagaimana solusi dari hal-hal yang membuat pengunjung blog tiba-tiba turun tersebut? Berikut beberapa tips yang perlu diupayakan untuk mendongkrat popularitas agar bisa kembali sebagai mana mestinya.

Solusi untuk trafik pengunjung blog turun

Solusi pengunjung blog turun drastis yang diakibatkan oleh hal-hal teknis:
  • Tidak perlu melakukan perombakan template yang berarti, jika terdesak lakukan secara berkala.
  • Bualtkah artikel secara kontinuitas, dengan jumlah yang tidak terlalu banyak setiap harinya, minimal 1 atau 2, dengan memperhatikan kualitas konten tentunya.
  • Lakukan pelebaran konten atau mencoba membuat konten dari biasanya.
  • Jangan kopi paste, hal ini hanya memperburuk nama saja.

Solusi untuk visitor website/blog tiba-tiba merosot diakbitkan oleh hal-hal yang tak terduga adalah sebagai berikut
  • Perhatikan kinerja domain, melalui google analytic atau penunjuk statistic lain yang dipercaya. Jika anda mengalami hal ini baca cara menanggulangi DNS Domain sering error/disconnect.
  • Optimasi SEO yang penting-penting saja, yaitu optimasi on page, namun tidak berlebihan. Membuat artikel yang benar-benar berguna dan banyak dicari di mesin pencari, hal ini akan membuat konten blog akan lepas dari hukuman dan menjauhi hukuman dari search engine.

Demikian hal-hal yang menyebabkan trafik pengunjung blog turun beserta solusinya. Segala sesuatu perbuatan manusia tidak akan ada yang sempurna, begitupun di tulisan ini, setiap orang mempunyai tanggapan dan perspektif masing-masing. Ditulisan ini ada beberapa hal yang menjadi pengalaman dan ada beberapa hal yang sempat disaksikan langsung. Jadi, jika ada tanggapan dan tambahan, silahkan bubuhkan pada kolom komentar  di bawah.

Advertisement