3 Widget yang Mengundang Pengunjung ke Blog

Widget blog yang mendatangkan visitor agar membaca artikel blog – Widget merupakan perangkat tambahan dalam membangun blog atau website. Kegunaanya bisa bermacam-macam, seperti memperindah tampilan blog/website, memperkokoh skor seo (seo friendly), sampai yang hanya buat jadi pajangan dan mebuat size dan loading blog jadi berat. Dengan begitu, seorang blogger harus cerdas dalam memilih dan memilah widget apa saja yang memang dibutuhkan demi kelangsungan blog, yaitu widget yang benar-benar tidak berakibat buruk terhadap perjalanan blog, proposional untuk device apapun dan tentunya widget yang mampu menanggapi algoritma terbaru google yaitu mobilegeddon.

Apa hubungannya widget dan algoritma mobilegeddon? Tentu saja ada hubungannya, mobilegeddon menghendaki template blog/website yang responsive dan dapat diakses oleh perangkat mobile dengan mudah/ringan, tentu saja pemilihan widget yang tepat adalah salah satu cara agar size template blog/website tetap terlihat ringan sehingga mudah diakses pada perangkat mobile.

Widget yang Mengundang Pengunjung ke Blog

Dengan sedikit pengantar di atas, tentu kita sudah memahami apa dan bagaimana dampak dari widget itu sendiri, oleh sebab itu pilihlah widget yang benar-benar menunjang kelangsungan blog dengan baik. Nah, setidaknya widget-widget di bawah ini masih menjadi pilihan utama oleh kebanyakan blogger guna mendatangkan pengujung agar semakin hari makin bertambah dan bahkan kembali lagi mengunjungi blognya guna membaca sajian artikel yang dipublis pada blognya tersebut. Berikut widget yang dapat mengundang pengunjung ke blog secara berkelanjutan.

1. Auto post on social media (Facebook, Twitter, Google+, dll)

Yaitu sebauh widget yang menggunakan tools pihak ketiga, yang bertujuan untuk mengirimkan artikel terbaru dari blog secara otomatis ke media social, seperti facebook, twitter, google plus, instagram serta media social lainnya. Memanfaatkan widget ini berarti secara tidak langsung kita telah mengajak teman-teman pengguna dalam jaringan media social tertentu untuk mengunjungi blog melalui intisari yang telah dibagikan ke media social yang telah kita manfaatkan. Untuk menjalakan cara ini silahkan ikuti caranya pada Cara Agar Postingan Otomatis Terkirim ke Media Sosial.

2. Share button

Kalau widget ini, biasanya terletak setelah judul artikel, di bawah artikel bahkan ada yang di samping artikel dan melayang. Share button sebenarnya masih berupa teknik berbagi artikel ke media social dan bookmarking, namun tidak serta merta tampil otomatis dikirimkan ke media social dan situs bookmarking tersebut, melainkan menunggu seseorang untuk mengklik dan mengikuti langkah-langkah teknikal hingga sampai artikel tertentu tampak pada media social yagn di klik tadi. Ikuti cara pemasangannya pada Cara Membuat Share Button Valid HTML5 Tanpa JavaScript.

3. Subscribe/berlangganan via email

Widget satu ini bertujuan menghimpun pembaca blog melalui email. Ternyata widget ini masih menjadi salah satu widget yang penting untuk blog. Hal ini terbukti dari masih banyaknya para master blog menggunakan widget ini pada blog yang dikelolanya. Semakin banyak yang mensubscribe blog seseorang, maka semakin banyak pula orang yang menantikan tulisan-tulisan baru dari blog tersebut. Nah, jika anda berminat ikuti tutorial Cara Memasang Widget Berlangganan Via Email Valid HTML5.

Demikian artikel tentang widget apa saja yang dapat mengundang pengunjung datang ke blog. Memang blog tidak hanya tergantung pada widgetnya saja, melainkan segala unsure yang mendukung lainnya, seperti artikel yang berkualitas, loading template, tampilan dan hal-hal lain yang mendukung lainnya.

4 komentar

  1. Profil:https://www.blogger.com/profile/01168964142948192194
    kalau menurutku ketiga widget diatas tidak bisa menjamin lonjakan visitor mas.
    yg paling signifikan menurutku melakukan BW dengan rutin,dan berkomentar untuk menjalin jalinan teman.
    keakraban antar blogger itulah hal yg sangat dibutuhkan untuk meningkatkan visitor blog.dan itu sudah terbukti diblog saya
    • Profil:https://www.blogger.com/profile/13162875744493565460
      iya mas, sebenarnya di tulisan ini adalah perspektif lain untuk menarik visitor dari widget, artinya bukan cara menarik visitor yang lain. Oleh sebab itu, karena ini hanyalah widget yang dianggap bukan sesuatu yang istimewa dalam menarik visitor yang berskala besar, maka saya pun tidak menulis bahwa widget ini adalah jaminan untuk mendatangkan visitor yang BESAR/BANYAK. Intinya saya hanya ingin mengenalkan widget yang memang benar2 ada gunanya di blog.

      Tapi, kalau soal mendatangkan visitor yang besar (seperti yang diinginkan setiap blogger) memang blogwalking yang sudah bisa dibuktikan kebenarannya, karena saya telah melihat ini secara langsung dari mas Yanto sendiri, dan sekarang saya mengikuti itu dari mas Yanto :D
  2. Profil:https://www.blogger.com/profile/11846343417771215326
    saya sendiri menggunakan yang nomor 1 dan 2 , dan yang ketiga belum diterapkan .
    • Profil:https://www.blogger.com/profile/13162875744493565460
      tergantung selera dan space di template juga sih sebanarnya gan, kalau saya alhamdulillah saya suka ketiganya :D
  • Gunakan fitur Format Kode untuk menulis atau menyisipkan kode dan gambar dengan format tertentu.
  • Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi via Email ketika ada balasan.
  • Apabila ada pertanyaan diluar artikel silahkan buat topik baru di .
  • Untuk menyisipkan gambar, silahkan upload gambar terlebih dahulu. Lalu salin URL Gambar tersebut, paste ke kolom di bawah ini, lalu klik tombol Image.
  • Untuk menyisipkan Potongan Kode, atau Quote, paste kode tersebut ke kolom di bawah ini, lalu klik tombol pre, code, atau quote.
  • Untuk menulis kode dalam Syntax Highlighter gunakan format kode panjang.
  • Setelah itu, salin atau copy hasil parse dengan klik tombol icon Salin Kode! lalu paste ke kolom komentar.

image quote pre code