5 Macam Batu Akik dengan Harga Termahal di Dunia

Ternyata demam batu akik masih terus berlanjut sampai saat ini. Batu mulia hasil fermentasi alam ini masih terus diburu oleh pengolah dan kolektor batu akik tersebut. Batu akik ini biasanya dibentuk menjadi perhiasan atau menjadi pernak-pernik tertentu, macam cincin, kalung, hiasan bunga, sampai yang masih dalam bentuk bongkahan yang diletakkan pada tempat yang strategis di depan atau di sudut-sudut rumah.

Tidak hanya nilai estetikanya yang macam-macam, setiap batu akik juga dipercaya mempunya khasiat tersendiri oleh penggunanya. Namun, tahukah anda, bahwa ternyata ada beberapa jenis batu akik yang harganya terbilang lumayan fantastis mahalnya? Berikut ini 5 jenis batu akik dengan harga termahal di dunia.
5 Macam Batu Akik dengan Harga Termahal di Dunia

1. Batu Akik Kalimaya

Batu mulia yang berasal dari Lebak, Banten ini menjadi buruan utama bagi penggemar dan kolektor batu akik. Batu akik ini memiliki corak yang sangat indah, dengan bercak-bercak warna-warni yang begitu menarik ketika melihatnya pada jarak dekat. Kombinasi warna-warni yang sangat indah tersebut, membuat batu akik Kalimaya sangat cocok dijadikan sebagai perhiasan seperti cincin, kalung, permata, liontin dan aksesosir lainnya. Batu akik Kalimaya dipercaya dapat meningkatkan rasa percaya diri oleh pemakainya.
Batu akik Kalimaya

Batu mulia yang terkenal dengan nama Black Opal ini tergolong batu mulia termahal karena nilainya mencapai 2500 Dollar atau jika dirupiahkan setara dengan 33 Juta rupiah per karat bahkan lebih, sehingga tidak perlu dipertanyakan lagi mengapa batu mulia satu ini menjadi incaran oleh para penggemar dan kolektor batu akik baik dari dalam negeri maupun manca negara. Anda tertarik untuk memilikinya?

2. Batu Akik di Bengkulu

batu Red Raflesia

Bengkulu ternyata menyimpan beragam batu akik yang cukup terkenal dengan kisaran harga yang fantastis. Sebut saja batu akik Red Raflesia yang memiliki warna merah seperti bunga bangkai raksasa Raflesia Arnoldi, white raflesia, Yellow Raflesia, dan batu akik fenomenal bernama Pictorial Agate Badar Pemandangan. Harga batu akik Pictorial Agate Badar Pemandangan tak  tanggung-tanggung, batu tersebut mendapat penawaran tertingginya senilai 2 Miliar Rupiah.
 batu akik Pictorial Agate Badar Pemandangan

Batu akik Pictorial Agate Badar Pemandangan ini mempunya corak yang aneh dan tidak sama dari kedua sisinya, tampilan sisi depan bergambar seperti pemandangan, sementara sisi lainya berisi gambar yang berbeda. Batu akik satu ini telah memenangkan kompetisi batu tingkat Nasional.

3. Batu Bacan

Batu yang paling banyak diburu selanjutnya adalah batu Bacan. Batu yang berasal dari sebuah pulau di Maluku Utara yang bernama pulau Bacan ini paling dicari oleh penggemar dan kolektor batu akik. Tidak hanya di dalam negeri, batu Bacan juga tersohor di manca Negara.
Batu Bacan

Jenis batu Bacan yang paling dicari ada dua jenis, yaitu batu Bacan Doko dan Bacan Palameya. Batu ini dikenal unik karena dipercaya dapat menetralkan ion-ion tubuh yang membuat penggunanya dapat mengontrol emosi dan melancarkan peredaran darah, dan keunikan lainya ialah batu ini mampu berproses secara alami hingga mengkristal dengan sendirinya. Batu Bacan termahal yaitu mencapai 3 Miliar Rupiah.

4. Batu Serendibite

Batu yang berwarna hitam pekat mengkilap ini adalah jenis batu mulia yang sangat langka. Batu alam ini kabarnya hanya dapat ditemukan di Sri Lanka dan Bulma. Yang membuat batu ini menjadi special adalah karena muatan yang terkandung di dalamnya, yaitu calcium, magnesium, alumunium, silicon, boron dan oksigen, yang mana muatan tersebut terdapat pada jenis batu Serendibite yang paling langka.
Batu Serendibite

Dengan begitu, harga 32 Miliar per karat adalah merupakan harga yang wajar, mengingat batu ini susah di dapat dan sangat langka.

5. Batu Ruby atau Batu Merah Delima

Yang terakhir adalah batu Ruby, atau di Indonesia yang dikenal dengan nama Batu Merah Delima. Batu jenis ini ternyata memiliki penggemar yang lumayan banyak, meskipun harganya terbilang fantastis nan mahal. Batu ini dikisar bernilai 88 Miliar rupiah perkaratnya.
Batu Ruby atau Batu Merah Delima

Batu berwarna merah dengan kilap-kilapnya ini sangatlah unik, yaitu seperti terlihat menyala ketiak berada di ruangan gelap atau di dalam air. Batu yang paling mahal dari batu jenis Ruby ini adalah The Hope Ruby, yang mencapai 6.7 Juta Dollar sekitar 88 Miliar jika di rupiahkan. Dengan harga yang fantastis tersebut batu ini hampir menyamai harga dari batu berlian. Meskipun dengan harga yang selangit, batu Ruby atau Batu Merah Delima ini tetap menjadi incaran oleh para penyuka batu mulia.

Penutup

Demikian tentang beberapa macam batu akik yang mempunya harga yang fantastis. Animo masyarakat untuk memiliki berbagai jenis batu akik tertentu, nampaknya telah membawa keuntungan tersendiri bagi seluruh pihak yang berkecimpung di dalamnya. Kelangkaan, keunikan, komoditas dan daya beli adalah hal pokok yang telah mempengaruhi harga dari batu alam ini.

Mungkin masih ada jenis batu akik lainnya yang lebih mahal dari apa yang tertulis di atas. Nah, apa nama dan jenis batu akik itu? Silahkan bubuhkan pada komentar di bawah ini. Sumber: OnthespotT7

Advertisement