6 Peluang Bisnis yang Cocok di Bulan Ramadhan

Tidak salah lagi jika kita menyebut bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Di bulan ini sebagai seorang muslim-muslimah diwajibkan untuk berpuasa di siang hari dan dianjurkan beribadah di malam harinya. Bisa dikatakan bahwa di bulan Ramadhan ini adalah bulan dimana seorang muslim-muslimah berlomba-lomba untuk mengerjakan kebajikan dan amal saleh.

Selain itu, bulan Ramadhan juga merupakan momentum untuk membuka peluang usaha dalam bidang-bidang tertentu. Sebab, ketika datangnya bulan puasa ini beragam aktifitas baru bermunculan, seperti mudik, persiapan ibadah, makanan baik untuk santap sahur dan berbuka puasa, serta kebutuhan lainnya.
6 Peluang Bisnis yang Cocok di Bulan Ramadhan

Sebagai wirausahawan tentu hal ini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan lebih di bulan Ramadahan. Yaitu dengan menawarkan jasa atau mendirikan bisnis di bulan puasa ini. Nah, bagi anda yang mencari usaha apa saka yang cocok digunakan pada bulan puasa ini, berikut beberapa pilihan usaha yang mungkin cocok untuk anda jalankan.

1. Jualan Takjil Untuk Hidangan Berbuka Puasa

Menjediakan takjil atau makanan dan minuman yang menjadi menu berbuka puasa telah menjadi kebiasaan tersendiri di masyarakat, bukan hanya di Indonesia namun hal yang sama dilakukan juga oleh Negara-negara islam di seluruh dunia. Jenis makanan dan minuman takjil yang disajikan beragam jenis, rasa, bentuk dan warna. Mulai dari kue dan minumen yang manis sampai yang berasa hambar, bentuk kecil hingga besar, juga beragam warna yang cukup menggiurkan. Untuk membuka usaha takjil ini tidak perlu banyak modal, yaitu cukup dengan modal Rp. 600 ribu saja, dengan modal segitu anda sudah bisa menjual makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

2. Bisnis Perlengkapan Ibadah dan Busana Muslim

Bulan Ramadhan biasanya orang-orang suka membeli perlengkapan ibadah dan busana muslim, baik untuk kebutuhan beribadah selama bulan puasa atau yang hanya dipakai pada saat lebaran nanti. Perlengkapan ibadah yang dimaksud yaitu songkok, mukena, baju koko, sarung, sajadah, Al-Quran dan aksesoris beribadah lainnya.

Kebiasaan membeli perlengkapan dan busana muslim ini tak lepas dari trend atau mode yang sedang populer sekarang. Jika anda ingin memulai bisnis ini, mulailah dengan modal yang anda sanggupi dengan perlengkapan ibadah atau bisana muslin yang ingin dijual.

3. Menjual Kue dan Parcel Lebaran

Biasanya keluarga yang penuh aktifitas di bulan puasa, tidak ingin repot-repot membuat kue lebaran atau parcel lebaran sendiri di rumah. Artinya, mereka cenderung untuk membeli kue dan percel lebaran dari toko atau orang lain. Kue lebaran sudah menjadi menu yang wajib ada di setiap rumah ketika lebaran tiba. Kue dan parcel lebaran ini ada bermacam-macam, mulai dari yang basah sampai yang kering, dengan berbagai macam model dan warna pula.

Untuk mempermudah agar bisnis kue lebaran anda lebih mudah dikenali oleh kerabat jauh, tetangga dan pelanggan baru lainnya, lakukan promosi melalui media online, yaitu facebok, twitter, bbm, instagram, path dan lain sebagainya.

4. Bisnis Kaligrafi

Di antara daftar bisnis yang cocok dilakukan pada bulan Ramadhan, mungkin bisnis kaligrafi ini yang hanya bisa dijalankan oleh segelintir orang, karena bisnis ini hanya bisa dilakukan oleh seniman yang mengerti kaligrafi saja. Kita tahu bahwa bulan Ramadhan itu kental dengan ibadah, sebagian rumah dirias agar nampak suasa ibadah, yaitu dengan mengganti atau menambah kaligrafi.

Untuk menjalankan bisnis ini agar banyak mendapat pesanan dari pembeli yaitu dengan membuat lapak di kaskus, bukalapak, dan media social seperti facebook dan twitter.

5. Jasa Asisten Rumah Tangga dan Seccurity

Ketika menjelang bualn Ramadhan, banyak asisten dan seccurity rumah tangga yang mudik bertemu keluarganya di kampung. Hal ini membuat Ibu rumah tangga menjadi kerepotan dalam mengurus rumah tangga, terlebih jika Ibu tersebut mempunyai anak balita, dan punya kesibukan lain di luar rumah. Tentu dalam kondisi seperti ini, jasa asisten rumah tangga dan security sangat diperlukan selama bulan suci Ramadhan sampai Hari Raya Idul Fitri nanti.

6. Bisnis Peralatan, Perabotan dan Perlengkapan Rumah Tangga

Saat bulan puasa, masyarakat cenderung mengganti peralatan, perabotan dan perlengkapan rumah tangga. Peralatan, perabotan dan perlengkapan yang dimaksud berupa alat dapur, kursi rumah (baik kursi ruang depan, ruang tamu dan kursi makan), guci, gorden pintu dan jendela, tempat kue (ganggang dan toples kue), dan peralatan, perabotan serta perlengkapan rumah tangga lainnya. Biasanya permintaan dari bisnis ini yaitu menjelang hari Raya Idul Fitri.

Demikian peluang bisnis yang dapat dijalankan selama bulan Ramadhan. Mungkin masih banyak bisnis lainnya yang efektif dijalankan selama bulan puasa ini. Namun, apapun yang anda lakukan dengan bisnis selama di bulan Ramadhan ini, tetap selalu memberikan pelayanan yang berkualitas, agar bisnis anda tetap mendapat kepercayaan, beroleh berkah dan ridha dari Allah SWT. Amin…

Advertisement