Cara Menghapus File/Folder yang Tidak Bisa Dihapus di Windows dan Flashdisk

Mengatasi file/folder yang tidak dapat dihapus pada computer/laptop (windows) dan flashdisk – Saya yakin kita semua pernah mengalami hal ini, yaitu situasi dimana file atau folder dalam computer, laptop atau flashdisk tidak bisa dihapus.  Sudah di CTRL + ALT + Delete, sudah mengatur Properties pada folder dengan pengaturan tab General menjadi Read-only, dan pada tab Security telah mencentang Modify, Read & execute, List folder contents, Read, dan Write, lalu mengambil tindakan menghapusnya, tetap saja file tersebut tidak mau terhapus.

Perlu diketahui, kebanyakan file/folder yang tidak dapat dihapus ini adalah file/folder dengan format yang tidak dikenali oleh windows, terutama windows 7 dan windows XP, windows 8 atau 8.1 juga ada tapi sangat jarang, kecuali saat file/folder tersebut dalam keadaan running, file/folder yang tidak selesai di salin (copy-paste), file/folder bekas uninstall software, atau file/folder rusak yang diakibatkan oleh hal lain.

Untuk menanggulangi situasi file/folder yang tidak bisa dihapus pada computer/laptop dan flashdisk seperti ini ialah mau tidak mau membutuhkan aplikasi. Tapi tenang saja, aplikasi ini tidak akan berdampak buruk atau lebih buruk untuk computer anda. Sebab, aplikasi berikut ini telah diuji coba dan 100% working.

Cara Menghapus File/Folder yang Tidak Bisa Dihapus di Windows dan Flashdisk

Aplikasi yang dimaksud adalah Unlocker dan Iobit Unlocker. Kedua aplikasi tersebut mempunyai fungsi yang sama, yaitu menghapus paksa file/folder yang susah dihapus hanya dalam berapa kali sentuhan. Kedua aplikasi ini sangat ringan dan mudah digunakan. Anda tinggal mendownload dan menginstal salah satunya saja, lalu lakukan proses penghapusan dengan mengarahkan kursor ke file/folder yang ingin dihapus, lalu klik kanan, temukan nama dari aplikasi tersebut, kemudian pilih delete lalu tekan ok.

Setelah melakukan cara ini, pasti file/folder yang tidak dapat dihapus tersebut akan segera terhapus pada computer, laptop atau flashdik anda. Hal lain yang perlu diketahui dari kedua aplikasi tersebut ialah, bahwa versi terbaru dari aplikasi ini sudah support windows 8, 8.1 dan windows 10.

Saya sarankan untuk menginstal Unlocker terlebih dahulu, jika file/folder tidak berhasil dihapus dengan Unlocker, maka lanjutkan dengan aplikasi Iobit Unlocker.

Sebetulnya Microsoft mempunya aplikasi dengan kegunaan serupa, namanya Process Explorer. Jika anda ragu-ragu menggunakan kedua aplikasi yang saya sebutkan di atas, anda bisa mencoba menghapus file/folder yang bandel dihapus ini dengan Process Explorer tersebut. Namun, perlu diketahui bahwa aplikasi Unlocker dan Iobit Unlocker juga aman, bahkan prosesnya tidak sulit.

Homepage IObit Unlocker
Homepage Unlocker

Advertisement