Cara Mudah Mencegah Kopi Paste Artikel Kecuali Blockquote

Aksi kopi paste postingan/artikel dari blog orang lain bukan hal yang baru lagi. Seiring bermunculnya blogger baru dengan (mohon maaf) tanpa mengetahui aturan main dalam dunia blogger ditambah iming-iming ingin mendapatkan banyak visitor serta penghasilan selangit secara singkat, aksi ini tidak akan berhenti bahkan akan semakin menjamur. Yang menjadi korban adalah blogger yang sudah susah payah menyusun artikel dengan kata-kata sendiri, bahkan hampir tidak tidur seharian, dengan suasana emosi yang bercampur-aduk, hingga mengorbankan waktu atua aktifitas lain.

Tiba-tiba datanglah seorang blogger baru yang sudah menunggu untuk mengkopi-paste artikelnya tersebut. Jika yang bersangkutan ketahuan, hal ini tidak hanya membuat marah meluap-luap, semangat untuk menulis di blog pun tiba-tiba pupus dan runtuh.

Cara Mudah Mencegah Kopi Paste Artikel Kecuali Blockquote

Sebetulnya tidak akan ada yang melarang atau marah akan aksi kopi-paste ini jika si pelaku atau blog kopi-paste memenuhi kondisi/syarat di bawah ini.
  • Menyertakan sumber artikel kopi-paste
  • Followers Google plus atau social media tidak banyak (tidak lebih dari 100 orang)
  • Ranking blog tidak lebih tinggi dari yang di kopi-paste, baik posisi serf maupun alexa, dengan perbandingan 1:10000, dan
  • Pembaca blog diubah menjadi Pribadi (khusus penulis blog), artinya cuma penulis blog yang bisa membaca blog tersebut.

Jika si pelaku atau blog pelaku kopi-paste tidak sedang memenuhi kondisi di atas, maka jangan pernah melakukan kopi-paste secara mentah-mentah terhadap artikel yang sudah susah payah dibuat orang.

Bagaimana jika hanya ingin mengambil sebagian kecil namun itu sebetulnya hal yang penting?

Jika diperhadapkan pada situasi seperti ini, misalnya hanya ingin mengambil script, perntayaan penting atau poin-poin penting maka yang perlu dilakukan adalah, melakukan searching (pencarian) terlebih dahulu, apakah sesuatu yang ingin diambil tersebut murni hasil dari eksperimen si penulis (jika itu script) dan murni hasil pemikiran dari si penulis (jika itu pendapat, atau poin-poin penting). Jika ternyata tutorial atau pernyataan (poin-poin penting) seperti itu hanya ada di blog yang bersangkutan, maka anda wajib menyertakan sumber atau bahkan meminta izin ke penulisnya untuk blog anda. Namun, jika tutorial atau pernyataan (poin-poin penting) tersebut sudah merajalela di mesin pencari, sampai sudah tidak ditemukan lagi sumber utamanya dari blog mana, maka anda tidak perlu menyertakan sumber link, tetapi tetap harus mengubah runut kata menurut gaya penulisan anda.
Semoga hal di atas dibaca dan dimengerti oleh blogger baru (newbie) atau siapa saja yang masih suka kopi paste.

Nah, sekarang kita kembali ke topic yaitu cara mudah untuk mencegah aksi kopas artikel/postingan blog namun masih bisa mengkopi script di blockquote. Hal ini cocok untuk blog dengan konten tutorial yang memuat script-script yang harus di kopi pada tiap-tiap postingannya.

Cara yang akan saya bagikan ini adalah menggunakan beberapa baris css saja. Dengan css ini tulisan pada postingan tidak akan bisa di kopas, namun blockquote bisa di kopi-paste.

Meskipun terlihat tidak begitu efektif untuk membuat jera, karena si kopaser masih bisa membuka source postingan, tapi setidaknya melakukan cara ini telah memperingatkan si calon kopas, bahwa kata-kata dalam blog ini dilindungi dan tidak untuk di kopi-paste.

Cara Mudah Mencegah Kopi Paste Artikel Selain Blockquote

1. Masuk ke blogger > Dashboard blog > Tempate > Edit HTML
2. Kopi kode di bawah ini, lalu letakkan di bawah kode <style>
.post-outer {
-webkit-touch-callout:none;
-webkit-user-select:none;
-khtml-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-moz-user-select:none;
}
.post blockquote,.post pre,.post code{
  -webkit-touch-callout:text;
  -webkit-user-select:text;
  -khtml-user-select:text;
  -ms-user-select:text;
  -moz-user-select:text;
}

3. Simpan template.

Kode CSS di atas terdeteksi Warning untuk validasi CSS3, tidak berdampak pada SEO, dan kode tersebut sangat tidak copas friendly.

Jika berhasil, maka otomatis kata-kata pada tiap postingan anda tidak akan bisa di kopi-paste secara langsung.

Advertisement