Mengenal Optimasi Keyword di Halaman Postingan Website dan Blog

Mengenal Optimasi Keyword: Keyword Page Title, Keyprase, Anchor Text, Keyword Research dan Keyword Planner – Masalah optimasi keyword memang telah menjadi sesuatu yang penting dalam mengelola postingan blog di setiap saat, meskipun kenyataanya blog/website tidak hanya berurusan dengan keyword saja. Hanya saja ini akan menjadi sesuatu yang penting demi bersaing di mesin pencari, terutama Google search engine.

Baca juga: Meta Tag Pendukung Optimasi Keyword dan Description yang Sering Digunakan Blogger

Nah, pada artikel kali ini saya ingin berbagi informasi yang berhubungan dengan optimasi keyword untuk halaman postingan, tepatnya penerapan seo onpage untuk menentukan keyword page title, keyprase/long tail keyword, anchor text/hyperlink, keyword research dan keyword planner. Bair lebih jelas, mari kita buka pengertian dan cara optimasi dari masing-masing istilah tersebut.

Mengenal Optimasi Keyword di Halaman Postingan

1. Keyword Page Title

Yaitu sebuah tindakan optimasi keyword pada bagian judul postingan. Mengoptimasi seo onpage pada judul postingan dapat dilakukan dengan cara di bawah ini.

Unik dan relevan dengan isi postingan; Judul postingan harus terlihat menarik untuk diklik oleh calon pembaca, dan biar pengunjung puas maka judul artikel/postingan harus relevan dengan isi.

Perhatikan kode tag title di template; Untuk halaman postingan (tampil penuh) jangan gunakan tag title seperti ini
<title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
Tapi ganti menjadi seperti ini
<title><data:blog.pageName/></title>
Hal ini dilakukan agar search engine lebih fokus menjelajah halaman per halaman dengan kata kunci yang diketikkan di mesin pencari. Sebab kalau menyertakan <data:blog.title/> (nama blog) akan membingungkan mesin pencari dalam menampilkan judul postingan mana yang harus dimunculkan pada halaman pencarian, dan akan mengakibatkan duplikasi judul untuk masing-masing postingan.

Perhatikan panjang judul postingan; Maksimalkan judul postingan untuk tidak terlalu panjang. Judul postingan itu harusnya padat isi dengan maksimal berisi 7 kata atau tidak lebih dari 60 karakter (termasuk spasi).

2. Keyprase atau Long Tail Keyword

Yaitu keyword yang langsung menusuk ke tujuan dari sebuah postingan. Keyprase bisa diupayakan terutama pada judul postingan dan juga hirarkinya di paragraph pertama dari sebuah postingan. Jika kita bandingkan antara keyword dan keyprase maka contohnya akan seperti ini.

Contoh keyword:
  • Membuat blog
  • Kucing bernyanyi
  • Masak capcay seafood

Maka keyprase untuk masing-masing keyword di atas kurang lebih akan seperti ini.
  • Tutorial membuat blog gratis di blogspot
  • Video unik kucing bernyanyi lucu
  • Membuat resep memasak capcay seafood

Dengan menentukan keyprase tertentu maka akan memperkecil persaingan untuk merebut posisi utama di mesin pencari atau search engine.

3. Anchor Text atau Hiperlink

Yaitu text yang memuat link menuju ke halaman postingan lain, baik yang menuju ke halaman postingan blog sendiri (link building) atau menuju ke halaman postingan/blog orang lain (outbound link). Cara optimasinya harus sesuai judul atau isi postingan yang dituju, contoh.
Bukan seperti ini
<a href=” http://www.bungfrangki.com/2015/06/anonymous-ads-alternatif-google-adsense.html”>disini</a>
Tapi minimal seperti ini
<a href=” http://www.bungfrangki.com/2015/06/anonymous-ads-alternatif-google-adsense.html”> penghasilan blog selain Google Adsense</a>

4. Keyword Research

Yaitu suatu tindakan mencari tahu keyword atau keyprase apa saja yang popular dan tidak popular melalui mesin pencari. Dengan begitu maka akan dengan mudah menentukan kata kunci utama atau kata kunci tambahan untuk setiap postingan. Untuk mengoptimasi cara ini dapat dilakukan dengan cara berikut.

Melihat keyprase yang popular dengan keyword tertentu di mesin pencari (sebelum di enter)
 Perhatikan gambar berikut.

optimasi keyword dengan keyword research
Dengan satu keyword “mengolah” ternyata muncul beberapa keyword baru yang lagi ngetrend, dan kita juga mendapati satu kalimat yang bisa dimasukkan dalam kategori keyprase yaitu “mengolah kulit manggis untuk obat”.

Melihat keyword atau keyprase yang terkait/diusulkan mesin pencari (setelah di enter)
Jika kita scroll ke bawah, maka anda akan mendapati tulisan seperti pada gambar di bawah ini.

optimasi keyword dengan keyword research
Dengan begitu, akan lebih mudah menentukan optimasi keyword baik di judul dan isi postingan.

5. Keyword Planner

Hal ini berhubungan dengan tools atau alat, yaitu tools yang digunakan untuk menentukan keyword yang diperlukan agar tepat sasaran dengan bahasan di dalam postingan. Salah satu tools buatan Google bernama Google Keyword Planner adalah tempat untuk mencari idea tau bahkan memanfaatknaya agar website rame pengunjung dan jualan laku keras. Untuk menggunakan tools ini anda harus login ke Google Adwords.

Tujuan menggunakan keyword planner ini ada banyak hal, salah satunya untuk membandingkan antara keyword yang dipikiran anda dengan keyword yang sedang ngetren di telusuri di mesin pencari, sehingga anda bisa mengelaborasi keduanya sesuai dengan konten blog anda. Berikut contoh menggunakan Google Keyword Planner.

Login ke Google Adwords, lalu perhatikan gambar-gambar di bawah ini.

optimasi keyword dengan keyword keyplanner
Gambar 1: Klik yang diberi panah untuk menlanjutkan

optimasi keyword dengan keyword keyplanner
Gambar 2: Tentukan keyword yang diinginkan, buat pengeturan (jika diperlukan), klik Dapatkan Ide untuk melanjutkan.

optimasi keyword dengan keyword keyplanner
Gambar 3: Memilih kekuatan keyword dengan berbagai hal. Kalau saya lebih tertarik untuk menggunakan Tren Volume Penelusuran.

optimasi keyword dengan keyword keyplanner
Gambar 4: Membandingkan keyword yang anda pikirkan (tuliskan) dengan keyword yang ngetren, berdasarkan jumlah tingkat persaingan.

Nah, melihat dari data-data yang diberikan, kemungkinan kolaborasi optimasi keywordnya akan seperti ini:
  • Cara membuat optimasi website atau blog (kayaknya agak kurang enak dibaca)
  • Cara optimasi dalam membuat website atau blog (ini lebih baik kayaknya)

Penutup

Selain meningkatkan kualitas artikel, penentuan keyword yang tepat juga merupakan sesuatu yang penting. Hal ini dilakukan agar kita dapat menekan persingan di mesin pencari, atau ingin bersaing keras di page one of search engine. Jadi, jika ingin sungguh-sungguh mengolah blog, jangan anggap remeh untuk persoalan optimasi keyword di website dan blog anda.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam blogging.

Advertisement