Cara Agar Blog Support Mobile Friendly

Cara Membuat Website Support Mobile Friendly – Dewasa ini pengguna mobile sudah begitu menjamur. Tak heran platform blogger.com mendorong para blogger untuk mengoptimasi blog menjadi mobile friendly. Hal ini dimulai sejak Google yang punya blogger.com meluncurkan sebuah tools untuk mengecek kapasitas sebuah blog support mobile friendly atau tidak.

Lanjut lebih jauh kedepan, untuk mengoptimasi pengguna mobile, google telah meluncurkan algoritma baru yang bernama mobilegeddon. Untuk itu, tidak ada alasan lagi untuk tidak mengupgrade template blog ke mobile friendly, jika blog/website kita tidak ingin ketinggalan pembaca dari mobile.

Baca: Seperti Apa Website atau Blog yang Disukai Mobilegeddon Itu?

Cara Agar Blog Support Mobile Friendly

Dalam platform blogger sendiri sudah disediakan template untuk tampilan mobile, namun tentu tampilannya sangat standar bahkan tidak sesuai dengan tampilan template blog yang sudah di custom sedemikian rupa. Dengan demikian sangat tidak disarankan menggunakan tampilan bawaan dari blogger ini. Solusinya adalah, anda harus menggunakan template yang sudah responsive, yaitu template yang mengoptimasi blog untuk segala jenis device melalui pengaturan media query.

Baca juga: Kerangka Untuk Membuat Template Blog Full Responsive

Setelah mengkustomasi template blog menjadi responsive, maka lakukan pengaturan seperti di bawah ini untuk mendukung customasi tersebut, agar blog menjadi support mobile friendly.

Cara Membuat Website Support Mobile Friendly

1. Login ke blog anda, lalu menuju ke dashboard blog tersebut.

2. Temukan dan klik Template lalu lanjutkan mengklik tombol girl, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.

Cara Agar Blog Support Mobile Friendly

3. Sesuaikan pengaturan template blog anda seperti yang diberi panah pada gambar di bawah ini.

Cara Agar Blog Support Mobile Friendly

4. Save template.

Demikian cara membuat agar blog nanti akan support mobile friendly. Setelah melakukan cara ini tidak serta merta akan merubah label di pencarian pada mobile, sebab google harus mengcrawl blog anda terlebih dahulu, semoga membantu.

Advertisement