Membuat Halaman Followers Website di Google Plus Terbaru

How to create Google+ Pages – Tidak hanya facebook, Google Plus juga mempunya layanan untuk membuat halaman website, bisnis, produk dan jasa yang kita dikelola. Jika halaman facebook disebut like box page untuk di like, maka dari Google ini namanya Google+ Pages yakni untuk di plus, yang kurang lebih fungsinya sama, yaitu menjaring  pengunjung website/blog untuk mengikuti halaman dari website/blog tersebut.

Semakin banyak yang mengikuti halaman google plus dari website/blog, kemungkinan besar pengunjung website anda akan meningkat dari hari ke hari, sebab siapa saja yang menekan tombol follow di badge halaman google plus tersebut akan mendapat update artikel blog melalui google plus miliknya.

Baca juga: 3 Widget yang Mengundang Pengunjung ke Blog

Membuat Halaman Followers Website di Google Plus

Lalu bagaimana membedakan akun google plus dan halaman google plus? Perbedaanya pada symbol +1 seperti yang ditunjukkan pada badge di bawah ini, symbol +1 tersebut menunjukkan bahwa itu adalah halaman Google Plus, sementara akun Google Plus tidak terdapat symbol demikian.


Bagi siapa saja yang ingin membuat halaman Google+ untuk website/blognya atau jenis bisnisnya yang lain, silahkan ikuti caranya berikut ini.

Cara Membuat Halaman Google Plus Dengan Mudah

1. Logik ke akun Google Plus (Google+) anda, klik link berikut https://plus.google.com/

2. Klik menu drow down di sebelah kiri, scroll sedikit ke bawah, temukan dan klik menu "Laman" (dalam bahasa inggris Pages), seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Pages Google Plus

3. Maka akan terbuka halaman baru yang sebenarnya berisi daftar halaman yang sudah anda buat, namun jika belum membuat halaman Google+ sama sekali, maka tampilannya akan seperti pada gambar di bawah ini. Klik yang diberi panah pada gambar berikut.

Membaut pages di Google Plus

4. Berikutnya, anda akan disuguhi 3 pilihan untuk jenis bisnis terhadap halaman yang akan anda buat. Jika anda ingin membuat halaman website/blog anda, klik “Merek” yang diberi panah pada gambar berikut.

Membaut pages di Google Plus

5. Pada halaman berikut anda akan diminta mengisi informasi tentang halaman yang akan dibuat, yaitu nama halaman, url website/blog dan tipe atau kategori website/blog anda, contohnya seperti pada gambar di bawah ini.

Membaut pages di Google Plus

Klik "Buat laman" maka akan muncul lagi pop-up baru yang meminta anda untuk mengkonfirmasi pembuatan halaman Google+, dengan cara mengklik “Konfirmasi Pilihan”.

6. Lewatkan saja tur yang tampil sebagai tanda pembuatan halaman Google Plus selesai. Sampai tahap ini sebenarnya halamanan Google+ anda sudah selesai, jika sudah seperti pada gambar di bawah ini (contoh).

Membaut pages di Google Plus

Selanjutnya lengkapi data-data tentang halaman Google+ anda tersebut, lalu lanjutkan untuk menautkan halaman Google+ tersebut dengan website/situs anda, dengan cara seperti berikut ini.

7. Menautkan website/blog dengan halaman Google Plus yang baru saja dibuat, dengan cara scroll sedikit ke bawah lalu klik “Tautkan ke situs”. Tunggu beberapa saat sampai muncul centang seperti pada gambar di bawah ini.

menautkan website dan halaman Google+

8. Langkah selanjutnya adalah memasang badge halaman Google Plus ke website/blog anda, yaitu silahkan buka link https://developers.google.com/+/web/badge/. Pilih tampilan kesukaan anda, yakni portrate atau ladscape, ambil scriptnya (di kolom) lalu letakkan sebagai widget di sidebar website/blog anda, semoga mendapat banyak followers.

Baca juga: 5 Produk Google Tools Pendukung Blogger

Lanjutkan dengan membaca tutorial tentang Cara Membuat URL Khusus Untuk Halaman Google Plus.

Demikian cara membaut halaman website di Google Plus. Caranya cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Advertisement