Mengatasi Tidak Sengaja Mengklik Iklan Sendiri Google adSense

Tips Adsense selanjutnya adalah solusi tentang cara mengatasi masalah yang tidak sengaja klik iklan sendiri pada Google Adsense di blog atau website kita, yang biasa juga disebut dengan istilah froud click dan invalid clicks. Seperti yang kita tahu dalam peraturan Google Adsense bahwa tindakan mengklik iklan sendiri sungguh sangat tidak debanarkan apapun alasan dan motifnya. Bahkan pihak Google Adsense akan memberikan sanksi keras terhadap tindakan yang tidak terpuji ini, yaitu akun terkait akan dibanned dan lebih parahnya website atau blog tersebut akan di black list menayangkan iklan Google Adsense, sungguh sangat disayangkan bukan?

Artikel sebelumnya: Cara Mengetahui Penghasilan Adsense Tanpa Login ke Akun

Tindakan klik iklan Google Adsense sendiri adalah sesuatu yang illegal dan sangat tidak dibenarkan, yang dapat mengakibatkan klik iklan tidak valid. Untuk itu sikap kehati-hatian perlu ditanamkan ke blogger yang menayangkan iklan Google Adsense pada blognya. Jika tidak, sikap kecerobohan ini akan terus terjadi berulang-ulang kali.

Mengatasi Tidak Sengaja Mengklik Iklan Sendiri Google adSense

Meski demikian tidak serta merta karena melakukan tindakan ini telah menjadi malapetaka yang maha dahsyat untuk akun Google Adsense anda. Jika memang benar-benar tidak sengaja melakukan tindakan ini, maka hal pertama yang perlu anda lakukan adalah agar tidak panik apalagi menangis, sebab pihak Google Adsense sendiri menyediakan solusinya.

Solusi Masalah Tidak Sengaja Klik Iklan Sendiri pada Google Adsense

Jika anda tidak sengaja melakukan klik iklan sendiri di blog anda, sebaiknya segera melakukan klarifikasi terhadapa aktifitas tersebut, untuk menanggulangi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari, berikut langkah-langkahnya:

Buka link pengajuan Google Adsense https://support.google.com/adsense/contact/invalid_clicks_contact

Akan ditampilkan kolom-kolom isian yang perlu diisi untuk verfikasi masalah anda, perhatikan gambar di bawah ini.

Mengatasi Tidak Sengaja Mengklik Iklan Sendiri Google adSense

Berikut keterangan gambar di atas:
1. Nama; Diisi dengan nama akun Google Adsense anda.

2. Alamat Email; Diisi dengan email akun Adsense Anda.

3. ID Penayang; Dapat diliaht pada dashboar blog dengan cara klik Penghasilan > adSense > lalu temukan tombol yang bertuliskan ID Akun, kopi ID tersebut.

4. URL lokasi tampilan kode iklan; Yaitu url postingan yang tidak sengaja melakukan klik iklan sendiri.

5. Topik; Pilih topik Melaporkan aktifitas yang tidak biasa pada akun saya.

6. Tanggal dan waktu aktifitas klik; Masukkan tanggal, bulan dan tahun kejadian.

7. Paragraf penjelasan aktifitas klik tidak sah; Jelaskan dengan gamblang penyebab terjadinya klik iklan sendiri pada akun Google Adsense anda.

8. Informasi penting tambahan lainnya; Misalnya laporan lalu lintas situs, IP address dan lain sebagainya, laman ini boleh dikosongkan.

9. Akhiri rangkaian klarifikasi dengan mengklik tombol ‘Kirim’.

Setelah itu anda tinggal menunggu pengajuan laporan anda diverifikasi oleh tim Google Adsense. Jika berhasil ditanggapi, maka kemungkinan saldo Adsene anda akan dikurangi sesuai nilai klik dari iklan tersebut.

Sekali lagi berhati-hatilah dengan kejadian mengklik iklan yang tidak sah ini. Sebaiknya anda memasang atau menginstal ekstensi/addons AdBlockPlush di browser Google Chrome atau Mozilla Firefox anda. Plugin tersebut berguna untuk memblock iklan-iklan yang muncul disetiap blog yang akan anda kunjungi termasuk blog anda sendiri, sehingga meminimalisir kejadian klik iklan sendiri tidak sengaja di akun Google Adsense anda.

Demikina artikel tentang cara Mengatasi Tidak Sengaja Mengklik Iklan Sendiri pada Google Adsense, salam sukses.

Advertisement