Solusi Mengatasi Konten Tidak Memadai Google Adsense

Salah satu bentuk penolakan Google Adsense yang sering dialami oleh calon publisher adalah konten situs yang tidak memadai. Kita tahu bahwa setiap pemberitahuan terkait permohonan ke Google Adsense dikirim langsung ke email yang digunakan saat mendaftar. Kadang pemberitahuan terkait penolakan ini cukup membingungkan bahkan boleh dibilang berbanding terbalik dengan apa yang telah kita upayakan pada blog atau website. Salah satu email penolakan adalah berisi ‘Konten tidak memadai’ dan tidak dijelaskan secara gamblang konten apa saja itu, kurangnya apa, dan bagaimana cara memberbaikinya.

Baca juga: Penyebab dan Solusi Penolakan Situs Tidak Sesuai Kebijakan Adsense

Untuk itu kita perlu memahami pesan yang belum begitu terang yang dikirim lewat email tersebut, dengan cara memperhatikan kembali seluruh seluk-beluk yang berkaitan dengan blog anda. Sebab, tidak menutup kemungkinan bukan hanya konten saja yang menjadi masalah, bisa jadi hal-hal lain dalam website atau blog tersebut menjadi pendukung tidak diterimanya situs untuk menampilkan iklan Google Adsense.

Solusi Mengatasi Konten Tidak Memadai Google Adsense

Solusi Penyebab Ditolaknya Pengajuan Google Adsense Karena Konten Tidak Memadai

Seperti yang saya singgung di atas bahwa salah satu penyebab tidak diterimanya pengajuan menjadi publisher Google Adsense karena konten tidak memadai. Padahal jika dipikir-pikir konten blog sudah begitu banyak dan blog atau website anda sudah cukup lama online, berikut solusinya.

1. Jumlah artikel yang sedikit dan jumlah kata artikel yang minim

Salah satu penyebab ditolak oleh Google Adsense dengan alasan konten tidak memadai karena jumlah artikel dalam blog anda yang masih sedikit serta kata-kata dalam setiap artikel tersebut masih sangat minim sehingga belum memenuhi ekspektasi Google Adsense.

Solusinya, jika anda berniat untuk memonetisasi blog dengan Google Adsense, hendaknya dari awal menulis artikel di blog tulislah sampai 950-1500 kata setiap artikelnya, juga sekurang-kuranya blog sudah terisi 30 artikel dengan konten yang original hasil racikan anda sendiri.

2. Lebih banyak gambar atau video dibanding kata dalam artikel blog

Penyebab selanjutnya adalah setiap atau lebih banyak artikel blog yang didominasi oleh gambar dan video. Sebetulnya hal ini tidak dilarang, namun jangan sampai berlebihan, apalagi jika ternyata jumlah kata dalam artikel tersebut sangat sedikit dan tidak sebanding dengan gambar atau video yang ada. Google menganggap artikel seperti ini belum mampu menjelaskan apapun dari isi artikel yang disajikan.

Oleh sebab itu, solusinya adalah silahkan tetap memasukan gambar atau video seoptimal mungkin dan dibarengi dengan jumlah kata yang memadai untuk setiap postingan blog, agar setiap postingan lebih padat isi.

3. Penggunaan tag heading di postingan

Alasan berikutnya yang membuat permohonan Google Adsense di tolak akibat konten tidak memadai karena tidak menggunakan tag heading format H1, H2, atau H3 (heading, sub heading, atau minor heading) di setiap postingan dalam blog anda. Tag heading ini bertujuan untuk menekankan poin-poin penting dalam setiap postingan.

Sebagai solusinya, gunakanlah tag heading semaksimal mungkin, agar pengunjung dapat dengan mudah menavigasi poin-poin penting dalam setiap postingan yang disajikan.

4. Kejelasan menu navigasi dan widget blog

Penggunaan menu navigasi dan widget blog ini bertujuan untuk mempemudah pengunjung menjelajahi blog ketika di dalamnya, segingga blog tersebut terlihat user friendly. Kejelasan penggunaan menu navigasi harus diperhatikan serta penggunaan widget yang memadai.

Caranya adalah gunakanlah menu dengan memanfaatkan label yang menjadi bagian konten dalam blog anda. Jangan menggunakan menu navigasi (label) yang tidak terdapat di blog tersebut, serta gunakanlah widget bawaan blogger seperti widget popular post tanpa menggunakan thumbnail, widget archive, dan lengkapi dengan kolom pencarian agar pengunjung lebih mudah lagi mencari artikel yang dibutuhkannya di blog tersebut.

5. Blog masih baru dan belum terindeks mesin pencari Google

Kemungkinan penolakan yang terakhir dengan alasan konten tidak memadai karena blog masih sangat muda dan belum terindeksi oleh Google search engine. Dalam TOS pun disebutkan bahwa Google Adsense tidak akan menerima blog atau website yang masih dalam tahap pengembangan dan renovasi, meskipun ini juga bukan satu alasan yang pasti.

Solusinya adalah gunakan template blog yang benar-benar sudah dioptimalkan tampilannya (bukan versi beta), tidak berantakan dan mudah dinavigasi oleh pengguna atau pengunjung. Serta pastikan blog sudah cukup umur, maksudnya bukan hanya lamanya online saja, namun sajian konten juga benar-benar istimewa, memuat hal-hal baru yang lagi populer, hal ini akan mendorong blog serta artikel yang di dalamnya dapat cepat terindeks mensin pencari Google.

Baca juga: Cara Submit Seluruh URL Blog ke Google Webmaster Tools Terbaru

Demikian artikel tentang Solusi Mengatasi Penolakan Google Adsense karena Konten Tidak Memadai. Semoga penjelasan sederhana ini bisa membantu kesulitan anda.

Advertisement