Penyebab dan Solusi Penolakan Situs Tidak Sesuai Kebijakan Adsense

Postingan kali ini akan membahas tentang solusi pendaftaran Google Adsense yang hanya mendapat balasan ‘situs tidak sesuai dengan kebijakan Google Adsense’. Kita tahu bersama bahwa Adsense merupakan situs periklanan yang paling banyak diminati dan telah terbukti membayar publishernya dengan baik. Tampilan iklannya yang menarik, nilai CTRnya yang tinggi serta bentuk iklannya yang beragam, membuat seluruh punggawa blogger berlomba-lomba mengambil bagian ikut serta dalam Google Adsense, baik sebagai publisher maupun sebagai advertiser.

Namun ternyata untuk menjadi publisher Google Adsense tidak segampang yang dibayangkan, meskipun oleh sebagian orang ada juga yang tidak mengalami kesulitan yang berarti saat mendaftar Google Adsense. Rata-rata pendaftar di situs periklanan yang dimotori langsung oleh Google ini cukup mengalami kesulitan, berupa penolakan berkali-kali dengan balasan email yang macam-macam pula, salah satunya adalah situs tidak sesuai dengan kebijakan Google Adsense.

Baca juga: Cara Agar Sukses Daftar Google Adsense Non Hosted Full Approve

Sebetulnya jika kita membaca dengan seksama TOS Google Adsense, maka kita akan mendapati hal-hal apa saja yang harus diterapkan pada blog sebelum mendaftar Adsense, sehingga penolakan dalam format apapun kita bisa ketahui penyebabnya dan kita pun dapat memaklumi penolakan tersebut. Namun akan berbeda ceritanya jika telah mendaftar berulang-ulang kali tetap saja bentuk email balasan berisi hal (penolakan) yang sama seperti sebelumnya, tentu saja hal tersebut membuat patah hati dan tidak semangat lagi untuk mendaftar kembali.

Solusi Penolakan Situs Tidak Sesuai Kebijakan Adsense

Nah, dalam kesempatan kali ini ada beberapa tips atau solusi untuk menanggulangi penolakan dari balasan email ‘situs yang tidak memenuhi kebijakan adsense’. Namun sebelum ke solusinya, alangkah baiknya kita ketahui dulu apa penyembab akibat balasana email seperti itu.

Penyebab Penolakan Google Adsense

Bisa saja konten artikel dalam website atau blog anda mengandung kata-kata dan yang tidak lazim menurut kebijakan Google Adsense, artikel yang dipublish adalah hasil dari kopi-paste, situs terdeteksi pernah melakukan span berlebihan tanpa ampunan lagi, yang lebih parahnya jika ada artikel kopi-paste dari blogger lain dilaporkan ke DMCA oleh blogger yang diambil artikelnya tersebut. Ada lagi satu hal yang kecil yang menyebabkan penolakan Google Adsense, yaitu server domain/hosting yang kurang kuat, yang mengakibatkan website terkait susah dimuat dan sering time out.

Kemungkinan lainnya karena website mengambil gambar dari internet yang berhak cipta, tidak mengedit gambar tersebut bahkan tidak mengubah namanya.

Solusi Untuk Penolakan Google Adsense

Buatlah artikel yang benar-benar original hasil kreasi diri sendiri, menggunakan kata-kata yang baik, struktur kalimat dan formulasi ejaan yang baik pula. Diupayakan untuk tidak melakukan spam yang berlebihan pada saat blogwalking, hal ini hanya akan mempersulit jalan untuk mendaftar Google Adsense.

Untuk masalah hosting/domain yang servernya kurang kuat sehingga sering mengalami disconeted, baca solusinya pada artikel Cara Mengatasi Domain Blog/Website yang Sering Disconect atau Error.

Jika suka mengambil gambar dari internet untuk menambah khasanah keindahan blog, hendaklah menghindari gambar yang berhak cipta, gambar-gambar yang berhak cipta ini biasanya diberi watermark bertuliskan website atau nama dari pembuat gambar tersebut. Jika tidak mampu membuat gambar sendiri, hendaknya mengcrop atau mengedit gambar terlebih dahulu, mengubah ukuran, warna atau menambah tulisan dari gambar tersebut dan jangan lupa untuk merubah nama dari gambar tadi dengan nama yang berbeda dari aslinya, jika anda mengambil gambar dari internet.

Advertisement