Inilah Kelebihan Komentar Disqus yang Perlu Anda Ketahui

Tips blogging kali ini saya mencoba membandingkan keunggulan komentar disqus dengan komentar blogger, wordpress dan platform penyedia komentar pihak ketiga lainnya. Bukan maksud hati untuk memarginalkan konsep komentar yang dianut oleh komentar default. Sebab, saya tahu diluar sana masih banyak blogger yang menggunakan komentar default blogspot atau wordpress dan enggan menggantinya dengan komentar pihak ketiga, termasuk komentar disqus.

Baca juga: Cara Terbaru Memasang Komentar Disqus di Blogger Valid HTML5

Komentar default blogspot tampilannya memang dapat dimodifikasi sedemikian rupa, bahkan jika kita kreatif mengolahnya, maka tampilannya akan tampak elegan dibanding komentar wordpress, facebook dan lainnya, bahkan komentar disqus.

Inilah Kelebihan Komentar Disqus yang Perlu Anda Ketahui

Namun, disisi lain ternyata disqus memanfaatkan beberapa fitur yang tidak terdapat pada komentar default blogger ataupun worpress. Bisa dibilang beberapa poin dibawah ini adalah fitur yang tidak dimiliki oleh komentar default. Kemungkinan beberapa fitur di bawah ini ada yang belum anda ketahui. Apa saja itu, silahkan lanjutkan bacaan.

Kelebihan Komentar Disqus yang Tidak Dimiliki Komentar Default Blogger dan Wordpress

Dapat mengkaktifkan dan menonaktifkan komentar anonymous

Hal ini sangat berguna bagi anda yang enggan menampilkan potongan ‘avatar’ di komentar blog anda, setidaknya itulah kenyataan yang harus diterima jika mengijinkan ‘orang tidak dikenal’ berkomentar.

Namun, jika anda tipe orang yang sangat amat plural, maka untuk mengijinkan komentar anonymous wajib anda lakukan, dengan cara login ke akun disqus, kemudian klik icon gerigi di pojok kanan atas > Admin > Settings > centang pada bagian Guest Commenting.

Bisa login dengan berbagai akun populer

Keunggulan berikutnya yaitu di komentar disqus dapat dengan mudah login dengan akun populer, seperti akun google, media social dan tentunya dengan akun disqus sendiri.

Mudah mencegah komentar yang disertai link

Kalau di blogger kita harus memasang kode JavaScript atau jQuery untuk memproteksi link yang dititip oleh pengkomentar, lain halnya dengan komentar disqus. Nampaknya disqus mengerti situasi seperti ini, sebab di disqus sendiri anda dapat mengaktifkan fitur untuk memproteksi link yang masuk.

Jika mengaktifkan fitur ini, admin blog sendiri yang dapat mengontrol memberi ijin atau tidak jika ada komentar yang berbau link yang ditinggalkan oleh pengunjung saat berkomentar. Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan cara login ke disqus, klik gerigi > Admin > Settings > centang pada bagian Links in Comments.

Bisa edit komentar pengunjung

Keunggulan selanjutnya yang mungkin tidak dimiliki komentar default blogger atau worpress adalah, kita bisa mengedit komentar pengunjung. Ada saja yang dapat dilakukan blogger saat berkomentar, yaitu memanipulasi link sedemikian rupa sehigga tampak bukan link yang hidup atau komentar yang tidak mengeenakan lainnya, macam kata-kata yang tidak sepantasnya. Jika anda mendapati hal-hal ini, anda dapat mengedit komentar tersebut dan menghilangkan bagian komentar yang tidak diinginkan.

Untuk melakukan cara ini silahkan membaca artikel tentang cara Mengedit Komentar Pengunjung di Disqus.

Ada discovery box

Keunggulan fitur disqus satu ini dapat dipastikan adalah satu-satunya fitur yang hanya dimiliki oleh komentar disqus. Discovery box ini semacam tautan link menuju ke postingan yang baru mendapatkan komentar terbaru. Fitur ini terdapat di bawah komentar-komentar.

Untuk mengaktifkan discovery box silahkan klik icon gerigi > Admin > Settings > centang Discovery.

Disqus situs bookmarking

Disqus juga ternyata dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan backlink, sebab situs disqus secara otomatis menyimpan link postingan blog, yang nantinya hal tersebut berguna untuk pengunjung menemukan situs kita di mesin pencari.

Ranking disqus di mesin pencari sudah tidak dapat diragukan lagi, pasti rankingnya berada di atas rata-rata. Dengan begitu tidak perlu merasa khawatir untuk memanfaatkan disqus sebagai bookmark untuk blog.

Di komentar disqus bisa juga berebut ‘pertamax’ lho

Menjadi pengkomentar ‘pertamax’ di blog terkenal dengan jumlah pengunjung setia yang lumayan banyak adalah hal yang paling didamba-dambakan oleh para blogger, terutama blogger Indonesia. Kelihatannya ada ‘greget’ dan prestasi tersendiri jika berhasil mendahului pengkomentar lainnya.

Jika salah satu alasan anda enggan untuk menggunakan komentar disqus karena akan kehilangan orang-orang yang berkompetisi mendapatkan pertamax ini, maka anda tidak perlu khawatir. Sebab, hal tersebut masih bisa dilakukan pada komentar disqus

Secara default, komentar disqus memang telah disetting untuk menampilkan komentar terbaru berada diposisi paling atas. Namun, anda bisa merubah komentar ‘paling tua’ yang akan tampil paling atas. Dengan cara, klik gerigi > Admin > Settings > cari Default Sort > ganti dengan Oldest first.

Demikian artikel tentang keunggulan komentar disqus daripada komentar default blogspot dan wordpress. Semoga membantu memantapkan anda untuk beralih dari komentar default ke komentar disqus.

Advertisement