Melaporkan dan Menghindari Situs Perujuk Spam di Blog

Tips blogging kali ini adalah cara melaporkan situs atau website dan url spam yang merujuk ke blog kita untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di blog tersebut. Ada beberapa hal yang penting diketahui akan bahayanya situs dan url perujuk spam yang tertuju ke website atau blog ini, diantaranya adalah mengakibatkan penurunan ranking seo blog di mesin pencari dan kemungkinan besar akan kehilangan akun adSense jika di blog tersebut terpasang Google adSense. Tentu kita semua tidak ingin terjadi hal-hal seperti ini melanda blog yang sudah dikelola sedemikian rupa.

Melaporkan dan Menghindari Situs Perujuk Spam di Blog

Sedikit saya jelaskan tentang situs dan url spam yang mengakibatkan kemungkinan-kemungkinan tidak mengenakan seperti yang saya sebutkan di atas, situs dan url spam ialah situs yang tidak berkualitas atau mempunyai ranking yang tidak bagus di serp. Selain itu, situs spam juga berada pada kategoril situs yang tidak jelas, namun entah apa sebabnya tiba-tiba blog anda mendapat rujukan dari situs tersebut. Yang jika diperhatikan, tak ada satupun link/url blog anda terpampang di situs tersebut. Jika dua perntayaan tersebut melekat pada situs perujuk ke blog anda, maka bersiaplah untuk mencegahnya agar tidak lagi menggangu blog anda secara berkelanjutan.

Baca juga: Pengunjung Blog Tiba-tiba Jadi Banyak? Ini Alasannya

Khusus pengguna platform Blogger, untuk mengetahui situs perujuk palsu atau spam dapat dilakukan dengan cara login ke blog, lalu klik Statistik > Sumber lalu lintas. Maka akan tampak dua sub judul penting disana, yakni URL perujuk dan Situs perujuk.

Cara Memblokir atau Melaporkan Situs dan URL Perujuk di Blog

Untuk menangani hal semacam ini kita akan menggunakan salah satu tools dari Google, yaitu Search Console Google Webmaster.

Untuk melihat daftar lengkap (sementara) situs perujuk spam yang berhasil di identifikasi oleh para blogger sedunia dapat dilihat pada url https://github.com/piwik/referrer-spam-blacklist/blob/master/spammers.txt. Copy seluruh link tersebut lalu buat file txt pada computer anda, dan simpan dengan nama apa saja (terserah, nama filenya mau dikasih nama apa).

Jika di blog anda terdapat situs perujuk yang mencurigakan lainnya, maka tambahkan saja pada daftar/file tersebut, lalu tambahkan format domain: di depan situs-situs tersebut, jika itu url, maka awali dengan format url:url spam. Sehinggap hasilnya kurang lebih seperti ini:

Melaporkan dan Menghindari Situs Perujuk Spam di Blog

Jika anda tidak punya waktu untuk mengedit daftar situs sebanyak itu, gunakan hasil editan ini https://drive.google.com/open?id=0B8a75E285BMHSVVqVUpPcF9ER3M.

Buka tool disavow-links pada Search Console Google Webmaster pada link
https://www.google.com/webmasters/tools/disavow-links, kemudian upload file txt yang sudah anda buat tadi. Jangan lupa untuk sentuhan terakhir klik Selesai.


Dengan begitu, langkah untuk mengantisipasi masuknya situs perujuk spam ke blog anda telah teratasi. Namun jangan senang dulu, tetap lakukan pemeriksaan secara berkala guna melihat situs spam baru yang tidak terdapat pada list (yang sudah di upload) tiba-tiba merujuk blog anda lagi.

Artikel lainnya: Trafik Pengunjung Blog Turun Drastis? Ini Penyebab dan Solusinya

Jika kemudian ada lagi situs spam seperti itu, tambahkan saja pada list file yang sudah dibuat dan upload lagi dengan menimpa file yang sudah diupload sebelumnya.

Advertisement