Cara Agar Facebook, Twitter, Instagram dan Path Tidak Bisa di Hack

Tips kali ini tentang cara melindungi agar akun Facebook, Twitter, Instagram dan Path tidak bisa dibobol atau di hack passwordnya. Untuk membuat sebuah akun sosial media memanglah gampang. Kita hanya butuh email lalu mendaftar di akun medsos yang diinginkan. Hal yang sangat mengecewakan adalah ketika akun tersebut sudah banyak follower, banyak teman, banyak foto dan video yang diupload dan lain sebagainya, tiba-tiba sudah tidak dapat diakses lagi alias telah dibobol oleh hacker atau cracker. Bahkan nama akun telah berganti nama, serta foto dan video telah dihapus, raib entah kemana.
Cara Agar Facebook, Twitter, Instagram dan Path Tidak Bisa di Hack
Sebetulnya terjadinya aksi pembobolan akun, baik akun Facebook, Twitter, Instagram dan Path ini tidak lepas dari kesalahan dan kelalaian kita sendiri. Banyak faktor kelalaian yang mengundang orang berkesempatan untuk menghack akun sosialm media kita.

Kuncinya adalah bagaimana cara kita untuk tetap memproteksi password dan alamat email dari semua akun tersebut. Semakin kuat tingkat kesulitan kombinasi password, maka semakin sulit seseorang menyerang akun anda. Begitupun persoalan email, semakin sedikit anda membagi alamat email ke orang lain atau menampakan email kepermukaan, maka semakin kecil pula kemungkinan akun anda terkena pembobolan.

 Untuk itu, beberapa tips berikut ini patut anda perhatikan selama menggunakan akun-akun tersebut, agar semua akun Facebook, Twitter, Instagram dan Path benar-benar aman dari serangan hacker.

Cara Melindungi Akun Facebook, Twitter, Instagram dan Path dari Serangan Hacker

Seperti telah disinggung sebelumnya, di bawah ini menguraikan beberapa tips atau hal-hal agar akun-akun anda aman dari serangan hacker. Dalam hal ini, baik akun Facebook, Twitter, Instagram dan Path akan lebih terproteksi dari sebelumnya.

1. Gunakan kombinasi password yang rumit
Ganti kata sandi (password) dengan kombinasi yang rumit, yaitu gabungan huruf kapita, huruf kecil dan angka, serta karakter-karakter membingungkan. Jangan gunakan kata sandi yang hanya berisi nama dan tanggal lahir saja. Semakin tinggi tingkat kerumitan password akun-akun anda, maka semakin rumit pulan password dari akun-akun tersebut ditebak.

2. Buatlah password email dan setiap akun (Facebook, Twitter, Instagram dan Path) yang berbeda
Jangan pernah member password yang sama ke semua akun anda, baik di Facebook, Twitter, Instagram dan Path. Buatlah password yang kurang lebih sedikit berbeda antara password yang satu dan lainnya. Jika tidak demikian, maka akun-akun anda rentan di hack, apalagi jika si hacker/pembobol sudah mengetahui email anda.

3. Jangan sembarangan share email dan password
Salah satu kelalaian yang sering dilakukan orang yang mengakibatkan akunnya dapat di hack orang lain, karena sering dan sembarangan membagi-bagi email dan password akunnya ke orang lain. Untuk itu, jangan pernah memberikan email dan password akun penting anda ke pihak ataupun orang lain, ataupun memunculkan email di akun-akun social media anda.

4. hati-hati mengisntal aplikasi atau game
Tips berikutnya ialah jangan sembarangan install aplikasi dan game, baik aplikasi android, iOS, komputer dan lin sebagainya. Pastikan aplikasi atau game ini berasal dari developer yang mempunya kredibilitas yang mumpuni, banyak yang review dengan timbal-balik yang baik, serta aplikasi atau gamenya banyak pengguna.

5. Sinkronkan akun Facebook, Twitter, Instagram dan Path dengan nomor ponsel
Beberapa sosial media menggunakan tools ini, conothnya Twitter, bebreapa pula yang tidak. Jika dalam sosial media tersebut terdapat pengamanan sinkronisasi nomor ponsel, maka aktifkan pengamanan tersebut, agar akun anda makin kuat dari serangan hacker.

6. Perhatikan keylogger saat online di komputer, laptop, tab, smartphone atau ponsel orang lain
Terutama bagi anda yang senang online di warnet, pastikan di komputer warnet tersebut tidak terinstal keylogger. Kelogger ini tujuannya untuk mencuri password anda melalui aktifitas anda di keyboard komputer tersebut. Cara menghindarinya ialah, lihat di komputer tersebut terisntal Deep Freeze dan diaktifkan, jika tidak, mintalah dipindahkan ke komputer lain.

Kemudian jika telah selesai berinternet di warnet, wajib untuk logout dulu semua akun yang sempat anda buka.

7. Gunakan email Gmail (akun Google) dan aktifkan verifikasi 2 langkah
Dengan memiliki satu akun Google, anda akan menikmati seluruh produk dan tools Google. Gmail adalah pintu anda untuk menikmati seluruh tools tersebut. Bahkan akun Google ini memiliki keunggulan dari layanan email lainnya, diantaranya akun anda Gmail anda tidak akan mati (di delete) meski tidak dibuka dalam waktu yang lama, berbeda dengan akun lainnya, terutama Yahoo, yang dalam batas waktu tertentu jika akun tidak dibuka maka akan di suspend atau akun email dihapus.

Terkait: Cara Daftar/Membuat Akun Email GMAIL Lengkap dengan Gambar

Setelah anda membuat akun Gmail (Google), aktifkan verifikasi 2 langkah dari akun tersebut. Dengan verifikasi dua langkah ini, setiap kali anda login di komputer, laptop, tab, smartphone, dan handphone, anda akan diminta memasukan kode verifikasi yang akan dikirim secara otomatis ke nomor ponsel anda.

Tutorial cara verifikas 2 langkah akun Gmail telah saya tulis pada artikel sebelumnya. Silahkan lanjutkan membaca tutorialnya pada Cara Paling Ampuh Mencegah Akun Email Gmail Dari Hacker.

Demikian artikel tentang cara agar akun Facebook, Twitter, Instagram dan Path anda aman dari serangan hacker atau pembobol. Mudah-mudahan bermanfaat, selamat mencoba.

Advertisement