Cara Membuat Akun Email Baru di Gmail dan Yahoo Terbaru

Tutorial internet kali ini ialah tentang bagaimana cara membuka akun alamat email baru di Google Mail atau Gmail.com dan Yahoo Mail atau Ymail.com hanya dalam waktu 4 menit saja. Email ini sangat berguna bagi anda yang sering melakukan kegiatan internet, misalnya untuk membuat akun Facebook, Twitter, Path, Isntagram, Youtube, membuat blog dan lain sebagainya.

Cara Membuat Akun Email Baru di Gmail dan Yahoo Terbaru

Lalu, apa itu email? Email atau e-mail merupakan singkatan dari Electronic Mail artinya surat elektronik, yang oleh orang Indonesia sering kali disingkat menjadi surel. Namanya produk elektronik maka kita hanya bisa membuka atau membacanya melalui perangkat komputer, laptop, tab, smartphone, handphone atau blackberry, tentu dengan bantuan jaringan internet.

Membuat akun email sendiri dapat dimiliki dengan dua macam, yaitu secara gratis dan berbayar (premium). Beberapa penyedia layanan email gratis yang sudah terkenal antara lain Gmali.com, Ymail.com, Mail.com dan lain sebagainya, sedangkan penyedia layanan email berbayar diantaranya ialah Rockmail.in. Untuk penggunaan email premium biasanya diintegrasikan dengan nama domain/web dari suatu perusahaan, kelompok tertentu, maupun secara personal. Sehingga nama domainnya akan menjadi seperti [email protected], cukup keren bukan?

Nah, pada artikel kali ini terdapat dua tutorial tentang cara membuat akun email baru, yaitu tentang cara membuat akun email di Gmail dan Ymail, anda mau mecoba email yang mana? Silahkan ikuti tutorialnya berikut ini.

A. Cara Daftar Akun Email Baru di Google Mail/Gmail.com

1. Langkah pertama ialah buka link Gmail.com
2. Setelah itu klik tombol ‘Create an Account’ atau ‘Buat Akun’
3. Maka akan terbuka kolom-kolom isian untuk data pribadi/perusahaan anda, seperti pada gambar berikut.
Cara Membuat Akun Email Baru di Google Mail/Gmail.com

Pastikan anda memasukkan nomor ponsel yang aktif untuk mengkonfirmasi dan membuat akun Gmail anda lebih aman. Biasanya nomor ponsel ini akan berguna bagi anda yang hendak mengupgrade keamanan akun.

4. Setelah mencentang tombol persetujuan atas segala persyaratan layanan dan kebijakan privacy, tekan tombol Langkah Berikutnya. Maka akan muncul tampilan seperti ini.
Cara Membuat Akun Email Baru di Google Mail/Gmail.com

5. Untuk mulai menggunakan email yang baru saja anda buat, tekan atau klik pada tombol Lanjutkan ke Gmail.
6. Selamat, anda baru saja membuat akun email baru di Gmail.

B. Cara Daftar Akun Email Baru di Yahoo Mail/Ymail.com

1. Kunjungi link Yahoo Mail di Ymail.com
2. Klik ‘Sign up for a new account’ atau ‘Daftar untuk akun baru’ di bagian bawah-kanan kolom putih.
Cara Membuat Akun Email Baru di Yahoo Mail/Ymail.com

Jika anda ingin menggunakan nama email dengan domain .co.id contoh [email protected], maka anda perlu mengubah bahasa situs Yahoo/Ymail ke bahasa Indonesia.

3. Isilah kolom-kolom yang diberikan dengan data diri anda, jangan lupa untuk mengubah bahasanya terlebih dahulu ke bahasa Indonesia. Jika sudah beres, tekan atau klik tombol ‘Buat akun'.
Cara Membuat Akun Email Baru di Yahoo Mail/Ymail.com

4. Setelah itu, anda akan diminta memverifikasi akun dengan melakukan permitaan kode verifikasi ke nomor ponsel yang anda masukan pada kolom registrasi tadi. Untuk permintaan kode, klik tombol ‘Kirim kode’. Lalu tunggu pesan masuk (SMS) di ponsel anda yang berisi kurang lebih 4 digit angka yang harus dimasukkan pada kolom verifikasi.
Cara Membuat Akun Email Baru di Yahoo Mail/Ymail.com

5. Kemudian akan terbuka tampilan baru lagi, klik ‘Persiapan awal’.
Cara Membuat Akun Email Baru di Yahoo Mail/Ymail.com
Anda akan dibawa ke halaman depan (beranda) situs yahoo, temukan dan klik menu ‘Mail’ untuk menggunakan akun email Ymail yang baru saja anda buat.

6. Ikuti beberapa tur yang diberikan, atau jika anda buru-buru di skip saja.
7. Selamat, akun Ymail baru anda sudah siap digunakan.

Demikian informasi tentang cara membuat akun email baru di Gmail dan Ymail. Mudah-mudahan langkah-langkah yang diberikan di atas cukup jelas dan bisa anda ikuti denga baik. Senang bisa membantu, selamat mencoba.

Advertisement