Cara Mencegah Pengalihan/Redirect Dari blogspot.com ke blogspot.co.id

Pekan ini jagat raya per-blogger-an dihebohkan dengan fenomenal aneh pada induk domain blogger. Yaitu pada blog yang masih mempertahankan khasana (dot)blogspot.com. Tiba-tiba saja nama domain yang tadinya beralamat di namadomain.blogspot.com dialihkan menjadi namadomain.blogspot.co.id.

Bukan hanya untuk blogger yang berasal dari Indonesia, blogger luar negeri yang berbahasa Inggris dan bahasa antah berantah pun semuanya dialihkan/redirect dari blogspot.com menjadi blogspot.co.id.

Cara Mencegah Pengalihan/Redirect Dari blogspot.com ke blogspot.co.id

Tentu saja redirect seperti ini tidak sehat untuk kelangsungan blog, terutama bagi mereka yang enggan beralih ke top level domain (TLD), yaitu akan membengkaknya ranking di alexa bahkan kemungkinan besar di mesin-mesin pencari.

Kemungkinan-kemungkinan terburuk yang saya tuliskan di atas adalah hanya sebatas hipotesa saja, kecuali dibagian membengkaknya ranking alexa, karena itu nyata terlihat perbedaan dan buktinya.

Beberapa pihak mengaggap hal ini adalah biasa saja. Pihak ini beranggapan bahwa inilah kebijakan Google yang harus diterima atau bisa dibilang inilah resiko bagi orang-orang yang enggan beralih ke TLD, dan mereka juga mengaggap bahwa ini tidak begitu berpengaruh terhadap SEO.

Baca juga: Melaporkan dan Menghindari Situs Perujuk Spam di Blog

Apapun alasannya dan atas dasar apapun orang berpendapat, tentu saja hal-hal semacam ini akan mengundang berbagai macam kontroversi, kita lihat bersama bagaimana efek dari redirect blogspot ini.

Bagi yang ingin mempertahankan namadomain.blogspot.com dan tidak ingin di alihkan ke namadomain.blogspot.co.id atau (bisa saja) ke bentuk domain lain macam punya Malaysia, India, Singapura dan lain sebagainya, ikuti tutorialnya berikut ini.

Cara Mencegah Pengalihan/Redirect Dari blogspot.com ke blogspot.co.id Atau yang Lainnya

Untuk menghindari redirect ini anda harus menambahkan kode JavaScript pada template, dengan cara.
1. Login ke blogger, menuju ke Edit Template, lalu letakkan kode di bawah ini tepat di bawah kode <head> atau di atas kode </head>
<script type="text/javascript">
var blog = document.location.hostname;var slug = document.location.pathname;var ctld = blog.substr(blog.lastIndexOf("."));if (ctld != ".com") {var ncr = "http://" + blog.substr(0, blog.indexOf("."));ncr += ".blogspot.com/ncr" + slug;window.location.replace(ncr);}
</script>

Bisa juga menggunakan kode ini:
<script type='text/javascript'>
var str=window.location.href.toString();if("-1"==str.indexOf(".com/")){var str1=str.substring(str.lastIndexOf(".blogspot."));if("-1"==str1.indexOf("/"))var str2=str1;else var str2=str1.substring(0,str1.indexOf("/")+1);window.location.href=window.location.href.toString().replace(str2,".blogspot.com/ncr/")}
</script>

2. Simpan template.

Dengan begitu, kini namadomain.blogspot.com anda tidak akan dialihkan ke subdomain lainnya.

Perhatian:
Pemasangan javaScript redirect semacam ini bisa saja menyalahi kebijakan/aturan Google, sebab akan dianggap tidak patut terhadap peraturan yang dibuatnya. Terutama bagi publisher Google Adsense, sangat tidak disarankan untuk menggunakan anti redirect semacam ini. Karena telah menyalahi kebijakan Google, kemungkinan anda akan kehilangan akun Google Adsense.

Demikian informasi tentang cara mencegah pengalihan otomatis dari .blogspot.com menjadi .blogspot.co.id, pengaruhnya terhadap blog dan cara mengatasinya. Semoga membantu.
[Diolah dari berbagai sumber]

Advertisement