Cara Paling Ampuh Mencegah Akun Gmail dari Hacker

Anda merasa akun Gmail anda begitu penting terhadap aktifitas dan bisnis anda? Lebih-lebih bagi anda yang menjalankan bisnis online yang mengandalkan verifikasi dan pemberitahuan email setiap kali bertransaksi. Tentu anda tidak mengiginkan akun tersebut terkena bobol oleh ulah jahil hacker atau cracker dan apapun istilah lainnya.

Apalagi jika akun tersebut selain sebagai kunci informasi transaksi bisnis anda, juga terdapat akun-akun penting lainnya, macam akun blog, file hosting, untuk domain blog, akun social media tempat bereksis ria dan lain sebagainya. Maka anda perlu meningkatkan pengamanan dari akun Gmail tersebut. Tujuannya untuk memperkecil kemungkinan terjadinya pembobolan oleh hacker ini.
Cara Paling Ampuh Mencegah Akun Gmail dari Hacker
Sebetulnya untuk lebih mengamankan akun Gmail ini cukup dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah pada akun tersebut, nanti akan dijelaskan di bawah ini.

Hanya saja beberapa faktor kelalaian berikut ini yang mengakibatkan akun rentan dibobol (berlaku untuk semua jenis akun). Untuk itu, sebelum ke cara mengaktifkan verifikasi dua langkah, alangkah baiknya anda perlu menghindari faktor-faktor berikut ini guna mencegah terjadinya pembobolan akun Gmail dan semua akun yang terintergrasi dengan akun Gmail anda.

Faktor-faktor Akun Rentan di Bobol oleh Hacker

1. Menggunakan satu password pada banyak akun
Inilah kelalaian yang sering dilakukan oleh banyak orang. Tidak mau ambil pusing dan asal menuangkan password yang sama ke segala akunnya. Jelas hal ini sangat rentan pembobolan.

 Perlu kita tahu bersama, bahwa teknologi kian hari makin mantap canggihnya, banyak hacker yang sudah menggunakan semacam perangkat aplikasi untuk mendeteksi password dari akun seseorang. Untuk itu, jangan pernah menggunakan password yang sama ke semua akun anda.

2. Menggunakan password tanggal lahir dan password mudah lainnya
Hal yang menjadi kebiasaan unik namun membahayakan akun anda lainnya adalah asal-asalan membuat password. Yang penting mudah diingat, tanggal lahir, qwerty, 12345, 1234567890, dibuat password, pas tiba di bobol, merengek-rengek dan nangis darah. Salah siapa? Yang pasti bukan salah bunda mengandung.

Buatlah password yang keren dan kuat, kombinasikan angka, huruf capital, huruf kecil, bahkan kalau perlu pajangkan sedikit jumlah paswordnya. Apakah dengan mengubah password sedemikian rupa akun sudah aman? Jawabanya tidak, tidak ada yang bisa dijamin sepenuhnya 100%, apalagi ini dunia digital. Kemungkinan persetase yang patut diberikan adalah 99% dalam hal ini telah diverifikasi 2 langkah, sebab 1% itu adalah hal yang tak terduga, termasuk kelalaian kita.

3. Sembarangan install aplikasi android
Anda seorang gamers dan penikmat aplikasi-aplikasi android atau aplikasi dan game dari platform lainnya? Anda perlu sedikit waspada, sebab tidak semua aplikasi yang ada pure dan iklas membaginya secara cuma-cuma. Bagaimana bisa terjadi pembobolan dalam hal ini? Bukankah pada saat menginstal aplikasi atau game tersebut meminta izin kepada anda untuk melihat dan sedikit meraba-raba akun Gmail anda?

Oleh sebab itu, sebelum menginstal aplikasi atau game, pastikan si developernya tidak terhina, ratingnya bagus, reviewnya ok ok dan banyak, pengguna aplikasi atau gamenya lebih dari cukup, dan paling penting aplikasinya berguna untuk aktifitas anda, bukan hanya jadi pajangan dan icon frame di layar smartphone.

4. Online di warnet, bukan akun di warnet, tidak logout akun, billing langsung di tutup, lalu pulang
Jangan pernah lakukan hal ini jika ingin akun anda benar-benar aman dari segala mara bahaya. Saya pribadi pernah kehilangan akun twitter berfollower 70 karena menggunakan teknik aktifitas online di warnet semacam ini. Padahal di pc itu terpasang software berkepala beruang putih yang sering orang bilang deep freeze (itu beruang putih atau gajah, entahlah).

Kalau perlu, setelah anda berpuas-puas online di warnet, bersihkan cache browser terlebih dahulu sebelum menutup billing.

5. Dan hal tak terduga lainnya… (ada yang bisa menambahkan?)

Demikian beberapa faktor yang perlu anda perhatikan demi keamanan akun anda, baik akun Gmail dan akun yang terintegrasi dengannya. Berikut ini cara mengaktifkan verifikasi dua langkah di akun Gmail anda, seperti yang saya janjikan tadi.

Mencegah Akun Gmail Dihack dengan Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah

1. Langkah awal login ke akun Gmail anda
2. Temukan dan klik pada bidang alamat email yang terletak di bagian atas-kanan browser. Kemudian klik lagi “Akun Saya”.
Cara Paling Ampuh Mencegah Akun Gmail dari Hacker

3. Akan terbuka tampilan seperti pada gambar berikut. Klik pada bagian “Masuk & Keamanan”.
Cara Paling Ampuh Mencegah Akun Gmail dari Hacker

4. Setelah itu akan ada tampilan baru lagi, klik “Mulai Penyiapan” pada tampilan tersebut.
Cara Paling Ampuh Mencegah Akun Gmail dari Hacker

5. Langkah selanjutnya adalah cara melakukan rangkaian proses verifikasi. Dimulai dari menentukan atau memastikan nomor ponsel yang akan dikirimi kode, menerima kode (melalui SMS atau panggilan suara), memasukkan kode verifikasi, hingga mengkonfirmasi pengaktifan verifikasi 2 langkah.
Cara Paling Ampuh Mencegah Akun Gmail dari Hacker

6. Proses pengaktifan verifikasi 2 langkah berhasil ketika ditandai dengan pemberitahuan seperti pada gambar berikut.
Cara Paling Ampuh Mencegah Akun Gmail dari Hacker

Dengan aktifnya verifikasi dua langkah ini, setiap kali anda login ke akun Gmail tersebut, akan diminta memasukan kode verifikasi yang terkirim otomatis ke nomor ponsel anda. Saat mengganti password pun akan diminta mengkonfirmasinya terlebih dahulu.

Selain itu, anda juga dapat menambahkan nomor ponsel cadangan. Jika ini penting buat anda, silahkan tambahkan nomor ponsel yang setiap saat dekat dengan anda.

Demikian informasi tentang cara terbaik mencegah akun gmail dibobol oleh hacker. Mudah-mudahan kita semua terhindar dari hal-hal ini, selamat mencoba dan salam sukses.

Advertisement