Cara Perbaiki Kartu Memori Rusak atau Tidak Terbaca di Android

Tips android kali ini ialah cara memperbaiki memory card yang rusak atau tidak bisa terbaca di tab, smartphone, handphone android dan blackberry ataupun jenis platform lainnya. Memorocy card (kartu memori) atau yang juga disebut memori eksternal merupakan perangkat yang selalu dibutuhkan untuk pengguna smartohpne, apapun jenis devicenya. Tidak sedikit pengguna smartphone yang telah memiliki gadget dengan kapasitas memori internal yang besar, tetap saja memori eksternal ini dibutuhkan untuk menyimpan data-datanya dengan alasan keamanan dan lain sebagainya.
Cara Perbaiki Kartu Memori Rusak atau Tidak Terbaca di Android
Lantas dengan menggunakan memory card eksternal data-data di smartphone android benar-benar aman? Sayangnya tidak demikian atau tidak benar-benar aman 100%. Beberapa SD Card setelah lama digunakan, tiba-tiba tidak bisa terbaca, yang kita anggap jika hal itu terjadi, berarti kartu memori tersebut sudah rusak dan sudah tak dapat digunakan lagi.

Baca juga: Aplikasi Perekam Layar Android Menjadi Video Tanpa Root

Perlu kita ketahui, bahwa tidak semua kartu memori yang sudah tak terbaca di smartphone android atau di ponsel lainnya sudah tidak bisa digunakan lagi alias rusak. Beberapa memory card hanya membutuhkan beberapa sentuhan atau settingan maka akan berguna kembali sebagaimana mestinya.

Beberapa tips di bawah ini dapat anda lakukan untuk memperbaiki SD card yang data-datanya sudah tak terbaca lagi di smartphone. Mudah-mudahan salah satu dari beberapa cara yang dibagikan di bawah ini dapat memperbaiki masalah memory card anda.

Cara Memperbaiki Memory Card yang Rusak atau Tidak Terbaca di Handphone/Smartphone

Diantara aktifitas yang mengakibatkan kartu memori rusak atau tidak bisa menampilkan isi yang berada di kartu memori tersebut adalah kartu memori yang sering dipindah-pindah dari satu HP ke HP yang lainnya. Hal ini biasanya memicu rusaknya permukaan lempengan kuning (garis-garis kuning) pada kartu memori tersebut, sehingga HP tidak dapat lagi membaca keberadaan kartu memori ini, dalam hal ini untuk menampilkan file yang terisi di dalamnya.

Hanya saja jika kerusakan kartu memor ini sudah terpotong, terlipat, dan atau terkena cairan keras, maka hal ini mustahil untuk diperbaiki. Namun, jika hanya file atau data digital di dalamnya yang rusak, maka masih terbuka peluang kemungkinan kartu memori ini bisa diperbaiki.

Berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan dalam memperbaiki kerusakan atau data tidak terbaca di kartu memori.

Cara 1: Memperbaiki kartu memori yang rusak dengan menggosok lempengan tembaga kuning.

Untuk melakukan cara lakukan langkah-langkah berikut ini:
Cara Perbaiki Kartu Memori Rusak atau Tidak Terbaca di Android
1. Sediakan penghapus pensil warna putih
2. Matikan HP, setelah handphone mati, keluarkan kartu memori dari HP tersebut
3. Ambil penghapus lalu bersihkan lempengan tembaga berwarna kuning tersebut dengan penghapus tadi.
4. Jika sudah bersih masukkan kembali kartu memori ke HP dan lihat apakah sudah terbaca atau belum.

Cara 2: Memperbaiki kartu memori yang rusak dengan Error Checking di PC

Untuk menggunakan cara ini anda membutuhkan sebuah komputer atau laptop dan kabel data, untuk menghubungkan HP ke PC. Langkah-langkahnya sebagai berikut.
Cara Perbaiki Kartu Memori Rusak atau Tidak Terbaca di Android
Sumber gambar: Jalantikus.com

1. Hubungkan HP android ke PC dengan kabel data
2. Pastikan HP android anda terhubung dalam mode Mass storage mode (MSC), bukan Media transfer mode (MTP).
3. Setelah itu buka Windows Explorer, klik kanan pada Drive kartu memori HP anda, pilih Properties > Tools > Error Checking, tunggu beberapa saat hingga semua proses selesai.
4. Jika proses selesai, eject kartu memori dan lihat pada HP android anda apakah sudah terbaca atau belum.

Cara 3: Memperbaiki kartu memori yang rusak dengan memformat kartu memori tersebut

Jika cara 1 dan cara 2 kartu memori belum juga terbaca di handphone android anda, langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah memformat memory card tersebut.

Langkah memformat ini dapat anda lakukan di hp android itu sendiri atau melalui PC/komputer/laptop. Jika kartu tidak dapat menampilkan file di hp android namun di PC file-file tersebut dapat terbaca, lakukan pemformatan di PC dengan memback-up seluruh file di dalam kartu memori tersebut terlebih dahulu ke PC. Tetapi, jika file di kartu kartu memori ini sudah tidak terbaca pada kedua perangkat, format saja melalui HP android anda.

Untuk memformat memory card di HP android masuk ke menu Setting > Stronge > Erase SD Card, atau dalam bahasa Indonesia menjadi Setting > Penyimpanan > Format Kartu SD.

Demikian beberapa tips cara memperbaiki memory card rusak atau tidak terbaca di smartphone android. Semoga beberapa cara di atas dapat mengatasi kesulitan anda. Namun, jika ketiga cara di atas sudah dilakukan dengan benar, tetap saja file-file di kartu memori tidak terbaca, maka jalan yang tersisa adalah mengganti kartu memori HP tersebut dengan yang baru.

Advertisement