Strategi Ampuh Untuk Menggaet Banyak Pengunjung ke Blog

Tips blog kali ini ialah cara paling gampang membuat blog agar ramai dan banyak pengunjung setiap hari dari baik dari mesin pencari dan lain sebagainya. Khusu buat blog yang akan atau sudah dimonetisasi, pengunjung yang banyak dan blog ramai merupakan target utama akan segala optimasi yang diterapkan.

Untuk itu, yang harus kita lakukan agar blog ramai pengujung adalah mempromosikan blog tersebut dengan berbagai teknik SEO yang ada. Namun, sebelum melakukan strategi promosi yang dianggap manjur dan mujarab, memperbaiki kualitas konten adalah hal yang benar-benar diperhatikan secara kontinuitas.
Cara Mudah Agar Blog Ramai dan Banyak Pengunjung
Tidak hanya pengunjung blog, mesin pencari lebih-lebih mesin pencari Google pun sangat menyukai ulasan konten yang dibuat dengan unik dan original. Konten bak raja dalam sebuah blog, kuantitas konten pun juga perlu guna menjaga popularitas sebuah blog. Semakin banyak konten berkualitas yang dihasilkan, maka semakin banyak pula pengunjung atau visitor yang datang ke blog, baik visitor organic dan blogwalker.

Terkait: Cara Meningkatkan Pengunjung dari Mesin Pencari

Cara Agar Blog Ramai Banyak Pengunjung

Nah, bagi anda yang sudah siap dengan semua itu (kualitas dan kuantitas konten), selanjutnya adalah mempromosikannya. Berikut ini cara-cara yang paling mudah dijalankan untuk menjaring pengunjung/visitor agar ramai pengunjung.

1. Submit blog ke mesin pencari

Bagi publisher Adsense, mendatangkan pengunjung dari mesin pencari adalah hal yang mutlak. Sebab, mayoritas validasi klik iklan Adsense dihitung dari pengunjung Organik, dan pengunjung organic ini biasanya datang langsung dari mesin pencari, macam Google, Ask, Bing dan lainnya. Untuk itu, agar blog anda lebih cepat terindeksi oleh mesin pencari, maka anda harus mensubmit sitemap/peta situs blog ke webmaster masing-masing search engine tersebut.

Baca juga: Update: Cara Submit Seluruh URL Blog ke Google Webmaster Tools Terbaru

2. Bagikan artikel ke media sosial

Dewasa ini, penggunaan social media sudah menjadi kebutuhan harian oleh sebagian besar masyarakat, baik dari berbagai kalangan. Misalnya Facebook, tentu anda sudah mempunya ribuan teman dalam satu akun Facebook anda. Maka hal ini perlu anda manfaatkan, perkenalkan blog anda melalu akun Facebook tersebut, atau ke social media lain yang anda sukai, macam Twitter dan google+. Baca artikel cara posting otomatis artikel ke Facebook dan Twitter.

Baca juga:
Cara Agar Postingan Blog Otomatis Tampil di Facebook
Cara Agar Postingan Terbaru Muncul di Twitter

3. Rajin blogwalking dan meninggalkan jejak

Blogwalking lalu meninggalkan jejak dengan berkomentar adalah salah satu jalan memperkenalkan anda dan blog anda ke pengguna blog lainnya. Entah itu pengguna yang searah dengan konten blog yang anda kelola atau tidak. Namun, dalam berkomentar ada hal penting yang harus diperhatikan, yaitu jangan pernah menuliskan link blog anda pada kolom komentar, baik itu link hidup maupun link mati apalagi beriklan. Sebab, hal itu hanya membuat nama anda menjadi buruk bahkan dianggap spam, baik oleh pengelola blog yang anda komentari, pengunjung lain, dan mesin pencari tentunya, terutama Google. Dengan menulis atau membalas komentar yang berkualitas, maka pasti ada sebagian pengunjung yang akan tertarik untuk melihat profil anda.

4. Kenalkan blog ke forum-forum online

Cara yang satu ini sering disalah tafsirkan oleh kebanyakan blogger. maksudnya, banyak blogger yang salah menggunakan forum-forum untuk berpromosi. Promosi yang dilakukan lebih pada kegiatan spam, yaitu datang ke forum, buat akun baru kemudian langsung menebar link sana-sini. Cara ini sangat keliru, alih-alih ingin mendaptkan kunjungan, teman maupun jaringan yang banyak, malah dapat cercaan dari blogger lainnya.

Alangkah baiknya setelah datang ke forum, perkenalkan diri terlebih dahulu. Bagikan dengan jelas apa yang akan berguna untuk blogger lainnya. Jangan berputar-putar atau malah mengajak orang untuk membuka link yang mana link itu menuju ke blog anda sendiri. Perlu diperhatikan, kualitas anda saat bergabung diforum tergantung dari langkah awal yang hendak anda lakukan. Jadi perbaikilah hal ini guna mendapat perhatian blogger lainnya.

5. Buat artikel yang sedang hangat dibicarakan

Tidak peduli apa topik yang dianut blog anda, infromasi hangat dan terbaru perlu anda jadikan postingan di blog. Walau tidak sesering mungkin, setidaknya 1-2 artikel terpopuler ada setiap minggunya hinggap di blog. Hal ini akan memberitahu pengunjung bahwa admin blog ini peka terhadap perkembangan yang ada. Tidak ada ruginya menulis topic terhangat walaupun barang yang sangat tidak penting sekalipun, malah ini akan menambah keagresifan anda dalam menulis posting-postingan selanjutnya. Tidak percaya? Buktikan sendiri.

Baca juga: Macam-macam Cara Mengetahui Kata Kunci yang Paling Banyak dicari

Itu saja informasi dari saya tentang cara agar blog ramai dan banyak pengunjung. Mudah-mudahan dengan menjalankan poin-poin penting di atas pengunjung atau visitor blog anda meningkat setiap harinya. Selamat mencoba dan salam sukses.

Advertisement