Jangan Abaikan, Blogger Copas Harus Dilaporkan, Begini Caranya!

Tips blogging kali ini tentang cara melaporkan blog spam pencuri, perampok, tukang kopas (copy-paste) ke Google DMCA. Kelakuan yang sangat tidak terpuji ini sering menggerogoti pikiran para pemula di dunia blogger dengan tujuan untuk mendompeng banyak visitor atau pengunjung ke blognya secara singkat. Entah ajaran dari mana dan otak seperti apa yang membuat dia berpikiran seperti itu. Tidak ada kata lain yang bisa dikatakan kepada orang seperti ini selain ‘SAMPAH PEMALAS’.

Ya, karena kemalasan yang dipelihara membuat orang sering mengambil jalan pintas untuk berbuat hal yang terhina alias tidak terpuji. Blogger kopas ini bukannya tidak tahu memulai tulisan dari mana, hanya saja karena faktor malas ini yang menimbulkan hasrat untuk mengkopi-paste konten/postingan orang lain. Bahkan kelakuannya tak tanggung-tanggung, artikel yang dikopas 100% dicomot semua tanpa mengubah konfigurasi kalimat dalam postingan tersebut. Bahkan ada blogger pencuri artikel orang yang tidak hanya mengambil tulisan postingan, namun gambar-gambarnya juga diambil sekalian. Lebih biad*bnya lagi, si pencuri ini tidak mencantumkan referensi tulisan (source), seolah-olah itu tulisannya sendiri, hasil karya dan kreatifitasnya. Dia merasa senang dengan bisa update postingan setiap hari dari konten orang lain. Sungguh tidak tau malu.

Terkait: Cara Mudah Mencegah Kopi Paste Artikel Kecuali Blockquote

Kalau anda blogger yang belum pernah merasakan bagaimana rasanya artikel blog anda di kopas habis oleh orang lain, bisa jadi anda hanya akan tersenyum dan memaklumi kelakuan blogger semacam itu. Hanya saja perasaan tersebut akan berbeda jika anda sudah mengalaminya.

Bagi anda yang sedang sakit hati karena kelakuan blogger yang mencuri artikel blog anda, cobalah untuk melaporkan blog tersebut ke Google DMCA, baik untuk kasus hak cipta (pencurian artikel dan atau gambar) dan melaporkan blog spam (blog yang sudah mencuri banyak konten, baik dari blog anda dan orang lain).

Sebelum anda menjalankan cara tersebut, mintalah terlebih dahulu ke admin (pencuri) blog kopas agar bersedia melakukan hal-hal berikut ini:
  • Berhenti mengkopas konten blog anda
  • Menghapus konten/artikel/postingan yang dicuri dari blog anda, dan
  • Atau sekurang-kurangnya mencantumkan link/URL (referensi) blog yang di kopi paste.
Cara Melaporkan Blog Spam Pencuri Artikel ke Google DMCA
Berikut ini hal-hal yang akan anda lakukan untuk melaporkan blog spam pencurian artikel di blog anda ke Google DMCA. Namun, sebelumnya harus diketahui terlebih dahulu dampak buruk artikel blog yang di kopi paste oleh blogger lain.

Dampak Kerugian Blog yang Dicopas

Dampak kerugian artikel blog dikopas orang lain ini cukup fatal. Hal ini menyangkut reputasi blog dan kualitas konten kita dimata mesin pencarian, terutama Google. Konten blog yang tadinya berada di page-one dan ada diposisi satu (misalnya), perlahan-lahan akan terpuruk dan terdepak dari page-one dan page terdekatnya (page 2, 3 dan seterusnya). Mesin pencarian menganggap konten yang dicuri tersebut sebagai konten duplikasi (duplicate content), dan mesin pencarian terutama Google sangat membenci duplicate content tersebut.

Baca juga: Cara Meningkatkan Pengunjung dari Mesin Pencari

Apakah hal itu menjadi yang terparah? Tidak, yang menjadi masalah terparahnya ialah konten blog tidak akan diindeksi lagi. Dengan kalimat lain, konten blog akan dihapus dari mesin pencarian.

Nah, dalam skala penghapusan indeksi pencarian konten blog untuk mengetahuinya cukup mudah. Kita tinggal melihat dan membandingkan berapa total postingan yang sudah dipublish dan jumlah pos yang ditampilkan pada statistik dasbor blog. Jika total postingan yang dipublish lebih banyak dari jumlah pos yang ditampilkan pada statistic, alias jumlahnya tidak sama persis, berarti ada beberapa artikel anda yang sudah dihapus dari mesin pencarian. Sayangnya kita tidak dapat mengetahui artikel yang mana itu.

Penghapusan indeksi konten dari mesin pencarian memang diakibatkan oleh beberapa hal. Selain karena terdeteksi duplikasi konten yang diakibatkan oleh kopi-paste, juga ada faktor-faktor lain.

Cara Melaporkan Artikel Blog yang Dicopas ke Google DMCA

Untuk melaporkan tindakan kopi-paste artikel di blog ke Google DMCA, sudah disediakan tools untuk mengatasi hal tersebut dan cara menggunakannya cukup gampang.

Pastikan anda sudah login dengan akun Google, lalu buka link Google DMCA
https://www.google.com/webmasters/tools/dmca-notice
Kemudian isilah kolom-kolom yang diberikan terkait tindakan pencurian artikel/postingan terhadap blog atau website anda.

Berikut kolom atau bidang yang wajib diisi
Pertama: Informasi Kontak
Kurang lebih isiannya seperti pada gambar berikut.
Cara Melaporkan Blog Spam Pencuri Artikel ke Google DMCA
Kedua: KARYA BERHAK CIPTA ANDA
Cara Melaporkan Blog Spam Pencuri Artikel ke Google DMCA

1) Keterangan yang menyangkut pencurian konten anda, mulai dari isi (tulisan) dan atau gambar postingan. Kurang lebih formatnya seperti yang dapat and abaca pada kolom.

2) Kolom kedua diisi dengan url/link artikel anda yang dicuri. Maksimal url yang diisi sampai 1000 baris, satu link satu baris.

3) Kolom ketiga isi dengan url/link artikel pencuri. Maksimal url yang diisi sampai 1000 baris, satu link satu baris.

Ketiga: PERNYATAAN TERSUMPAH
Untuk mengkonfirmasi pelaporan anda, silahkan di centang dan isi beberapa kolom konfirmasi seperti yang terlihat di gambar berikut.
Cara Melaporkan Blog Spam Pencuri Artikel ke Google DMCA
Jika data pelaporan di atas sudah benar, silahkan klik tombol KIRIM. Setelah itu pihak Google akan memverifikasi permohonan anda, dan secepatnya akan menindak tegas blog pencuri artikel yang dilaporkan.

Cara Melaporkan Blog Spam Pencuri Banyak Artikel dari Berbagai Blog

Jika ternyata blog pencuri artikel ini sudah sangat keterlaluan sikapnya, mengambil artikel orang lain dalam skala banyak secara terus-menerus tak henti-hentinya. Maka sepatutnya blog tersebut kita laporkan sebagai blog spam.

Dengan cara buka link berikut ini.
https://support.google.com/blogger/contact/spam?hl=en
Lalu ketikkan url blog si pencuri konten pada kolom yang tersedia, kemudian tekan SUBMIT untuk mengirim url tersebut.

Maka secepatnya pihak Google akan menindak tegas blog pencuri tersebut sesuai pelanggaran yang telah dilakukan. Yaitu postingan kita yang dicuri akan dihapus dari blognya atau blog si pencuri ini yang akan dihapus oleh Google jika pelanggarannya sudah sangat parah.

Buat si pencuri artikel, tindakan pencurian semacam ini sungguh sangat merugikan orang lain. Hal tersebut hanya akan mematikan kreatifitas, pikiran akan susah berkembang. Hanya ada caci maki yang didapat. Cobalah menggunakan segala sesuatu yang diberikan Tuhan dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Hidup hanya sekali, berbuatlah yang berarti bagi diri sendiri dan bermanfaat bagi orang lain, dengan tidak menebar kebencian. Kamu akan lebih baik dengan tidak mengkopi-paste artikel blog orang lain. Jadilah diri sendiri!

Demikian informasi tentang cara melaporkan blog spam pencuri artikel ke Google DMCA. Semoga artikel ini membantu dan dapat digunakan dengan bijak.

Advertisement