Cara Membuat Link Video Youtube pada Waktu atau Bagian Tertentu

Tips Youtube kali ini tentang cara membuat komentar pada video tertentu di Youtube dengan menyertakan link video pada bagian/waktu tertentu. Hal ini biasa dilakukan untuk mengkomentari bagian video tertentu agar lebih spesifik.

Baca juga: Cara Terbaru Upload Video ke Youtube
Cara Membuat Link Youtube pada Waktu atau Bagian Tertentu
Kalau anda sempat melowongkan waktu melihat komentar pada video tertentu di Youtube, kemungkinan pernah melihat atau membaca komentar yang kurang lebih isinya seperti ini “Yang bagian 02:18 lucu banget” atau begini “di 01:31 lucu abais, kocak dah”. Karena penasaran, anda pun tertarik untuk mengklik bagian tulisan warna biru pada komentar tersebut, untuk melihat bagian video yang dianggap lucu dan kocak oleh si pengkomentar.

Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat pada bagian yang diberi panah pada gambar berikut.
Cara Membuat Link Youtube pada Waktu atau Bagian Tertentu
Nah, itulah yang ingin dibahas pada #TipsYoutube kali ini, yakni tentang bagaimana cara membuat link untuk komentar di Youtube pada bagian video tertentu dan bagaimana pula cara membuat link video Youtube pada bagian tertentu yang akan dibagikan atau dishare ke blog atau sosial media.

Cara Membuat Link Untuk Komentar di Youtube pada Bagian Video Tertentu

Untuk membuat link seperti yang dimaksud cukup mudah. Anda tinggal melihat waktu video yang ingin dikomentari, misalnya seperti ini.

Kemudian tuliskan waktu bagian video yang ingin dikomentari dengan format seperti ini “mm:ss” tanpa tanda kutip, contohnya “02:16” (tanpa tanda kutip). Untuk lebih jelasnya lihat pada bagian yang diberi garis bawah pada gambar berikut.

Cara Membuat Link Youtube pada Waktu atau Bagian Tertentu
Jika selesai, silahkan poskan komentar dan lihat hasilnya.

Cara Membuat Link Video Youtube pada Bagian Tertentu yang Akan dishare ke Media Sosial dan Blog

Bagi blogger atau pengguna medsos yang ingin merekomendasikan untuk melihat bagian tertentu pada video tutorial atau video lainnya di Youtube, maka anda bisa menggunakan trik seperti ini.

Sebetulnya di Youtube sendiri sudah terdapat tools atau menu untuk mengambil url/link video pada waktu atau menit tertentu, yaitu dengan cara:

  • Stop video pada waktu yang diinginkan
Cara Membuat Link Youtube pada Waktu atau Bagian Tertentu
  • Klik kanan, lalu klik pilihan Salin URL video pada waktu saat ini
  • Contoh: https://youtu.be/XvXo2w9RbF0?t=136

Hanya saja cara ini menurut saya masih ada kekurangannya. Kekurangannya ialah waktu yang ditentukan tidak spesifik ke bagian/waktu yang diinginkan. Alias tidak dapat diketahui waktu detik atau menit keberapa bagian video yang akan dilihat nanti, hanya akan diketahui ketika link tersebut setelah diklik atau dilihat pada Youtube.

Agar orang dapat melihat bagian/waktu video yang akan ditonton nanti pada link/url yang diberikan, anda bisa mencoba dengan cara berikut ini:
Contoh:
Misalnya url video anda adalah: https://www.youtube.com/watch?v=XvXo2w9RbF0, dan anda ingin merekomendasikan untuk melihat pada video 2 menit 16 detik, maka anda tinggal menambahkan &t=02m16s dibelakang url tadi.

Sehingga haslinya link video akan menjadi seperti ini: http://www.youtube.com/watch?v=XvXo2w9RbF0&t=02m16s. Cukup mudah bukan?

Demikian tutorial cara membuat link ke bagian/waktu tertentu di video Youtube untuk keperluan berkomentar di Youtube dan berbagi ke blog dan sosial media, seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Selamat mencoba, semoga berguna.

Advertisement