Cara Membuat Shortcut Shutdown, Restart dan Sleep di Windows 7, 8, 8.1 dan 10

Tips komputer kali ini tentang cara membuat shortcut shut down, restart, sleep, lock dan hibernate di komputer, laptop atau notebook pada OS Windows 7, 8, 8.1 dan 10. Untuk pengguna operating system Windows 7 kemungkinan tools ini tidak perlu dibuat. Lain halnya dengan mengunakan Windows 8, 8.1 dan 10, beberapa pengguna ada yang masih merasa kesulitan saat mematikan atau merestart komputernya. Karena tombol shutdown, restart dan sleep untuk Windows 8, 8.1 dan 10, letaknya tersembuyi, atau lebih tepatnya show hide.

Baca juga: Cara Mempercepat Booting/Startup Windows 8, 8.1 dan 10

Sebetulnya untuk mematikan komputer, laptop atau notebook yang terinstal windows 8, 8.1 dan 10 mudah saja, kita tinggal menggeser kursor ke pojok (palign pojok) kanan-atas atau kanan-bawah untuk menampilkan menu navigasi, kemudian klik Settings > Power > Shut Down. Atau melalu tombol keyboar dengan menekan tombol ALT+F4 lalu Enter. Maka PC pun akan mati dengan sendirinya.
Namun bagi anda yang ingin membuat icon dalam bentuk shortcut agar lebih mudah mematikan atau merestart komputer, berikut tutorialnya.

Cara Membuat Shortcut Shutdown, Restart, Slee, Lock dan Hibernate di Komputer/Laptop

Ada beberapa tahap yang akan dilakukan untuk membuat hal tersebut, yaitu:
1. Langkah awal ialah klik kanan lalu pilih New > Shortcut.
Cara Membuat Shortcut Shutdown
2. Kemudian akan muncul jendela baru. Pada kolom yang ditampilkan masukkan salah satu kode di bawah ini sesuai fungsi yang anda inginkan (dalam hal ini saya contohkan pada kode shutdown).
Cara Membuat Shortcut Shutdown
Untuk shutdown
Shutdown.exe -s -t 00

Untuk restart
Shutdown.exe -r -t 00

Untuk beralih ke mode sleep
rundll32.exe powrprof.dll,SetSuspendState 0,1,0

Untuk mengunci/lock
Rundll32.exe User32.dll,LockWorkStation

Untuk melakukan hibernate
rundll32.exe PowrProf.dll,SetSuspendState

Setelah kodenya dipaste ke kolom klik Next > Finish.

3. Makan akan muncul shortcut baru di layar komputer anda. Jika merasa kurang puas dengan icon shortcut tersebut, silahkan ganti ikonnya dengan cara klik kanan Properties > Change icon… > Ok > pilih icon yang disukai.
Cara Membuat Shortcut Shutdown
4. Untuk menyelesaikan  pergantian ikon, klik Apply > Ok, selesai.

Jika saat membuat shortcut fungsi lain namun icon tidak muncul ketika akan mengganti icon dengan yang lain, gunakan source %appdata%\Microsoft\Windows\StartMenu\Programs untuk menampilkan icon.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak tutorialnya pada video berikut ini.


Demikian tutorial tentang cara membuat shortcut shutdown, restart, sleep, lock dan hibernate di windows 7, 8, 8.1 dan 10 di pc/komputer, laptop atau notebook. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Advertisement