Cara Mudah Memperbaiki Hardisk Eksternal Error Minta Format

Tips komputer kali ini berbagi tentang cara mudah mengatasi dan memperbaiki hard disk eksternal error yang minta di format. Biasanya jika hardisk error seperti ini tidak dapat membuka file atau folder didalamnya. Backup data di hardisk memanglah hal yang biasa dilakukan oleh orang yang mempunyai data-data penting untuk disimpan. Tentu anda yang mengalami kejadian semacam ini tidak ingin mengambil resiko memformat atau menghapus seluruh data di dalam hard disk tersebut.

Baca juga: Cara Menghapus File/Folder yang Tidak Bisa Dihapus di Windows dan Flashdisk

Maka satu-satunya cara untuk mengembalikan hardisk tidak akam minta di format lagi adalah mengkonfigurasinya mengggunakan perintah di CMD Commant Prompt. Cara ini bisa anda jalankan di OS Windows 7, 8, 8,1 ataupun windows 10. Tentu saja cara ini bukan untuk memformat semua file dan folder di dalam hardisk tersebut, tetapi mengembalikan data-data di dalamnya dapat dibuka kembali.

Cara Mudah Memperbaiki Hardisk Eksternal Error Minta Format

Sebelum melangkah kecara memperbaikinya, sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu penyebab hardisk minta format ini. penyebabnya ialah sembarangan mencabut hardisk eksterternal, apalagi hard disk esternal ini dicabut saat-saat sedang digunakan mengkopi data atau menjalankan program di dalamnya.

Baca juga: Cara Perbaiki Kartu Memori Rusak atau Tidak Terbaca di Android

Nah, berikut cara mudah memperbaiki masalah tentang hardisk eksternal yang minta format ini. Yang membuat cara ini sangat amat gampang dilakukan karena tidak perlu menggunakan software tambahan, cukup dengan Commant Prompt (CMD) yang sudah ada dikomputer, laptop atau notebook anda.

Cara Mengatasi Hard Disk Eksternal Error Minta di Format

Seperti yang saya sudah tuliskan di atas, cara ini bisa dilakukan di Operating System Windows 7, 8, 8.1 dan 10. Namun kali ini saya akan coba pandu dari windows 8 (8.1).

1. Colokkan hardisk eksternal anda ke komputer, laptop atau notebook. Kemudian ketahui lokasi hard disk anda, apakah di E, F, G atau H. Hal ini akan berbeda-beda tergantung jumlah partisi di komputer anda.

2. Temukan dan klik kanan pada icon windows (di sudut kiri-bawah), kemudian klik pada Command Prompt (Admin).
Cara Mudah Memperbaiki Hardisk Eksternal Error Minta Format
3. Lalu ketikan perintah chkdsk /f E: (seperti terlihat pada gambar berikut).
Cara Mudah Memperbaiki Hardisk Eksternal Error Minta Format
E adalah lokasi hard disk esternal anda, silahakn sesuaikan dengan lokasi hardiks di komputer anda.

4. Setelah itu tekan tombol Enter dan tunggu beberapa saat. Proses ini akan memakan waktu sedikit lama, tergantung size dari hardisk masing-masing.

Perintah yang diketikan pada CMD tersebut bertujuan untuk memverifikasi data yang terdapat di dalam hardisk, berikut keterangannya.

chkdsk > Mengecek atau memverifikasi data.
/f > Melakukan pengecekan secara menyeluruh dan mencoba untuk memperbaiki kesalahan yang ditemukan.
E: > Lokasi hardisk eksternal.

Demikian informasi tentang Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Error dan Minta di Format. Mudah-mudahan dengan cara tersebut hardisk eksternal anda dapat kembali digunakan seperti semula. Jika cara ini masih belum berhasil, silahkan menggunakan cara lain, seperti menggunakan tools recovery macam software recuva dan lain sebagainya. Selamat mencoba.

Advertisement