Cara Terbaik Memulihkan Smartphone Basah Terkena Air

Tidak dapat dipungkiri lagi, salah satu alat elektronik komunikasi macam handphone (hp) smartphone, tablet dan lainnya merupakan alat yang patut dijauhkan agar jangan sampai terendam air. Sampai dengan saat ini, gadget-gadget tersebut masih belum tahan atau tidak akan hidup bertahan lama jika sewaktu-waktu terkena atau bahkan terendam air.

Biasanya jika smartphone atau HP terendam air maka sesaat itu pula ia akan nonaktif dengan sendirinya dan tidak dapat dihidupkan lagi. Apakah ini menandakan smartphone tersebut rusak? Bisa ia bisa tidak, hal ini tergantung dari brand smartphone itu apa atau komponen dan spesifikasinya seperti apa. Jika spesifikasi smartphone itu diyakini lebih tinggi dari yang biasanya, maka ada kemungkinan untuk dapat diselamtkan. Selain itu, jenis cairan (air) juga berpengaruh, jika smartphone hanya terendam pada air sungai atau air hujan, maka kemungkinan besar smartphone tersebut masih bisa dihidupkan kembali. Namun, jika cairan yang merendam berupa air laut, air aki dan sejenis air keras lainnya, maka harapan untuk menghidupkan kembali smartphone tersebut sangat kecil bahkan sudah tidak ada kemungkinan.

Baca juga: Cara Perbaiki Kartu Memori Rusak atau Tidak Terbaca di Android

Dewasa ini memang sudah beredar smartphone dengan kapasitas tahan air, salah satunya adalah xperia z series yang dibuat oleh Sony. Hanya saja untuk memiliki smartphone dengan kualitas fitur semacam itu butuh pengeluaran yang tidak sedikit karena harganya cukup mahal.

Namun, anda tidak perlu khawatir, sebab smartphone atau HP yang terkena air pun masih bisa diselamatkan. Mungkin beberapa metode pemulihan smartphone terendam air sebagiannya sudah anda ditemukan di internet, dan kali ini ada beberapa tambahan lagi terkait mengatasi hal ini.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak baik-baik rentetang langkah-langkah yang patut dijalankan untuk menanggulangi gadget smartphone yang terendam air.
Cara Terbaik Memulihkan Smartphone Basah Terkena Air

Langkah-langkah Mengatasi Smartphone yang Basah Terendam Air

1. Angkat smartphone dari air, jika masih hidup matikan

Untuk mengantisipasi lebih banyak air yang masuk ke rangkaian komponen smarphone, cepat-cepatlah untuk mengambil smartphone tersebut dari air dan jangan menyentuh tombol apapun, kecuali tombol turn off untuk mematikannya jika ia masih hidup.

2. Lepaskan baterai, SIM card dan memori eksternal

Apapun bahan-bahan yang berjenis removable yang menempel di smartphone anda segera lepaskan, yang pertama adalah baterai, kemudian SIM card dan memori eksternal.

3. Lepaskan bagian casing yang mudah dilepaskan

Untuk mempermudah proses selanjutnya yaitu pengeringan, lepaskan bahan-bahan yang dapat menghambat masuknya angin ke perangkat terdalam dari smartphone tersebut.

4. Keringkan dengan kipas angin atau alat yang menyerap air lebih cepat

Untuk langkah ini harus benar-benar kering total. Jangan sampai ada komponen-komponen yang masih berair. Hal ini secepat mungkin diupayakan guna mencegah korosi pada perangkat terdalam smartphone agar tidak rusak. Jadi, lakukan dengan hati-hati dan antisipatif.

5. Masukkan ke dalam beras untuk menyempurnakan pengeringan

Salah satu bahan yang mampun menyerap air lebih baik adalah dengan merendam smartphone tersebut ke dalam tumpukan beras. Langkah ini terbilang aman alias tidak merusak komponen smartphone. Lakukan langkah ini dan tunggu samapi kurang lebih 6-12 jam. Lalu gunakan kembali kipas angin untuk membersihkan bekas beras yang menempel.

6. Pasang kembali perangkat smartphone, lalu hidupkan

Setelah yakin smartphone anda benar-benar telah kering, silahkan untuk memasang kembali baterai, SIM card dan memori eksternal yang telah dilepas dan sudah pula dikeringkan. Jika berhasil, maka ponsel anda dapat dihidupkan dengan normal seperti sedia kala.

Bagaimana kalau gagal alias ponsel tidak dapat dihidupkan?
Kalau sudah merasa melakukan cara-cara di atas namun smartphone tetap tidak nyala juga, berarti ada komponen yang mengalami kerusakan, dan mau tidak mau anda harus membawanya ke ‘tukang service HP’ kepercayaan anda.

Demikian informasi tentang cara mengatasi smartphone basah yang terendam air. Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan sukses.

Advertisement