Cara Terbaru Upload Video ke Youtube

Kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara mudah mengupload video ke media sosial Youtube. Tutorial kali ini dilengkapi dengan panduan gambar/screenshot, sehingga akan lebih mudah mengikuti langkah-langkahnya hingga akhir. Jika anda termotivasi untuk menjadi Youtubers namun belum tau cara upload videonya, berikut ini beberapa hal yang perlu anda persiapkan terlebih dahulu sebelum mengupload video ke Youtube.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengupload video ke Youtube adalah:
Cara Upload Video ke Youtube
Untuk membuat akun Youtube cukup mudah, anda hanya tinggal login dengan akun Google yang telah dibuat sebelumnya. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Upload Video ke Youtube dengan Mudah

Setelah anda mempersiapkan hal-hal yang sudah ditulis di atas, maka langkah berikut ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan dalam proses mengupload video di Youtube.
1. Kunjungi situs di https://www.youtube.com, lalu klik tombol Masuk (di sudut kanan atas).
Cara Upload Video ke Youtube
2. Setelah anda akan diminta login dengan akun Google anda. Silahkan Sign dengan akun Google yang telah anda buat sebelumnya.
3. Jika sudah berhasil Sign (masuk), temukan tombol Upload yang terdapat di sudut kanan atas.

Jika baru pertama kali mengupload video ke Youtube dengan akun Google yang baru, pada tahap ini anda akan diminta mengkonfirmasi beberapa data personal anda, apakah sudah sesuai atau ada yang perlu diubah. Silahkan klik tombol Lanjutkan jika informasi data tentang anda sudah sesuai.

4. Sebelum ke langkah selanjutnya, pastikan anda memilih opsi Publik untuk video anda, agar video tersebut dapat ditonton oleh semua orang dan akan masuk di mesin pencarian.
Cara Upload Video ke Youtube

  • Publik: Siapa saja boleh melihat video yang anda unggah ke Youtube, dan video tersebut akan masuk ke mesin pencarian macam Google, Bing, Yahoo dan lainnya.
  • Tidak Tercantum: Video dapat dilihat oleh semua Youtubers.
  • Pribadi: Hanya anda yang dapat menikmati video yang diunggah ke Youtube. Sifatnya pribadi, tidak akan ada orang lain yang dapat melihat video tersebut.

5. Klik ikon Upload, lalu pilih berkas/file video yang akan diupload ke Youtube. Seret ke bidang tombol upload atau double klik pada filenya.
Cara Upload Video ke Youtube
6. Sambil menunggu proses upload, anda bisa langsung menambahkan deskripsi video, mengganti judul (title) video jika belum sesuai keinginan dan menentukan tags (label).
Cara Upload Video ke Youtube
7. Jika proses upload selesai, klik tombol Publikasikan.
Cara Upload Video ke Youtube
8. Dengan begitu video anda sudah berhasil diupload dan dapat dilihat/diputar pada Youtube. Selanjutnya bagikan ke media sosial lainnya, macam Facebook, Twitter, Instagram dan Path, dengan mengambil url seperti pada tayangan gambar berikut.
Cara Upload Video ke Youtube
9. Hasil akhirnya dapat diputar pada gambar berikut ini.
Cara Upload Video ke Youtube

Demikian cara upload video ke Youtube. Cukup mudah bukan? Cara yang sama dapat anda lakukan tidak hanya melalui komputer/pc, laptop atau notebook saja, namun dari smartphone dan tablet juga bisa. Selamat mencoba dan sukses selalu.

Advertisement