Mengatasi Gambar yang Tidak Dapat Diedit Pada Photoshop

Tips Photoshop kali ini tentnag cara mengatasi gambar yang tidak bisa di edit dengan Photoshop. Hal ini mungkin pernah dialami oleh blogger atau siapa saja yang pernah mengambil gambar dari internet atau dari mesin pencarian, macam Google dan lainnya. Jika anda gambar seperti yang diproteksi tidak dapat diedit seperti itu, berbarti gambar tersebut dilindungi atau berhak cipta dan tidak sembarang dipergunakan oleh orang lain.

Baca juga: Cara Membuat Gambar Tidak Bisa Diedit Lagi dengan Photoshop

 Gambar semacam ini biasanya seorang design graphic mengaktifkan index layer melalui Photoshop pada gambar tersebut. Sehingga tombol atau fitur lain menjadi tidak berfungsi, seperti fitur Duplicate Layer, memindahkan gambar ke layer lain dan lain sebagainya.

Selain itu, karena gambar di proteksi, maka anda tidak dapat membubuhkan tulisan (text) di atas gambar tersebut, tidak dapat memotong gambar tersebut di Photoshop, dan bahkan tidak dapat menghapus watermark yang ditulis oleh yang empunhnya gambar.
Mengatasi Gambar yang Tidak Dapat Diedit Pada Photoshop
Nah, untuk mengatasi masalah ini sebetulnya sangat gampang, yaitu tinggal mengganti kembali mode dari gambar tersebut. penasaran mode apa itu? Ikuti caranya berikut ini.

Cara Mengatasi Gambar Tidak Tidak Bisa di Edit dengan Photoshop

1. Misalnya gambar yang tidak dapat di edit seperti berikut ini.
Mengatasi Gambar yang Tidak Dapat Diedit Pada Photoshop

2. Ganti mode gambar menjadi RGB color. Caranya perhatikan menu bar Photoshop, kemudian klik Image > Mode > RGB color.
Mengatasi Gambar yang Tidak Dapat Diedit Pada Photoshop

3. Gambar yang tadinya terproteksi dengan index layer menjadi terbuka dan dapat diedit kembali.

Gunakan cara ini dengan bijak, apapun alasannya pencurian konten berupa gambar tetap tidak dibenarkan dan melanggar hak cipta. Jika tidak ingin terjadi hal yang tak diinginkan dikemudian hari, hindarilah mengambil gambar yang terdapat watermark pada gambar tersebut. jadilah lebih kreatif.

Sebetulnya saya sedikit ragu untuk memposting tutorial ini. Saya takut akan disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Tapi saya yakin dan percaya, bahwa pembaca setia blog Bungfrangki.com adalah orang-orang yang bertanggung jawab dan dewasa. Jika gambar yang diambil hanya untuk dijadikan meme, sah-sah saja selama itu tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Demikian informasi tentang cara mengatasi gambar yang tidak dapat di edit pada Photoshop. Sekali lagi gunakan tips ini dengan bijak, selamat mencoba dan sukses selalu.

Advertisement