Cara Melihat Jumlah Pengunjung Atau Visitors Traffic Blog dan Website

Cara Melihat Jumlah Pengunjung Atau Visitors Traffic Blog dan Website – Salah satu indikator penting dalam penentuan kesuksesan blog ialah seberapa banyak pengunjung/visitors yang dapat ia dapatkan setiap hari, setiap bulan dan setiap tahun ke blog atau websitenya. Artinya, semakin banyak pengunjung atau visitors blog, maka website atau situs tersebut bisa dikatakan sukses. Apalagi jika lalu lintas visitors blog setiap hari mengalami kenaikan secara siginifikan. Lebih-lebih jika pengunjung ini datang dan diarahkan langsung oleh mesin pencarian.

Baca juga: Inilah Blog yang Disukai Mesin Pencari Google

Jika blog yang bersangkutan memiliki pengunjung yang banyak dan didukung oleh konten yang berkualitas, maka hal inipun akan mendongkrat page views (PV) dari blog tersebut. Dengan begitu, untuk dapat menjadikan blog agar mendapatkan penghasilan, sudah sangat terbuka lebar. Namun, untuk mendatangkan pengunjung murni ini tidak semudah yang dibayangkan. Seorang blogger harus berusaha semaksimal mungkin untuk mempromosikan blognya agar dapat dikenali oleh banyak orang dan juga mesin pencarian, seperti Google. Untuk itu, perlu adanya perlakuan memotivasi diri agar hal ini dapat secara kontinuitas dilakukan.

Simak pula: 3 Bisnis yang Patut Dijalankan Setelah Traffic Blog Tinggi

Salah satu cara memotivasi diri ialah dengan memonitoring pengunjung atau visitors yang berkunjung ke blog. Disamping itu, memonitoring pengunjung juga bertujuan untuk melihat perkembangan terhadap segala optimasi SEO yang telah kita terapkan di blog, melihat backlink blog, melihat konten mana yang populer di blog, melihat kuantitas keyword yang diarahkan ke blog, dan lain sebagainya.

Sebetulnya untuk khusus pengguna platform blogger sudah disediakan menu tersendiri untuk melihat statistik, baik jumlah pengunjung dan lainnya yang terjadi di blog. Namun, selain itu, kita juga dapat memanfaatkan layanan pihak ketiga, seperti yang akan diuraikan berikut ini.
Cara Melihat Jumlah Pengunjung Atau Visitors Traffic Blog dan Website

Melihat jumlah pengunjung blog menggunakan Google Analytics

Google Analytics adalah situs resmi milik Google. Dengan Google Analytics anda akan melihat visitor atau pengunjung secara Real-Time. Tidak cukup sampai disitu, anda juga dapat melihat dengan keyword apa saja visitor bisa sampai mengunjungi blog/situs. Jika dibandingkan dengan situs yang sama, maka Google Analitycs inilah yang paling komplit

Agar anda bisa mengetahui jumlah pengunjung atau visitor blog, terlebih dahulu anda harus membuat akun dengan menghubungkan akun Google anda (email gmail) dengan Google Analytics. Masukkan blog anda, setelah itu anda akan diminta untuk memasang script di HTML template (berlakun untuk semua jenis platform), atau memasang kode unik di menu blog anda (khusus untuk platform blogger). Dengan cara, masuk ke blogger > pilih blog > klik Setelan > Lainna > masukkan kode unik tersebut pada kolom Google Analytics > Simpan setelan.

Situs: https://www.google.com/analytics/

Melihat jumlah pengunjung blog menggunakan Histats

Selain Google Analytics, Histats juga disinyalir menjadi tools gratis terbaik untuk melihat statistik blog atau website. Histats juga memberitahukan pengunjung (visitors) dan page views blog secara real time. Untuk kelengkapan fitur keduanya memang tidak jauh berbeda. Hanya tampilannya saja yang mungkin terlihat tidak sama. Keduanya, memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Histats merupakan tools gratus untuk melihat pengunjung, jumlah tayang, dan lainnya cukup lengkap. Untuk dapat menggunakan tools ini terlebih dahulu anda harus membuat akun Histats. Setelah itu, menambahkan blog dan kemudian memasang script widget ke blog.

Untuk pilihan widget ini ada bermacam-macam. Anda cukup memilih salah satu saja (atau yang diperlukan) dari beberapa widget yang ditawarkan. Widget tersebut seperti view counter atau tracking code Histats lainnya. Untuk itu, kunjungi website Histats sekarang juga.

Website: http://histats.com/

Melihat jumlah pengunjung blog menggunakan Statshow

Statshow memang tak selengkap kedua tools yang telah dibahas sebelumnya. Bahkan penyajian informasi statistik blog pun tidak secala langsung. Untuk pengindeksian terkait jumlah pengunjung dan pageviews dari blog tertentu, kemungkinan diupdate setiap 3 bulan sekali.

Namun website ini menjadi salah satu web alternatif untuk melihat jumlah pengunjung atau jumlah page views suatu blog, baik blog anda sendiri atau pun blog orang lain. Selain itu, data lain yang ditampilkan ialah estimasi penghasilan dari iklan yang ditampilkan dari blog yang bersangkutan.

Website: http://www.statshow.com/

Advertisement