Inilah Blog yang Disukai Mesin Pencari Google

Kriteria Blog yang Disukai Mesin Pencari Google – Jika kita mengerti cara kerja mesin pencarian, maka kita tidak perlu bingung untuk meramu blog agar memenuhi syarat agar mudah ditemukan dan selalu menjadi jawara di mesin pencarian, khususnya Google. Sayangnya tidak ada satupun orang yang dapat memberikan jaminan bahwa ada cara-cara tertentu yang manjur untuk menaklukan mesin pencarian Google ini, agar artikel blog selalu berada di page one. Meski demikian, tetap ada pola-pola yang alurnya bisa diikuti agar persaingan menjadi jawara di mesin pencarian Google itu terwujud.

Sederhanya, SEO itu penting. Namun, ada hal yang tidak kalah penting lainnya guna menunjang blog di luar konteks SEO. Meskipun kita hanya bisa menebak-nebak cara kerja mesin pencarian ini, setidaknya ada beberapa standar yang secara konsisten yang perlu dilakukan agar blog selalu disukai mesin pencarian Google.

Baca juga: Membuat Blog Agar Ramai Pengunjung Setiap Hari

Berikut ini kriteria-kriteri blog yang disukai mesin pencarian Google.
Inilah Blog yang Disukai Mesin Pencari Google

Mesin pencarian Google menyukai blog yang berkonten original dan berkualitas

Hal pertama dan paling utama yang harus diperhatikan dalam membangun blog ialah menulis artikel yang tidak hanya original, namun juga berkualitas. Kedua kondisi ini harus saling berbarengan. Koten original berhubungan dengan sifat keaslian artikel yang lahir dari ide kreatif penulis terkait konteks permasalahan.

Namun, konten original saja tidak cukup, konten tersebut pula harus berkualitas. Konten berkualitas ini berkenaan dengan unsur kebergunaanya terhadap pembaca. Artinya, setelah membaca artikel tersebut, apa pengaruhnya terhadap pembaca? Apakah artikel tersebut memberi solusi atau menjawab masalah pembaca?.

Terkadang banyak blogger yang terperangkap dalam hal ini. Mereka fokus saja pada hal-hal yang berbau ‘original’ namun tidak dibarengi dengan sajian yang berkualitas. Meskipun, nantinya blog seperti ini akan ramai pengunjung ‘setia’, namun tidak akan bersaing di mesin pencarian.

Mesin pencarian Google menyukai blog yang banyak artikel

Selain mempertahankan tingkat originalitas dan kualitas konten, alasan berikutnya yang membuat blog agar disukai mesin pencarian Google ialah kuantitas artikel atau banyaknya artikel. Hal ini dimaksudkan untuk memperkaya keberagaman keyword pada blog tersebut.

Dengan begitu, mesin pencarian Google akan menilai blog tersebut memberi solusi yang beragam. Bukan berarti mengisi blog dengan artikel yang macam-macam (niche berbeda) maka hal ini tuntas terjawab. Tidak demikian, blog niche juga dapat memperkaya keberagaman keyword dengan hal-hal yang berkaitan dengan niche blog tersebut.

Mesin pencarian Google menyukai blog yang konsisten pada niche blog

Salah satu standarisasi terpenting agar blog lebih disukai oleh mesin pencarian Google adalah mempertahankan niche blog. Sebab, Google lebih suka blog atau website yang fokus. Alasannya ialah agar pengunjung dapat mencari solusi tertarget terhadap keyword yang diketikannya.

Baca juga: 7 Niche Blog yang Selalu Ramai Pengunjung

Alasan lainnya ialah, blog tersebut telah dianggap ahli pada cakupan konten yang dibahas. Sehingga pengunjung akan selalu diarahkan pada blog yang mempertahan niche tersebut.

Mesin pencarian Google menyukai blog yang mempertahankan struktur template

Hal ini sering diabaikan oleh banyak blogger, khususnya blogger pemula. Kebanyakan blogger pemual sedikit-sedikt ganti template, sebentar-sebentar install template yang baru. Padahal ini salah satu aktifitas yang membuang-buang waktu. Selain itu, tindakan mengganti template juga dapat mempengaruhi tingkat indeksi keseluruhan blog.

Perlu diketahui bahwa, mesin pencarian tidak hanya mengindeksi atau merayapi tulisan-tulisan di artikel saja, akan tetapi secara keseluruhan pada blog tersebut, mulai dari atas hingga ke bawah, termasuk di dalamnya struktur HTML template.

Jika kita sering mengganti template, maka berarti mesin pencarian pun mengulang pekerjaanya dalam hal perayapan struktur blog. Kelihatannya hanya masalah sepele. Namun, jika ini dilakukan berulang-ulang, maka berarti anda telah memberikan sinyal terhadap mesin pencarian untuk membuat dia jenuh dengan blog tersebut.

Mesin pencarian Google menyukai blog yang bukan spam

Blog dianggap spam dipengaruhi oleh beberapa hal. Salah satu yang hal yang paling bepengaruh ialah backlink untuk blog tersebut. Backlink yang seimbang akan membuat blog akan naik rankingnya. Sebaliknya, jika penerimaan backlink tidak seimbang, misalnya paling banyak hanya dari satu situs/website atau hanya dari satu artile saja, maka bersiaplah blog anda akan dianggap SPAM. Itu baru satu kriteria backlink, belum lagi yang lainnya, seperti konten website backlink (jika backlink blog atau website) dan lain sebagainya.

Untuk itu, tidak perlu menitip link jika berkunjng ke website atau blog seseorang. Kitapun tidak perlu terlalu fokus mengejar keyword di mesin pencarian. Namun jika ingin mendapatkan pengunjung dari aktifitas blogwalking, setidaknya menjaga etika berkomentar dan berkomentar yang berkualitas.

Google selalu berinovasi untuk memperbaiki kualitas mesin pencariannya dan memerangi blog atau website spam. Kalau saja blog yang anda kelola telah di cap spammer, maka berarti blog tersebut telah menjadi musuh mesin pencarian Google.

Penutup

Kalau ada pertanyaan, ‘jika saya melakukan hal-hal di atas apakah blog saya akan disukai mesin pencari dan akan selalu betengger di page one mesin pencarian Google? Jawabanya belum tentu. Sebab ratusan bahkan ribuan blogger lainnya juga berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan dan menginginkan hal yang sama. Intinya ialah, seberapa besar usaha anda dibandingkan blogger lainnya mengupayakan hal yang serupa?. Kalau usaha anda dianggap lebih baik, maka apresiasi baik pun yang akan di dapat, begitu pula sebaliknya.

Advertisement