Cara Mencegah Agar Tidak Ditambahkan pada Grup Facebook

Tips Facebook kali ini tentang cara mencegah seseorang agar tidak lagi menambahkan kita pada grup facebook. Sebagai pengguna media sosial Facebook tentu pernah mengalami hal ini, bahkan sampai berkali-kali setiap hari. Tiba-tiba saja kita sudah tergabung dalam sebuah grup facebook yang entah dari mana asalnya dan entah apa tujuan dari grup ini. Jelas saja hal ini sungguh tidak menyenangkan, sebab bisa dikatakan sangat mengganggu privasi kita sebagai pengguna Facebook. Bahkan oleh sebagian pengguna Facebook, grup-grup tidak jelas ini bahkan sudah menjamur di daftar grupnya, karena tak ada daya untuk menghambat atau menghentikan oknum pengguna facebook yang seenaknya menambahkan seseorang pada grup Facebook yang tidak berguna tersebut.

Simak juga: Cara Mengetahui Orang yang Sering Membuka Profile Facebook Kita

Hal semacam ini dapat dikatakan sebagai sebuah serangan terhadap pengguna facebook. Jika kita perhatikan dari polanya, kelihatannya orang yang sering menambahkan orang lain ke grup yang tidak jelas ini adalah akun facebook yang sama. Bahkan sampai-sampai orang ini meng-add orang lain sebanyak 3 kali dalam sehari pada grup facebook yang berbeda.

 Dilain pihak kita pun tidak serta-merta memarahi seseorang yang sering menambahkan ke grup yang tidak jelas ini. Sebab boleh jadi akun dari orang ini telah disusupi malware atau mungkin juga telah di bobol oleh seseorang, kemudian akunnya dimanfaatkan untuk kepentingan-kepantingan yang tidak menyenangkan.

Baca juga: Cara Mengubah Tampilan Facebook Biar Loading Makin Cepat

Dari kasus “penambahan akun facebook ke grup ngaur’ ini, nampaknya telah mendorong kebanyakan pengguna facebook untuk menghadirkan tools tersendiri untuk mencegah orang lain menambahkan akun facebook seseorang ke grup yang tidak diinginkannya. Pengguna lainnya juga mengharapkan adanya tools opsional agar seseorang yang ditambahkan ke grup facebook tertentu dapat memilih bergabung atau tidak.

Sayangnya, tools yang diharapkan ini belum juga hadir di Facebook. Meskipun saran-saran ini telah banyak dilontarkan oleh pengguna facebook yang merasa terganggu dengan aksi yang tidak menyenangkan tersebut.

Namun, untuk menghindari agar tidak ditambahkan oleh seseorang pada grup facebook lagi, anda bisa melakukan langkah pencegahan berikut ini.
Cara Mencegah Agar Tidak Ditambahkan pada Grup Facebook

Mencegah agar tidak ditambahkan seseorang pada grup facebook dengan mencentang opsion agar tidak bisa di undang lagi

Untuk melakukan cara ini anda perlu login terlebih dahulu ke akun Facebook anda > klik menu dropdown (panah yang mengarah ke bawah) > Kelola Grup > Grup Anda. Temukan grup yang anda ingin keluar dari keanggotaanya > klik icon Gerigi > Keluar dari Grup. Kemduain berikan centang seperti yang ditandai pada gambar berikut, lalu Keluar dari Grup.
Cara Mencegah Agar Tidak Ditambahkan pada Grup Facebook

Memcegah agar tidak ditambahkan seseorang pada grup facebook dengan menghapus pertemanan dengan orang yang menambahkan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa yang menambahkan kita ke grup facebook ini kebanyaka adalah orang yang sama. Untuk itu, meskipun tindakan ini agak sedikit ekstrim dan sadis, demi kenyamanan bersama alangkah baiknya diputus saja pertemanan dengan orang ini.

Asumsinya bahwa akun facebook tersebut telah dikuasai oleh seseorang. Jika tidak demikian, maka berikan peringatan kepada orang tersebut agar tidak menambahkan kita lagi ke grup-grup yang tidak berguna. Namun, jika diulangi lagi, maka sebaiknya ambilah langkah pemberhentian pertemanan darinya.

Update 17-01-2015

Mencegah agar tidak ditambahkan oleh orang lain ke grup Facebook dengan mengganti password akun FB

Sebagai tambahan informasi guna mengantisipasi akun Facebook anda terkena hack dari orang yang tidak bertanggu jawab, maka anda perlu mengganti password akun Facebook anda secara berkala, minimal 6 (enam) bulan sekali.

Sebelum mengganti password, pastikan email pada akun Facebook tersebut masih aktif atau email yang masih boleh anda akses. Jika hal ini terpenuhi, maka lanjutkan untuk langkah selanjutnya, yaitu mengganti password akun FB anda tersebut. Setelah itu, logout dari Facebook dan login kembali dengan email dan password baru anda.

Jika anda curiga dengan aktifitas browser di PC/komputer atau laptop anda, silahkan bersihkan cache/cookies/history pada browser tersebut guna mengantisipasi barangkali ada sesuatu yang tertanam di dalamnya dan dapat mengakibatkan akun Facebook anda serta akun yang lainnya dapat dengan mudah di hack atau disabotase oleh orang lain.

Advertisement