Mengatasi Tag Spam Gambar dan Video di Grup Facebook

Mengatasi Tag Spam Gambar dan Video di Grup Facebook - Dewasa ini pengguna group di Facebook sering diserang dengan munculnya tag gambar dan video yang tidak senonoh pada kolom komentar di grup tersebut. Hal ini disinyalir adalah ulah script robot jahat yang menginfeksi anggota dari grup tertentu. Sebab, jika ditanyakan pada orang yang dianggap memposting gambar tersebut, maka ia akan menjawab bahwa itu tidak benar, ia tidak merasa menyebarkan gambar-gambar cabul tersebut.

Maka tidak dipungkiri lagi bahwa akun facebook tersebut telah "memposting sendiri gambar atau video yang tidak semestinya". Kok bisa posting sendiri? Jelas bisa, sebab hal demikian terjadi karena akun tersebut telah terinfeksi oleh virus jahat penyebar amarah dan nafsu. Hal ini sampai terjadi karena tindakan ‘iseng’ dari pemilik akun facebook tersebut, yaitu pernah mengklik link video dan gambar ‘cabul’ kemudian sampai menginstal plugin atau video codec di PCnya.

Baca juga: Cara Mencegah Agar Tidak Ditambahkan pada Grup Facebook

Mengatasi Tag Spam Gambar dan Video di Grup Facebook
Nah, jika ternyata akun Facebook anda sendiri yang sering menulis status atau melakukan tindakan seperti ini, langkah pencegahan berikut ini dapat anda jalankan sebagai langkah mengantisipasi agar hal tersebut tidak terulang lagi.

Moderasi semua tag ke kronologi Facebook anda

Dengan mengaktifkan fitur ini, maka seluruh tag yang menuju ke timeline facebook anda akan di filter atau tertahan terlebih dahulu, dan selanjutnya giliran anda untuk menyetujuinya untuk ditampilkan atau tidak.

Langkah mengaktifkan fitur ini ialah login ke facebook anda > Pengaturan > Kronologi dan Penandaan > Sunting > Menyala. Perhatikan gambar berikut ini.
Mengatasi Tag Spam Gambar dan Video di Grup Facebook

Hapus aplikasi (apps) yang tidak diperlukan, yang terhubung dengan Facebook anda

Hal yang disinyalir lainnya yang mengakibatkan akun facebook melakukan status gambar atau video yang tidak baik secara otomatis ialah akibat dari aplikasi yang diinstal pada akun facebook tersebut. Sebagai solusinya, silahkan hapus aplikasi yang menurut anda tidak ada gunanya untuk akun Facebook anda. Caranya ialah sebagai berikut.

Pergi ke beranda Facebook, disamping kiri temukan dan klik tautan yang bertuliskan APLIKASI, klik lagi Pengaturan. Maka akan ditampilkan daftar aplikasi yang terhubung dengan Facebook anda. Hapus aplikasi yang tidak diperlukan seperti pada gambar berikut ini.
Mengatasi Tag Spam Gambar dan Video di Grup Facebook

Demikian informasi tentang mencegah tag spam gambar dan video otomatis di grup Facebook. Semoga dengan cara ini akun Facebook anda tidak melakukan status otomatis lagi.

Advertisement