Tips Menjaga Baterai HP Agar Tahan Lama Tidak Cepat Habis

Tips Menjaga Baterai HP Agar Tahan Lama, Tetap Awet dan Tidak Cepat Habis – Sebagai pengguna gadget berupa handphone, smartphone dan tablet baik yang berplatform Android, iOS (iPhone), Windws Phone, BlackBerry dan lainnya, menjaga performa baterai agar tetap awet dan tahan lama merupakan salah satu prioritas. Betarai merupan sebuah elemen inti pendukung HP agar tetap bisa dioperasikan. Tanpa baterai, mustahil smartphone dapat dengan nyaman dioperasikan.

Banyak cara-cara yang dilakukan oleh pengguna dalam menjaga ketahanan baterai di smartphonenya, termasuk cara-cara yang kurang pas atau tidak semestinya. Salah satu perawatan baterai HP yang kurang pas ialah menginstal aplikasi yang berdalih “menjaga ketahanan baterai smartphone”. Padahal, menginstal aplikasi lagi untuk tujuan apapun secara tidak langsung membebani ketahan baterai menjadi cepat habis. Apalagi jika aplikasi tersebut beroperasi secara live time. Alih-alih ingin menjaga ketahan baterai tetap awet, malah cepat habis dan lama-lama baterai menjadi bocor.

Baca juga: Cara Sadap SMS Untuk Semua Kartu Operator Tanpa Aplikasi

Artinya, menjaga ketahan baterai tidak musti menginstal aplikasi apapun. Kita hanya perlu memberi perlakuan khusus pada baterai tersebut, terutama penggunaan smartphone secara keseluruhan. Perlakuan yang dimaksud adalah langkah pencegahan agar baterai tidak cepat bocor namun memiliki umur yang panjang.
Tips Menjaga Baterai HP Agar Tahan Lama Tidak Cepat Habis

Berikut ini cara menjaga baterai smarphone agar tahan lama, tetap awet dan tidak cepat habis:

Segera isi baterai saat ada peringatan “low bat”

Jangan biarkan baterai benar-benar kosong, apalagi sampai nonaktif dengan sendirinya. Jika ada peringatan untuk mengisi baterai HP segera lakukan pengisian. Jangan sampai diabaikan jika tidak ingin baterai smartphone akan cepat rusak.

Nonaktifkan HP saat sedang di charge

Untuk mendapatkan pengisian yang efektif dan maksimal lakukan pengisian saat smartphone dalam keadaan mati atau nonaktif.

Segera lepaskan pengisian ketika baterai benar-benar terisi penuh

Setelah baterai terisi penuh dan membiarkannya begitu saja tentu ini tidak baik terhadap kualitas bateri itu kedepan. Demikian juga melepaskan pengisian terlalu dini juga tidak baik untuk baterai. Untuk itu, pastikan melepaskan pengisian saat baterai terisi penuh dan jangan dulu di lepas sebelum penuh 100%.

Hindari menggunakan smartphone saat sedang di charge

Terkadang jika HP benar-benar diperlukan, kita tidak dapat mematikannya saat melakukan pengisian. Jika dalam kondisi seperti ini, hendaknya menggunakan HP pada hal-hal yang perlu-perlu saja, misalnya sekali-kali membalas pesan. Selain itu, pada kondisi ini juga, jangan menggunakan HP untuk bermain game, terutama game online.

Matikan koneksi WiFi, Bluetooth, GPS jika tidak digunakan

Jika tidak benar-benar diperlukan, matikan fitur-fitur tersebut. Sebab jika koneksi WiFi, Bloetooth dan GPS ini dibiarkan ON, maka fitur tersebut akan terus mencari sinyal. Yang kemudian hal ini terus menggerus baterai smartphone.

Hindari kondisi atau cuaca ekstrim

Pastikan smartphone benar-benar ada pada suhu yang normal (suhu kamar). Jangan letakkan pada bidang yang terlalu dingin dan juga terlalu panas.

Kunci smartphone saat sedang tidak digunakan

Mengunci smartphone ini tujuannya ialah menjadikan smartphone benar-benar pada kondisi normal atau rehat. Jika smartphone terkunci maka layar pun akan ikut standby. Hal ini merupakan satu langkah lainnya yang anda perlukan dalam menghemat isi baterai smartphone agar tetap awet dan tahan lama.

Advertisement