Cara Optimasi Halaman Agar SEO Friendly dengan Custom Permalink

Optimasi SEO Onpage dengan Custom Permalink di Blogger/Blogspot – Permalink merupakan kependekan dari permanent link yang juga disebut dengan istilah tautan permanen. Permalink ini menjadi referensi pengguna internet atas postingan tertentu dari sebuah blog atau website. Istilah lain dari permalink ialah URL (uniform resource locator). Setiap postingan atau artikel mempunyai satu permalink yang sudah tidak bisa diubah-ubah lagi setelah diposting. Hal ini sesuai dari namanya, yaitu permanen alias tidak bisa diganggu gugat lagi keberadaanya.

Gaya custom permalink di setiap platform berbeda-beda. Antara platform Blogger dan Wordpress  format permalink mempunyai perbedaan yang mendasar. Pada postingan kali ini yang kita akan ketengahkan adalah penggunaan permalink untuk platform Blogger (blogspot). Namun, tidak menutup kemungkinan cara penggunaan permalink berikut ini dapat diterapkan pada platform lainnya, khususnya platform yang mendukung custom permalink.

Baca juga: Macam-macam Cara Mengetahui Kata Kunci yang Paling Banyak dicari

Mengapa meng-custom atau memodifikasi permalink itu perlu? Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa custom permalink adalah bagian dari strategi SEO Onpage. Lalu, bagaimana teknik custom permalink agar suatu postingan lebih SEO? Berikut penjelasannya.
Optimasi SEO Onpage dengan Custom Permalink

Cara Custom Permalink di Blogger/Blogspot Agar Makin SEO

Perlu diperhatikan terlebih dahulu, custom permalink di blogspot hanya bisa dilakukan pada postingan yang belum di publish. Oleh sebab itu, untuk menerapkan cara ini hendaknya dilakukan pada postingan-postingan baru. Memodifikasi permalink di blogger dapat dilakukan seperti pada gambar berikut.
Optimasi SEO Onpage dengan Custom Permalink
Sebetulnya untuk platform Blogger sendiri permalink untuk setiap artikel sudah di generate secara otomatis. Permalink tersebut diambil dari kata atau suku kata awal judul postingan. Contoh permalink blogger/blogspot seperti ini: http://www.bungfrangki.com/2015/12/optimasi-seo-dengan-custom-permalink.html.

Seperti yang terlihat dari contoh permalink di atas, secara umum setiap kata dalam permalink tersebut dipisahkan oleh tanda dashes (-). Namun, terkadang tanda pemisah (dashes ‘-‘) tersebut sering diganti dengan tanda lain seperti tanda dot/titik (.), underscore (_). Jadi, dari ketiga tanda tersebut, mana yang paling dianjurkan untuk SEO?.

Berikut ciri-ciri custom permalink yang lebih SEO:

1) Permalink mengandung kata kunci

Membuat permalink dalam sebuah artikel hendaknya mendangung garis besar atau pokok pembahasan yang merupakan kata kunci khusus yang ditarget untuk mesin pencarian nanti. Misalnya, optimasi-seo-onpage atau optimasi-permalink-blogspot atau optimasi-seo-dengan-custom-permalink dan lain-lain.

2) Permalink hanya berisi 3 sampai 5 kata

Permalink yang lebih SEO ialah permalink yang lebih pendek namun mengandung kata kunci yang padat. Minimal penggunaan permalink adalah 3 kata dan maksimal tidak lebih dari 5 kata.

3) Permalink menggunakan tanda dash (-) sebagai pemisah

Seperti yang telah ditanyakan sebelumnya, terkait mana yang lebih dianjurkan dalam penggunaan tanda pemisah, antara dash (-) atau dot (.) atau underscore (_). Ternyata yang lebih dianjurkan ialah menggunakan tanda dash (-). Hal ini sejalan dengan perkataan Matt Cutts, anda bisa melihat videonya pada link https://www.youtube.com/watch?v=AQcSFsQyct8.

Menurut referensi video yang dibagikan oleh Matt Cutts tersebut, menggunakan dashes (-) sebagai pengganti spasi dalam membuat permalink adalah lebih baik dari tanda lainnya. Tanda dashes dianggap lebih SEO friendly dibandingkan dengan karakter atau tanda yang lain. Meski demikian, kebanyakan blogger menganggap hal ini tidak terlalu penting dalam mempengaruhi faktor SEO.

Bahkan, sebagian kalangan blogger meyakini bahwa penggunaan tanda titiklah yang lebih SEO dibandingkan dengan tanda dashes atau underscore.

Baiknya hal ini tidak menjadi perdebatan, sebab setiap blogger mempunyai perspektif sendiri-sendiri dalam urusan SEO.

Alasan Memodifikasi atau Meng-custom Permalink

Dari cara custom permalink yang dianjurkan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa alasan memodifikasi permalink ialah sebagai berikut:

1) Agar permalink lebih nyambung

Oleh karena permalink ini di generate secara otomatis dari judul artikel dan hanya memuat beberapa kata saja, terkadang membuat permalink menjadi tidak jelas ketika bertemu dengan judul artikel yang panjang.

Dengan memodifikasi permalink, maka URL postingan tersebut menjadi mudah dipahami alias human friendly. Selain human friendly, hal semacam ini juga lebih disukai oleh mesin pencari.

2) Memfokuskan keyword atau kata kunci yang dibidik sependek mungkin

Custom permalink adalah salah satu cara dalam optimasi seo onpage. Sebaik-baik permalink mengandung kata kunci atau keyword paling penting dalam sebuah artikel yang dibidik pada mesin pencarian. Namun, dituliskan dengan sesingkat-singkatnya, sependek mungkin seperti yang telah dibahas sebelumnya.

Sumber: http://strukturkode.blogspot.co.id/2015/11/custom-permalink-blogspot.html

Advertisement